4 Sosok Pahlawan Masa Kini, Apakah Kamu Termasuk?


Indonesia adalah bangsa yang amat menghargai perjuangan seseorang, baik itu di masa lampau maupun masa sekarang. Setuju nggak, DoCheckers? Yup, seseorang yang turut memperjuangkan kemerdekaan pasti akan dikenang oleh seluruh rakyat Indonesia. Eits, tapi bukan berarti perjuangan Bangsa Indonesia hanya dilakukan sebelum kemerdekaan saja, ya. Nyatanya, sampai sekarang pun Bangsa Indonesia masih berjuang dengan berbagai hal dan persoalan nih, DoCheckers. Oleh karena itu, terbitlah suatu istilah yang kita kenal dengan sosok pahlawan masa kini. Siapa aja sih mereka? Apakah kamu juga termasuk pahlawan masa kini? Yuk, simak artikelnya sampai habis.

Beberapa Sosok Pahlawan Masa Kini

Ketika mendengar kata “pahlawan”, sosok seperti apa sih yang pertama kali terbersit di pikiran kamu? DoCheckers mungkin terpikir sosok seperti Bung Tomo, Pangeran Diponegoro, R.A. Kartini, dan berbagai nama pahlawan lain yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di masa lampau. Terus, gimana sih bentuk perjuangan para pahlawan Bangsa Indonesia di masa kini?

Mengingat adanya perbedaan besar antara kondisi di era sekarang dan di masa lampau sebelum merdeka, tentunya peran sosok pahlawan di era sekarang pun berbeda ya, DoCheckers. Kamu kepo nggak sama sosok pahlawan masa kini dan bagaimana bentuk perjuangannya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai Sosok Teladan

Sosok guru menjadi panutan yang mencerdaskan Bangsa Indonesia.
Sosok guru menjadi panutan yang mencerdaskan Bangsa Indonesia. Gambar Max Fischer via Pexels

Di zaman sekarang ini, figur seorang guru pasti jadi sosok yang berjasa bagi tiap orang. Sejak menempuh pendidikan tingkat dasar hingga tingkat akhir, sosok guru telah memberikan banyak pelajaran untuk para muridnya. Bahkan, menurut laman Kemdikbud, guru dianggap sebagai sosok pahlawan masa kini yang bersenjatakan ilmu dan pengetahuan. Nggak bisa dipungkiri kalau mereka memiliki andil besar dalam mencerdaskan bangsa.

Seperti yang kamu tahu, zaman dahulu tidak semua Bangsa Indonesia bisa mengenyam pendidikan dengan bebas. Oleh karena itu, peran para guru yang bersedia menyebarluaskan ilmu dengan kemurahan hatinya begitu dihargai semua pihak. Bahkan, figur-figur seperti Ki Hajar Dewantara dan R.A. Kartini yang berperan besar dalam dunia pendidikan Indonesia kala itu pun akan selalu dikenang.

Berkat jasa mereka, kini seluruh rakyat Indonesia diberikan hak untuk menuntut ilmu dan menempuh pendidikan. Kalau dulu bingung gimana caranya sekolah, sekarang kamu mungkin justru kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah. Permasalahan hidup emang selalu berganti seiring dengan perkembangan zaman ya, DoCheckers.

Baca Juga: 7 Jurusan Unik Hanya Ada di Indonesia, Tertarik Daftar?

Tapi, kamu tahu nggak sih, kalau ternyata pahlawan Indonesia di bidang pendidikan itu nggak cuma ada di zaman dulu aja? Ternyata ada loh sosok “pahlawan” pendidikan Indonesia di era modern ini. Siapa sih dia?

Saur Marlina Manurung

Saur Marlina Manurung atau dikenal juga sebagai Butet Manurung adalah seorang lulusan jurusan Antropologi Universitas Padjadjaran. Fun fact nih, beliau adalah seorang penggemar Indiana Jones sekaligus mantan anggota Unit Kegiatan Mahasiwa Pecinta Alam Palawa Unpad, karena ia amat menyukai kehidupan alam.

Butet Manurung menjadi sosok pahlawan di bidang pendidikan Indonesia era sekarang karena kisah inspiratifnya.
Butet Manurung menjadi sosok pahlawan di bidang pendidikan Indonesia era sekarang karena kisah inspiratifnya. Saur Marlina Manurung via Instagram

Buat kamu yang belum tahu, Butet Manurung adalah pencetus Sokola Rimba. Kamu tahu nggak apa itu Sokola Rimba? Itu adalah sekolah rintisan yang diperuntukkan buat anak-anak Orang Rimba, Suku Kubu yang berada di pedalaman hutan Jambi. Tak sembarangan, Butet bahkan sampai benar-benar mempelajari bahasa dan kebudayaan setempat agar bisa berbaur dengan mereka.

Butet kemudian menemukan metode belajar bernama Silabel yang memungkinkan anak-anak setempat dapat membaca dalam kurun waktu dua minggu saja.

