Cara sederhana jadi pribadi yang lebih baik

5 Cara Sederhana jadi Pribadi yang Lebih Baik, Apa Saja?


Ternyata tahun 2022 sudah memasuki bulan ke delapan, ya? Rasanya baru kemarin MinCheck merayakan tahun baru bersama keluarga dan membuat resolusi. Gimana? Apakah resolusimu tahun ini sudah ada yang tercapai? Salah satu resolusi tahunan yang MinCheck inginkan adalah menjadi pribadi yang lebih baik.

MinCheck yakin kalau setiap orang menginginkan hal yang sama. Apakah kamu termasuk salah satunya? Bergerak ke arah yang lebih baik memang nggak mudah. Namun kali ini MinCheck akan berbagi cara sederhana untuk jadi pribadi yang lebih baik.

Penasaran bagaimana? Yuk simak ulasan dari MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Cara Sederhana jadi Pribadi yang Lebih Baik

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Namun, di sini MinCheck akan berbagai cara sederhana yang dapat kamu implementasikan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, seperti berikut ini.

1. Ingin jadi Pribadi yang Lebih Baik? Yuk Berpikir Positif!

Berpikir positif membantumu jadi pribadi yang lebih baik.
Berpikir positif membantumu jadi pribadi yang lebih baik. (Foto Julia Avamotive via Pexels)

Kamu tahu nggak sih kalau pikiran atau mindset sangat berpengaruh pada produktivitas dan kesehatan? Hindari menanamkan pikiran negatif mengenai diri sendiri. Cobalah untuk memikirkan hal-hal positif mengenai diri sendiri. Lebih baik kamu fokus pada kelebihan sendiri daripada kekurangan yang kamu punya. Pasalnya, setiap orang memiliki kekurangan masing-masing. Kamu tidak perlu mahir dalam segala hal. Cobalah untuk menggali minat dan bakatmu, misalnya melalui hobi yang kamu suka.

Selain itu, berpikir positif sangat baik bagi kesehatan mental. Menurut Hello Sehat, salah satu manfaat berpikir positif kamu dapat memerangi depresi. Nah, untuk menjaga kesehatan mentalmu, yuk cobalah berpikir positif!

“Tapi MinCheck.. hidup kan nggak melulu sesuai dengan apa yang diharapkan..”

Berpikir positif memang tidaklah mudah, namun cukup sederhana lho. Cobalah untuk menumbuhkan pikiran kalau kamu bisa melewati setiap masalah dalam hidup. Yuk fokus pada tujuan atau goals-mu!

Baca juga: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

2. Berhenti Mengkritik Orang Lain, Live Your Own Life

Coba deh lakuin hal yang kamu suka.
Coba deh lakuin hal yang kamu suka. (Foto Oleksandr Pidvalnyi via Pexels)

Ada pepatah yang mengatakan lebih baik diam apabila kamu tidak bisa berkata yang baik. Yup, ini termasuk cara sederhana untuk menjadi pribadi yang lebih baik, Berhenti mengkritik orang lain dan fokus pada hidup atau kesenanganmu. Sebetulnya, sah-sah saja untuk mengkritik demi kebaikan seseorang. Namun pastikan kamu menyampaikan kritik tersebut dengan baik sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain. Ucapkanlah kritik yang membangun, bukan yang menghakimi.

Gunakan waktu yang kamu punya untuk melakukan hal-hal baik, seperti melakukan me time yang berkualitas, terus belajar, membaca buku, dan lain sebagainya. Banyak banget kegiatan bermanfaat lainnya yang bisa membangun diri kamu ke arah yang lebih baik.

3. Melakukan Digital Detox

Yuk cobain digital detox!
Yuk cobain digital detox! (Foto Thought Catalog via Pexels)

Dilansir dari healthline, cara lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik adalah dengan melakukan digital detox. Tanpa kamu sadari mungkin kamu menghabiskan banyak waktu dengan berselancar di sosial media. Nah, cobalah untuk mengurangi hal ini. Bukan nggak mungkin kalau sosial media memiliki dampak buruk bagi kesehatan mentalmu.

Bagaimana caranya melakukan digital detox?

Kamu bisa mengatur waktu yang kamu habiskan dalam bermain sosial media. Selain itu, follow akun-akun yang bermanfaat dan memberikan insight baru untuk kamu. Kalau menurut MinCheck, DoCheck bisa jadi salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk pengembangan diri. Kamu bisa follow akun Instagram DoCheck untuk dapat insight baru.

Nah, selain untuk sharing, sosial media seperti Instagram juga bisa dijadikan sebagai portofolio kerja lho. Jadikan sosial media sebagai wadah untuk mengekspresikan diri.

Baca juga: Yuk, Ubah Instagram Menjadi Portofolio!

4. Jangan Lupa Bersyukur, ya!

Bersyukur merupakan salah satu cara sederhana untuk menikmati hidup.
Bersyukur merupakan salah satu cara sederhana untuk menikmati hidup. (Foto Oleksandr Pidvalnyi via Pexels)

Bersyukur untuk hal-hal kecil membuat hatimu lebih damai. Kalau kamu ingin jadi pribadi yang lebih baik, cobalah untuk mensyukuri hal-hal yang sedang terjadi. Misalnya, bersyukur karena kamu masih bisa tidur nyenyak, bersyukur karena memiliki teman suportif, dan hal-hal lain.

Namun bersyukur bukan berarti merasa cukup. Teruslah kejar cita-cita kamu, kalau sudah tercapai, selanjutnya beralih ke tujuan-tujuan yang lain.

Kamu juga bisa menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang bikin kamu lebih produktif.

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

5. Berdamai dengan Masa Lalu

Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri.
Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. (Foto Hassan OUAJBIR via Pexels)

Mungkin terdengar klise, namun kamu bisa lakukan cara ini. Cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan kesalahan-kesalahan di masa lalu. Kalau kamu masih stuck dengan masa lalu, misalnya kegagalan, it’s okay! MinCheck yakin setiap orang perlu waktu. Namun, jangan sampai berlarut-larut, ya! Lebih baik, kembangkan skill yang kamu punya atau mencoba hal baru.

Ketika perasaan kamu dipenuhi oleh perasaan marah, kamu hanya akan dihantui perasaan-perasaan gelisah yang ujung-ujungnya memengaruhi mood kamu. Oleh karena itu, berdamailah dengan diri sendiri atau self-healing.

Baca juga: Arti Self-healing dan Cara Terbaik Melakukannya

Nah, itulah sederet informasi dari MinCheck mengenai cara sederhana yang dapat kamu terapkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baik memang relatif, setiap orang memiliki definisi baik menurut masing-masing. Namun jangan lupa untuk selalu berbuat baik pada diri sendiri dan orang lain, ya!

Ngomongin soal aplikasi yang bisa bikin kamu lebih baik dan produktif, MinCheck sudah sebutkan aplikasi DoCheck yang dapat menjadi penunjang untuk memaksimalkan produktivitas. Kamu bisa membuat goals di aplikasi DoCheck. Gak cuma itu, DoCheck memiliki beragam rekomendasi goals yang tentunya sangat bermanfaat. Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top