Sinking Fund: Cara Menabung untuk Raih Impian


Apakah kamu pernah ingin membeli sepatu tapi tidak kunjung terbeli? Atau ingin travelling saat liburan tapi uang simpanan malah habis duluan? Sepertinya kamu butuh metode sinking fund ini, DoCheckers!

Buat kamu yang asing dengan sinking fund, dia adalah salah satu konsep menabung. Banyak masyarakat–mungkin juga kamu– sudah sering melakukannya. Hanya saja mungkin kamu tidak mengetahui istilahnya. Jika ditinjau secara terminologis, definisi sinking fund ialah anggaran keuangan khusus yang berguna untuk memenuhi suatu kepentingan di masa yang mendatang. Bisa untuk berkuliah di universitas impian, mempunyai suatu barang , dana jalan-jalan, menabung untuk menonton konser dan lain sebagainya.

Terdapat banyak manfaat dari menabung dengan konsep ini. Di antaranya ialah bisa membantumu menyiapkan dana keuangan yang sangat besar, membantu meraih keinginan, dan bisa juga membantumu memiliki perencanaan keuangan yang sehat. Kegiatan menabung memang sangat penting untuk dibiasakan, kamu bisa jadi lebih menghargai uang dan usaha kamu dalam mendapatkannya.

Beberapa hal yang sebaiknya kamu sudah miliki sebelum melakukan cara menabung ini antara lain:

  1. Pemasukan yang stabil atau setidaknya ada dalam setiap bulannya.
  2. Wadah untuk menabung, bisa berupa rekening atau dompet yang uangnya bisa dibeda-bedakan.
  3. Buku catatan.
  4. Pengeluaran yang bisa direncanakan. Kamu perlu terlebih dahulu mengamati pengeluaran pribadimu di tiap bulan. Hal ini perlu kamu lakukan agar bisa mengetahui besaran dana yang bisa digunakan unuk melakukan sinking fund.
  5. Akan lebih baik jika kamu sudah memiliki dana darurat.

Baca juga: Rencana Liburan Belum Jelas? DoCheck Siap Membantu!

Namun, apabila persiapan ini belum sepenuhnya kamu lakukan, kamu tetap bisa melakukan sinking fund. Akan tetapi ada kemungkinan kamu akan kesulitan untuk melakukannya. Tidak ada salahnya untuk kamu tetap mencoba!

Selain itu, kamu juga bisa sambil menyiapkan dana darurat yang harusnya kamu miliki. Dana darurat biasanya sebesar enam kali pengeluaran kamu. Kamu bisa mengumpulkannya sedikit demi seidikit. Besaran ini akan lebih besar apabila kamu memiliki pasangan atau anak nantinya.

Cara Sinking Fund Membantumu Menggapai Impian

Bagaimana sinking fund membantumu menyiapkan dana darurat dan menggapai impianmu? Berikut MinCheck coba uraikan penjelasannya.

Membuat Daftar Kebutuhan Hingga Impian

Kamu bisa menulis apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan untuk menyiapkan sinking fund.
Kamu bisa menulis apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan untuk menyiapkan sinking fund. Foto oleh energepic.com via Pexels

Apabila kamu memilki kebutuhan yang memerlukan dana yang cukup besar, kamu bisa menabung dengan cara ini. Tulis saja daftar kebutuhan yang harus kamu penuhi sendiri. Kemudian apabila kamu sudah menuliskannya, kamu juga bisa membuat daftar impianmu. Nanti pilihlah mana yang akan menjadi fokus utama kamu dalam menabunga. Paling tidak kamu bisa memiliki empat tujuan menabung. Semakin banyak daftar yang kamu masukkan dalam tujuan menabung, kamu akan mendapatkannya lebih lama karena uang yang kamu sisihkan akan terbagi ke dalam tujuan-tujuan itu.

Kamu bisa menulis daftar ini di Excel, di kertas, atau bahkan di handphone. Menurut MinCheck akan praktis apabila kamu menulisnya di jurnal khusus untuk sinking fund. Selain kamu bisa melihatnya dengan mudah, kedepannya kamu juga bisa mempelajari bagaimana tabunganmu di masa lalu. Hal ini bisa juga menjadi ‘portofolio’ kemampuanmu dalam mengatur keuangan, lho. Kamu bisa memperlihatkannya ke orang tua, ke pasangan, atau ke anak nantinya.

