Ingin Sukses di Usia Muda? Yuk Tentukan Tujuanmu Sekarang!


Gimana cara sukses di usia muda? Siapa sih yang nggak mau sukses di usia muda. Tapi kamu pernah nggak, sih merasa clueless soal masa depan kamu? Duh, nggak enak juga ya, kalau tiap hari dirundung perasaan takut akan hari esok. Tapi, kamu nggak perlu takut lagi. MinCheck punya tips nih biar kamu bisa set goals atau tujuan kamu sejak dini. Dengan cara ini bisa bantu kamu meraih sukses di usia muda, loh.

Kamu mungkin masih bingung. Emang apa sih gunanya nentuin tujuan hidup? Pada dasarnya, penentuan tujuan itu penting, loh, DoCheckers. Bahkan, menurut laman Very Well Minds, tujuan hidup merupakan suatu hal yang bisa membuat hidup kita lebih baik, bahagia, dan sehat.

Meskipun begitu, tujuan hidup bukanlah sesuatu yang mudah untuk ditemukan. Maka dari itu, kamu perlu menggali tujuan tersebut sedini mungkin.

Cara Sukses di Usia Muda dengan Menentukan Tujuanmu

Kamu perlu menentukan tujuan sebelum bertindak. Termasuk dalam meraih kesuksesan di usia muda. Mau tahu cara menjadi sukses di usia muda? Kalau gitu, kamu perlu simak langkah-langkah berikut ini sebagai tips sukses di usia muda, ya!

Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan kiat-kiat meraih kesuksesan, kamu perlu mengenal dirimu lebih baik.
Sebelum melakukan kiat-kiat meraih kesuksesan, kamu perlu mengenal dirimu lebih baik. Gambar M Venter via Pexels

Salah satu cara agar sukses di usia muda adalah mengenali diri sendiri, kenapa begitu? Kamu pernah nggak sih, ngerasa takut melangkah, gitu? Bisa jadi kamu kurang mengenali dirimu sendiri, tuh. Kamu pernah coba ikut kuis minat dan bakat gitu, nggak? Itu bisa ngebantu banget loh, DoCheckers. Dilansir dari laman Nucareer, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari ikut tes minat dan bakat, antara lain:

  • Menemukan karier yang sesuai.
  • Lebih mudah untuk mengembangkan kemampuan.
  • Membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.
  • Mendapatkan rasa percaya diri dalam meniti karier.
  • Tidak mudah menyerah.

Kalau kamu sendiri udah tahu minat dan bakatmu belum, DoCheckers? Kalau iya, coba perdalam dan tanyakan lagi. Sebenarnya, apa sih yang ingin kamu lakukan di masa depan? Maka dari itu, kamu perlu terus menggali potensi diri dan terus mempelajari berbagai ilmu. Bahkan, ilmu di luar pendidikan formal pun bakal berguna banget buat kamu nantinya.

Mungkin kamu nggak jarang nih, melihat orang-orang di sekitar yang amat ambisius. Entah itu di lingkungan sekolah, kampus, kerja, ataupun lingkungan bermain. Mereka adalah contoh orang yang telah mengenal dirinya sendiri dengan baik. Bahkan, nggak jarang dari mereka yang udah pakem dengan mimpi dan tujuan di masa mendatang. Jadi, jangan heran kalau mereka tampak nggak pernah ragu dalam menjalani hidup.

Nggak cuma orang-orang di sekitarmu loh, DoCheckers. Bahkan, figure yang sudah sukses sejak usia muda pun sudah mengenal dan menetapkan tujuan mereka dari awal. Sebut saja Raditya Dika. Beliau sudah mengetahui impiannya untuk jadi penulis sejak masih belia. Selain itu, ada pula Merry Riana dan Mark Zuckerberg.