Sejak 2003 hingga kini, sekolah rintisan itu akhirnya berkembang menjadi Sokola Institute. Lembaga nonprofit ini secara sukarela memberikan pendidikan untuk masyarakat adat dan marjinal lain di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sokola Asmat, Sokola Kajang, dan Sokola Tayawi. Bahkan, mereka juga memiliki program Sokola Post-Disaster untuk wilayah yang baru terkena bencana dan Online Sokola untuk pembelajaran via daring.

Wah, keren dan inspiratif banget ya, DoCheckers? Kalau kamu sendiri, punya sosok guru favorit yang selalu jadi panutan nggak, sih?

2. TNI & Polri sebagai Pelindung dan Pengayom Negara

Kamu pasti udah sering dengar tentang perjuangan pahlawan yang rela mempertaruhkan segalanya demi kemerdekaan Indonesia. Beberapa nama di antaranya adalah Jendral Soedirman dan Bung Tomo yang berperan dalam bidang militer Indonesia kala itu. Melalui perjuangan dan jasanya yang amat besar, hingga kini dunia militer dan polisi pun nampaknya tertular semangat perjuangan mereka.

TNI dan Polri bahu-membahu dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
TNI dan Polri bahu-membahu dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gambar Pixabay via Pexels

TNI dan Polri merupakan gambaran sosok pahlawan masa kini yang berjuang untuk kedaulatan Bangsa Indonesia di garis terdepan. Menurut laman Kemdikbud, TNI dan Polri memiliki tugas mulia untuk menjaga keamanan serta mempertahankan stabilitas NKRI dari berbagai ancaman, baik itu dari pihak luar maupun dari pihak lain.

3. Tenaga Kesehatan di Era Pandemi adalah Sosok Nyata Pahlawan Masa Kini

Kerja keras para tenaga kesehatan selama ini membuat mereka pantas disebut sebagai pahlawan masa kini, terutama di era pandemi.
Kerja keras para tenaga kesehatan selama ini membuat mereka pantas disebut sebagai pahlawan masa kini, terutama di era pandemi. Gambar Thirdman via Pexels

Hiruk pikuk yang disebabkan pandemi hingga kini, nampaknya bikin banyak pihak makin sadar betapa krusial dan berjasanya para tenaga kesehatan ini. Sejak awal pandemi mengepung Indonesia pada kuartal pertama 2020 silam, para tenaga kesehatan sudah jatuh-bangun untuk memberikan rasa aman. Meskipun demikian, MinCheck rasa, tanpa adanya pandemi pun, peran para tenaga kesehatan udah penting banget buat kehidupan. Kamu setuju nggak, DoCheckers?

Terus, kalau di zaman penjajahan dulu, kira-kira ada pahlawan di bidang kesehatan nggak ya? Eits, ada dong, DoCheckers. Menurut laman Halodoc, ada sosok yang bernama Cipto Mangunkusumo. Pasti kamu udah nggak asing dengan namanya, kan?

Yups! Bener banget. Nama beliau diabadikan menjadi nama salah satu rumah sakit di Jakarta, tepatnya sejak 17 Agustus 1964. Hal ini adalah bentuk penghargaan atas berbagai kontribusinya dalam dunia kedokteran dan kesehatan di Indonesia. Salah satu kontribusi besarnya adalah membantu menangani wabah pes di kota Malang pada tahun 1911.

Wabah pes sendiri hampir sama dengan pandemi COVID-19, yakni wabah yang menyerang kesehatan dan dapat menyebabkan kematian. Saat ini kita masih belum selesai berhadapan dengan pandemi COVID-19. Maka dari itu, kamu perlu terus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Ingin Hidup Sehat? Yuk, Terapkan 6 Tips Mudah Berikut Ini!

4. Mereka yang Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia

Mereka yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa bisa dikatakan sebagai seorang pahlawan masa kini.
Mereka yang berprestasi dan mengharumkan nama bangsa bisa dikatakan sebagai seorang pahlawan masa kini. Gambar Joshua McKnight via Pexels.

Menurut kamu, ada berapa orang yang udah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional? Saking banyaknya, rasanya udah nggak terhitung lagi, ya. Mulai dari para musisi dan seniman seperti Rich Brian dan Niki Zefanya dengan musik mereka yang digemari banyak orang dari seluruh dunia, sampai deretan nama atlet yang berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia. Bahkan, nama-nama pemuda yang sukses di usia muda, seperti Devon dan Mischka yang meraih segudang medali di bidang olimpiade sains dan matematika di tingkat internasional.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Prestasi Cemerlang Farhan Jijima

Sosok-sosok itu adalah contoh pahlawan Indonesia di masa kini yang berjuang dengan cara berbeda. Mereka sukses menorehkan prestasi dan mengembangkan sayap yang membuat nama Indonesia makin harum dan dihormati di kancah dunia. Wah, jadi ikutan bangga ya, DoCheckers?

Kalau kamu sendiri, punya keinginan buat jadi sosok pahlawan masa kini juga, nggak? Kamu bisa mulai merancang dan mencatat langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menjadi pahlawan masa kini dengan menggunakan DoCheck.

DoCheck adalah sebuah to-do list app yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan memudahkan kegiatanmu sehari-hari. Unduh DoCheck sekarang juga lewat Play Store dan App Store secara gratis.


Scroll to Top