tips a,mpuh meningkatkan public speaking

5 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Public Speaking


Banyak banget soft skill dan hard skill yang perlu dimiliki dan diasah oleh seseorang. Salah satu soft skill yang cukup penting dan sangat berguna bagi kamu adalah public speaking. Kalau kamu sering merasa tidak percaya diri atau gemetar saat berbicara di depan umum, tandanya kamu perlu meningkatkan public speaking. Pasalnya, komunikasi merupakan bagian krusial dari kehidupan sehari-hari.

Untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kamu perlu punya skill komunikasi yang baik.

Bayangin deh, kamu gak bisa menyampaikan yang kamu pikirkan padahal idemu bagus. Wah, sayang banget sih!

Lalu, Apa itu Public Speaking?

Bagaimana cara meningkatkan public speaking? (Foto Henri Mathieu-Saint-Laurent via Pexels)

Sebelum kamu mengetahui tips ampuh untuk meningkatkan kemampuan public speaking, kamu perlu mengetahui definisinya terlebih dahulu. Public Speaking adalah berbicara di depan umum baik itu secara online atau offline. Sementara itu, menurut The Balance Careers, public speaking merupakan soft skill yang membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang baik, antusiasme, dan cara agar audiens tertarik. Public speaker biasanya melakukan presentasi di depan umum, baik itu kelompok kecil atau besar.

Tips Ampuh Meningkatkan Public Speaking

Lalu, bagaimana sih caranya meningkatkan kemampuan yang satu ini? Yuk simak tips dari MinCheck dan pastikan baca artikelnya sampai selesai, ya!

1. Ingin Jago Public Speaking? Terus Latihan!

Kalau kamu ingin jago public speaking namun nggak mempraktikkannya maka tidak akan ada hasil yang signifikan. Oleh karena itu, kamu harus terus latihan. Gak cuma baca teori atau nonton video di Youtube, namun kamu perlu latihan sendiri.

Kamu bisa latihan berbicara di depan cermin agar kemampuan public speakingmu semakin oke.

Selain itu, dilansir dari Skill Academy, kamu bisa coba mempraktikkan di depan teman-temanmu atau merekam menggunakan handphone. Melalui hal ini, kamu bisa mengevaluasi kemampuanmu berbicara dan kamu dapat menemukan kekurangan dari dirimu yang perlu ditingkatkan.

Contohnya nih, kamu sering mengucapkan kata seperti eh, apa itu, anu, emm.. dan lain sebagainya. Maka, kamu bisa mengevaluasi hal tersebut dan terus meningkatkan kemampuan public speaking-mu. It’s okay kalau kamu merasa gugup dan gemetar karena hal itu wajar. Namun seiring berjalannya waktu dan terus latihan, kamu akan terbiasa.

Baca juga: Belajar Public Speaking dengan Cara Mendengarkan

2. Cobalah untuk Kenali Audiens

Untuk bisa mahir dalam public speaking, kamu harus tahu dan mengenali audiens. Mengapa perlu mengenali audiens? Dilansir dari Presentasi, mengenal audiens diperlukan agar komunikasi antara kamu dan audiens tetap lancar. Tentu saja agar kamu dapat menyampaikan materi dengan baik dan audiens dapat mencerna materi yang kamu sampaikan.

Sebagai contoh, kamu akan berbicara di depan audiens yang berusia muda sekitar 16-23 tahun, maka cara penyampaianmu dalam berkomunikasi tentu akan berbeda dengan audiens yang berusia 30-35 tahun. So, please make sure you know your audience and their needs.

3. Persiapkan Materi Sebelum Berbicara

Agar penyampaian materi semakin rapi, kamu perlu mempersiapkan materi yang akan kamu sampaikan kepada audiens. Pasalnya, mempersiapkan materi yang matang sebelum berbicara dengan audiens dapat membuatmu lebih percaya diri, lho!

Selain membuat dirimu lebih percaya diri, kamu akan menjadi luwes kalau kamu paham materi yang kamu sampaikan. Sehingga kamu nggak ketar-ketir saat ada audiens yang bertanya. Selain latihan, kamu pun perlu belajar mengenai materi yang kamu sampaikan.

Menurut Top Karir, kamu gak perlu malu untuk mengeluarkan catatanmu ketika berbicara. Poin penting dalam public speaking adalah bagaimana caramu untuk menyampaikan materi sehingga audiens paham, bukan perihal ajang gaya-gayaan atau uji kehebatan.

4. Minta Feedback Orang Terdekat untuk Meningkatkan Public Speaking

Rasanya nggak fair kalau kamu hanya mengandalkan dirimu untuk menilai kemampuan public speaking yang kamu miliki. Nah, kamu bisa mencoba minta feedback atau pendapat dari teman-teman. Jangan takut menerima kritikan kalau kamu ingin berkembang.

Feedback tidak hanya berlaku untuk urusan bisnis, lho! Namun feedback juga dibutuhkan untuk perseorangan. Nah, feedback dapat menjadi motivasi sehingga kamu tahu apa yang perlu diperbaiki dan perlu dipertahankan.

Baca juga: Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri

5. Perhatikan Body Language

Jangan lupa untuk memperhatikan body language atau bahasa tubuh ketika kamu berbicara di depan umum. Dilansir dari Verywell Mind, body language merupakan cara berkomunikasi tanpa kata-kata. Body language merupakan kombinasi dari ekspresi wajah, gerak tubuh, dan cara menyampaikan materi.

Selain memperhatikan body language, kamu pun perlu melakukan eye contact. Pasalnya, eye contact mampu menciptakan keintiman, sehingga kamu dan audiens terhubung. Adapun tips efektif untuk melakukan eye contact selama melakukan public speaking, antara lain.

  • Menatap mata masing-masing audiens
  • Kamu bisa melakukan eye contact dengan audiens yang terjangkau
  • Hindari mengalihkan pandangan terlalu cepat

Nah, itulah tips dari MinCheck untuk meningkatkan public speaking. By the way, pada 28 Juli 2022 DoCheck menyelenggarakan webinar gratis bareng Willy Tan dengan tema public speaking. Nah, buat kamu yang ketinggalan webinarnya, yuk cek goals dari Willy Tan yang tentunya bakal insightful dan berguna untuk pengembangan diri dan kariermu. Yuk download aplikasi DoCheck secara gratis di Play Store dan App Store.

Baca: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!


Scroll to Top