Menentukan Target Jumlah Dana Sinking Fund

Kamu bisa mulai menetapkan jumlah dana sinking fund. Foto oleh Bich Tran via Pexels

Dalam setiap daftar yang sudah kamu putuskan akan menjadi tujuan menabung sinking fund-mu, kamu perlu menentukan target jumlah dana. Besarannya bisa menyesuaikan berapa besar dana dari kebutuhan atau impianmu. Misalnya, apabila kamu memasukkan “sepatu impian” ke dalam daftar, kamu bisa menuliskan harga sepatu itu. Kamu bisa mempertimbangkan juga dengan efek inflasi yang mungkin akan membuat sepatu itu semakin mahal. Contoh lainnya, misalnya kamu ingin travelling ke Jogja, kamu bisa memikirkan berapa biaya akomodasi yang kamu perlukan, berapa biaya makan, biaya oleh-oleh, dan sebagainya. Persiapan yang matang bisa membantumu lebih siap untuk pergi.

Baca juga: Hobi Traveling ke Luar Negeri? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini!

Menganggarkan Uang Tabungan Bulanan

Jangan menunggu akhir bulan, kamu bisa mulai menyiapkan anggaran untuk tabungan setelah menerima gaji atau uang saku bulanan.
Jangan menunggu akhir bulan, kamu bisa mulai menyiapkan anggaran untuk tabungan setelah menerima gaji atau uang saku bulanan. Foto oleh Karolina Grabowska via Pexels

Kalau persiapan kamu sebelum melakukan sinking fund sudah lengkap, pastinya kamu memiliki gambaran seberapa besar uang yang akan kamu alokasikan untuk tabungan. Ini bisa kamu ketahui dengan melihat berapa income yang kamu miliki tiap bulan, kemudian dikurangi dengan pengeluaran tiap bulan. Sisanya adalah besaran tabungan yang bisa kamu simpan. Besaran ini kemudian kamu bagi-bagi ke dalam daftar sinking fund.

Untuk membaginya, kamu bisa menggunakan daftar prioritas. Apabila ada kebutuhan dan impian, kamu bisa lebih banyak meletakkan dana tabungan ke dalam sinking fund kebutuhan daripada dana untuk impian. Kamu juga bisa memperhatikan tanggal atau waktu kamu ingin menggapainya. Apabila ternyata sisa tabungan tidak cukup besar untuk daftarmu yang harus dicapai dalam waktu dekat, mungkin kamu harus mulai menekan pengeluaran bulananmu agar dana tabungan membesar. Kamu juga perlu menghindari hutang atau penggunaan PayLater yang berlebihan.

Baca juga: Dampak Buruk Gaya Hidup Boros

Gunakan Tempat Menabung Khusus Sinking Fund

Sebelumnya, MinCheck sudah menyinggung tentang wadah menabung. Untuk kamu yang bisa memiliki banyak rekening, kamu bisa membuat tabungan dari tiap daftar. Jadi, satu tujuan menabung satu rekening. Namun, apabila tidak bisa, kamu bisa menyiapkan dompet yang berbeda-beda. Sekarang sudah banyak jenis dompet sinking fund yang bisa kamu gunakan. Kemudian beri nama untuk tiap bagiannya sesuai dengan apa yang kamu list dalam daftar.

Kamu bisa melilhat banyak referensi sinking fund di YouTube. Video oleh Unifa Channel via YouTube

Gunakan juga buku catatanmu untuk mencatat uang-uang yang sudah masuk ke dalam tabungan. Jadi kamu bisa mengetahui apakah tabunganmu sedang berproses. Menghiasinya menjadi lebih menarik bisa membuatmu semakin rutin menabung, lho. Coba lihat banyak referensi untuk membuat catatan sinking fund yang sudah banyak tersedia di internet.

Untuk mulai melakukan sinking fund, kamu bisa menjadikannya sebagai to-do list. Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck dan menggunakan fitur pengingatnya, lho! Jadi, kamu tidak akan lupa unuk melakukan langkah-langkah berikutnya. Sekarang aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store sudah tersedia secara gratis! Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang!


Scroll to Top