tips menabung untuk konser musik

Yuk Simak 5 Tips Simpel Menabung untuk Konser Musik!


Tahun ini konser musik semakin ramai digelar di berbagai kota. Sebagai pecinta musik, MinCheck tentu saja menantikan momen ini. Bagaimana tidak, setelah hampir dua tahun lamanya hiatus, akhirnya konser musik bisa hidup kembali. Kalau kamu pecinta musik seperti MinCheck, pasti kamu relate dengan perasaan senang ketika bisa sing along bareng musisi favorit. Apalagi kalau kamu punya hobi bermusik, wah pasti momen ini jadi momen yang paling kamu tunggu-tunggu. Namun, seperti yang kamu ketahui kalau harga tiket konser itu beragam, bahkan ada yang sampai jutaan. Nah, di sini MinCheck akan berbagi tips simpel gimana caranya menabung untuk konser musik.

Penasaran gimana tipsnya? Yuk simak dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

1. Buat Plan Sebelum Menabung untuk Konser Musik

Membuat plan sebelum menabung untuk konser musik.
Membuat plan sebelum menabung untuk konser musik. (Foto Tirachard Kumtanom via Pexels)

First step, tentu saja kamu harus punya plan ingin menabung untuk konser apa. Tentunya, biar kamu punya perhitungan berapa banyak uang yang harus kamu tabung setiap harinya. Buat plan yang realistis saja, ya. Kamu bisa coba dengan menabung sedikit demi sedikit tapi rutin. Contohnya, kamu ingin menonton We The Fest, kamu bisa menabung selama satu atau dua bulan sebelumnya. Cobalah untuk berkomitmen untuk menabung setiap hari dan set goalsmu agar tercapai.

Baca juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

2. Batasi Jajan Merchandise

Kamu boleh kok membeli merchandise band kesayanganmu namun jangan berlebihan, ya!
Kamu boleh kok membeli merchandise band kesayanganmu namun jangan berlebihan, ya! (Foto Mick Haupt via Pexels)

Biasanya nih di konser-konser musik tersedia berbagai merchandise. Sebetulnya nggak ada salahnya kalau kamu ingin membeli merchandise original dari musisi favoritmu, Namun balik lagi, beli seperlunya saja. Cukup beli satu atau dua merchandise biar kantongmu nggak jebol. Sesuaikan dengan budget dan plan yang sudah kamu buat sebelumnya, ya!

Ngomongin soal merchandise, sebetulnya apa saja sih merchandise itu? Terdapat berbagai jenis merchandise yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

A. Menabung untuk Konser Musik untuk Beli Album Orisinal

Salah satu merchandise yang dijual di konser musik biasanya adalah album. Kamu bisa membeli album yang biasanya dijajarkan dan pastinya original. Mantap gak sih? Kalau kamu punya hobi unik mengumpulkan album dari musisi, kamu bisa membeli album dari musisi kesayanganmu.

Baca juga: Hobi Nyentrik yang Jarang Dilirik, Pernah Dengar?

B. Kaos atau T-Shirt

Merchandise biasanya diidentikkan dengan kaos atau t-shirt. Pastinya kamu familier dong ya dengan yang namanya kaos band? Yup, itulah salah satu merchandise yang biasanya ada di konser-konser musik. Pembelian merchandise bisa menjadi bentuk apresiasi kamu terhadap karya dari musisi yang kamu suka. Tentunya, untuk memberikan support juga agar musisi kesayanganmu terus bisa berkarya.

C. Tote bag, Goodie Bag, dan Tas

Dilansir dari Cermati, tas atau goodie bag dan tote bag merupakan salah satu merchandise yang cukup populer di kalangan anak muda. Karena potensinya yang cukup tinggi, maka gak heran kalau kamu bisa menjumpai tas atau goodie bag dan tote bag dengan desain gambar musisi favoritmu. Biasanya nih, harganya cukup ramah di kantong. Kalau kamu ingin beli merchandise musisi favoritmu ketika konser, bisa banget untuk menyisihkan sebagian uang yang sudah kamu tabung.

D. Stiker

Meskipun stiker musisi dapat kamu beli dengan mudah di e-commerce, namun akan beda feelnya kalau kamu membeli secara langsung apalagi dapat tandatangan dari musisi kesukaanmu. Stiker yang dijual pun biasanya lebih murah daripada merchandise yang lain. Pastikan beli merchandise yang original ya!

Nah itulah beberapa merchandise yang bisa kamu beli di konser musik namun batasi diri ya jangan sampai tegiur dan membeli secara berlebihan. Kamu bisa menentukan budget sesuai kemampuanmu.

3. Tetap Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Jangan lupakan kebutuhan pokokmu, ya! (
Jangan lupakan kebutuhan pokokmu, ya! (Foto Mikhail Nilov via Pexels)

Jangan sampai kamu melupakan prioritas kebutuhan pokokmu, ya! Cobalah untuk menentukan prioritas dari yang sangat penting hingga kebutuhan yang tidak terlalu penting atau tidak urgent. Melalui cara ini, kamu bisa membuat budgeting yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa membuat to-do list yang sekiranya bisa kamu urutkan berdasarkan urgensinya.

Sebagai contoh kamu perlu membeli skincare bulanan yang cukup urgent, kamu bisa mengalokasikan dana yang kamu punya untuk kebutuhan yang urgent terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menyisihkan dana tersebut untuk menabung nonton konser.

4. Bikin Tabungan Khusus Konser Musik

Buat tabungan khusus menabung untuk konser musik.
Buat tabungan khusus menabung untuk konser musik. (Foto maitree rimthong via Pexels)

Namanya godaan itu selalu ada, terutama untuk sesuatu yang baik. Nah, kalau kamu nggak bisa menahan diri untuk mengambil dana tabungan, kamu harus membuat tabungan khusus yang susah untuk kamu tarik. Kamu bisa mengalokasikan tabungan untuk konser di rekening khusus yang kamu buat di bank.

Kalau terlalu ribet, nggak ada salahnya untuk menyimpan dana tersebut di dompet digital. Namun pastikan punya komitmen untuk nggak mengambil tabunganmu sebelum target tercapai. Ingat ya, komitmen!

Kalau kamu belum berpenghasilan tetap, kamu bisa mencoba berbagai bisnis dengan modal minim yang tentunya bisa menghasilkan cuan.

Baca juga: Bisnis untuk Mahasiswa, Wajib Coba dan Dijamin Cuan!

5. Jangan Tunda untuk Menabung

Agar target cepat tercapai, jangan menunda waktu untuk menabung.
Agar target cepat tercapai, jangan menunda waktu untuk menabung. (Foto Amir Ghoorchiani via Pexels)

Kamu gak boleh menunda waktu untuk menabung. Tidak perlu menunggu dapat uang lebih untuk menabung, namun kamu bisa memulai menabung dengan dana sekecil apa pun yang kamu punya. Seperti yang kamu tahu, semakin kamu menunda pekerjaan maka semakin lama pekerjaan itu selesai. Begitupun dengan menabung. Semakin kamu menunda, semakin lama targetmu tercapai.

Gimana? Kamu sudah siap mengumpulkan dana untuk nonton musisi favoritmu? Semoga tips dari MinCheck ini membantumu ya! By the way, tips dari MinCheck ini bisa kamu lihat, simpan, dan copy di aplikasi DoCheck lho. Kamu hanya perlu download aplikasi DoCheck melalui Play Store dan App Store. Gratis!


Scroll to Top