potensi diri pengertian dan cara mengenalinya

Potensi Diri: Simak Pengertian dan Cara Mengenalinya!


MinCheck yakin kalau setiap orang mempunyai kelebihan di dalam diri mereka. Namun kadang, terlalu terlena dan fokus pada kekurangan diri daripada kelebihan diri sendiri. Mungkin tanpa kamu sadari, kamu punya potensi diri yang kuat yang kamu sendiri nggak ngeh.

Pengertian dan Ciri-Ciri Potensi Diri

Pertanyaannya, apa itu potensi diri?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, potensi merupakan kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Nah, jadi bisa diambil kesimpulan kalau potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri dan bisa dikembangkan. Misalnya nih, kamu memiliki potensi menjadi seorang penulis karena kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, tulisanmu memiliki ciri khas sendiri, atau kamu memiliki pengetahuan yang luas sehingga kamu memiliki potensi untuk membagikan ilmu lewat tulisan. Selain itu, menurut Quipper, potensi diri dapat berkembang melalui bakat yang sudah ada sejak lahir dan dapat kamu asah melalui usaha dan kerja keras.

Jenis-jenis Potensi Diri

Macam-macam potensi diri.
Jenis-jenis potensi diri. (Foto ANTONI SHKRABA via Pexels)

Ternyata ada berbagai macam potensi di dalam diri seseorang yang perlu kamu ketahui. Potensi yang dimaksud sangat beragam lho! Lalu, apa saja sih macam-macam potensi diri seseorang? Yuk simak ulasan dari MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Potensi dalam Berbahasa

Kalau kamu memiliki kemampuan berbahasa yang baik, bisa jadi kamu punya potensi berbahasa lho! Ciri potensi berbahasa antara lain memiliki kepekaan terhadap bahasa, mampu menggunakan bahasa dengan baik, bicara secara terstruktur atau public speaking yang baik. Biasanya potensi ini dimiliki oleh penulis, public speaker, editor, atau berbagai profesi yang berkenaan dengan bahasa.

Baca juga: 5 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Public Speaking

Potensi Logis-Matematis

Kalau kamu memiliki kemampuan yang oke banget di bidang hitung menghitung seperti jago matematika, bisa jadi kalau kamu memiliki potensi logis-matematis. Potensi yang satu ini diidentikkan dengan kemampuan dalam bernalar, menggunakan angka, serta menganalisis sebab akibat.

Potensi dalam Bermusik

MinCheck yakin kalau musisi-musisi tidak terkenal secara instan. Tentu mereka menggunakan effort yang besar termasuk menggali potensi yang dipunya. Nah, kalau kamu punya ketertarikan pada musik, kamu bisa banget ubah ketertarikan tersebut menjadi sebuah potensi. Kalau kamu menggali lebih dalam lagi, kamu bisa jadi musisi-musisi yang sedang ngehits saat ini. Gak ada yang gak mungkin, percaya diri saja dulu!

Potensi Interpersonal

Kemampuan interpersonal menjadi kemampuan krusial yang dimiliki setiap orang. Kemampuan yang satu ini berkaitan dengan cara kamu berinteraksi dengan orang lain, termasuk komunikasi. Pasalnya kemampuan ini juga merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Contoh potensi interpersonal antara lain sebagai berikut.

  • Skill komunikasi
  • Memiliki empati
  • Kemampuan mengatasi masalah atau problem solving
  • Leardership

Baca juga: Manfaat Interpersonal Skills di Dunia Kerja, Wajib Tahu Nih!

Potensi Naturalis

Potensi yang satu ini mengacu pada kemampuan yang berhubungan dengan alam. Biasanya nih, seseorang yang memiliki potensi naturalis memiliki ketertarikan pada alam seperti gunung, hutan, tanaman, cuaca, dan lain sebagainya. Menurut SehatQ, kalau kamu memiliki potensi naturalis, kamu memiliki ketertarikan pada kegiatan seperti berkebun, memelihara hewan, atau hobi jalan-jalan ke alam terbuka.

Cara Mengenali Potensi Diri

Bagaimana cara mengenali potensi diri?
Bagaimana cara mengenali potensi diri? (Foto Tirachard Kumtanom via Pexels)

Setelah mengetahui berbagai macam potensi dalam diri, saatnya kamu mengenali potensi diri! Kira-kira bagaimana ya caranya? Yuk simak tips dari MinCheck berikut ini!

Melakukan Tes

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan tes potensi diri. Kamu bisa melakukan tes secara online atau bisa langsung ke psikolog untuk mencari tahu dimana letak minat dan bakatmu. Namun coba deh ingat-ingat lagi kira-kira hal apa saja sih yang senang kamu lakukan sejak kamu kecil. Nah, gimana nih kebayang nggak hobi atau aktivitas apa yang kamu suka?

Tetapkan Tujuan

Untuk mengenali potensi diri, kamu perlu menetapkan tujuan dalam hidup. Tujuan yang dimaksud bukan hanya tujuan general seperti ingin sukses, karena MinCheck yakin semua orang menginginkan hal tersebut. Buatlah tujuan yang lebih spesifik. Contoh kecil, kamu ingin bekerja menjadi seorang graphic designer setelah lulus sekolah atau kuliah. Nah, kamu bisa mulai menggali potensi yang kamu punya. Caranya dengan terus berlatih untuk bisa sampai ke tujuanmu tersebut.

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Selain fokus pada tujuan, kamu pun tidak perlu berkecil hati dengan membandingkan dirimu dengan orang lain. Pasalnya, setiap orang memiliki kemampuan masing-masing dan potensi untuk sukses. Memang sih tidak bisa dipungkiri kalau insecure bisa datang kapan saja. Salah satu pemicunya adalah sosial media. Kamu bisa mengurangi penggunaan sosial media dan fokus pada minatmu. Sebagai contoh, mengikuti berbagai webinar atau kursus gratis yang dapat memperkaya ilmu dan wawasanmu.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari Efek Media Sosial

Ingin Tahu Potensi Diri? Yuk Berani Coba Hal Baru!

Kalau kamu nggak berani mencoba hal baru, kamu akan stuck di satu tempat. Nggak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Selain menambah pengalaman, hal ini bisa mengantar kamu pada potensi yang kamu punya, lho!

Jangan Takut Gagal

Setelah mencoba hal baru, jangan pernah takut untuk gagal. Manusia memang tidak bisa lepas dari yang namanya kegagalan. Kamu harus yakin kalau kegagalan merupakan proses menuju kesuksesan. Seperti yang MinCheck tekankan di atas kalau musisi yang saat ini terkenal pasti melewati berbagai proses hingga menjadi berhasil. Oleh karena itu, yuk coba hal baru dan jangan takut gagal dengan hasilnya.

Setelah kamu mengetahui pengertian potensi diri, jenis, dan cara mengenalinya, MinCheck berharap semoga kamu segera menemukan sesuatu yang menjadi potensi di dalam dirimu. Kalau pun sudah tahu potensimu, yuk gali terus dan jangan cepat puas. Kalau kamu ingin mencoba hal baru, kamu bisa simpan goals yang hendak kamu tuju di aplikasi DoCheck. Aplikasi yang satu ini akan membantu kamu dalam membuat list goals, tasks bahkan tracking progress dari goals yang sudah kamu buat. Yuk download aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store!


Scroll to Top