Baca juga: 3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis

Merancang Strategi yang Tepat adalah Rahasia Sukses di Usia Muda

Kamu perlu menyusun rencana dengan matang agar sukses di usia muda.
Kamu perlu menyusun rencana dengan matang agar sukses di usia muda. Gambar oleh Patrick Perkins via Unsplash

Kamu percaya nggak sih, kalau sesuatu yang terencana itu lebih sering berakhir manis? Perencanaan itu penting banget loh, DoCheckers. Bahkan, itu juga berlaku untuk meraih kesuksesan. Setelah mengenal dirimu dengan baik, kamu perlu siapkan strategi matang untuk mencapai tujuan kamu. Tidak hanya rencana jangka pendek, tetapi juga dalam jangka panjang.

Tentunya, strategi ini nggak bisa ngasal, ya! Strategi yang kamu buat ini harus terukur. Artinya, rencanamu harus memiliki matriks yang jelas dan terukur. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats).

Jangan Takut untuk Memulai

Rencana sebagus apa pun yang telah kamu siapkan, tak akan berhasil jika tak dieksekusi. Kalau kamu ingin sukses di usia muda, memang diperlukan keberanian yang besar. Tapi, nggak ada salahnya loh untuk mencoba, DoCheckers.

jangan takut memulai langkah sukses
Keberanian amat diperlukan untuk mengeksekusi rencana yang telah kamu susun. Gambar via TopResume

Seorang pengusaha ternama asal Amerika, Jeff Bezos, punya kutipan bagus, nih. Cocok banget buat semangatin kamu yang masih takut untuk memulai hal baru.

“Aku tidak akan menyesal jika gagal, tapi aku akan menyesal jika aku tidak pernah mencoba.”

Wah, bener banget tuh, DoCheckers. Kalau kamu ingin sukses ⸺terutama di usia muda⸺ emang perlu ngorbanin banyak hal. Tapi, nggak ada salahnya untuk memulai, kan? Kalau kata pepatah sih, pengalaman adalah guru terbaik.

MinCheck punya beberapa tips nih buat kamu yang masih takut melangkah. Dilansir dari laman Very Well Mind, kamu bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi rasa takutmu:

  • Jangan berfokus pada hal yang tidak bisa kamu kendalikan, seperti respon orang lain dan faktor eksternal lainnya.
  • Siapkan rencana cadangan, termasuk untuk skenario terburuk.
  • Mau belajar dari kesalahan apabila mengalami kegagalan.

Harus Disiplin dan Komitmen untuk Mencapai Tujuan

Apakah kamu termasuk orang yang kurang disiplin? Kalau iya, sepertinya kamu harus segera memperbaiki sifat burukmu itu, DoCheckers. Untuk meraih tujuan yang telah kamu tetapkan, perlu diimbangi juga dengan disiplin tinggi.

Disiplin merupakan cara terbaik untuk meraih mimpi. Termasuk untuk sukses di usia muda.
Disiplin merupakan cara terbaik untuk meraih mimpi. Termasuk untuk sukses di usia muda. Gambar Brett Jordan via Pexels

Kedisiplinan memang sulit untuk dipertahankan. Tapi, kamu bisa memulainya dengan langkah kecil. Menurut laman Forbes, kamu bisa melakukan beberapa hal agar bisa mempertahankan kedisiplinan, antara lain:

  • Mengetahui kekurangan dan kekuatanmu.
  • Jauhi hal-hal yang bisa mengganggumu.
  • Giat berlatih.
  • Temukan orang yang bisa support kamu.

Akan tetap,i kamu nggak boleh membiarkan dirimu terus terpuruk dalam kegagalan. Hal itu justru bisa kamu jadikan motivasi untuk terus berkomitmen mencapai tujuan. Agar kamu bisa disiplin, manfaatkan fitur reminder dari DoCheck.

Baca juga: Reminder Untuk Kamu yang Pelupa, Pin Goals Bisa Bantu Kamu!

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang yang Suportif

Dikelilingi orang-orang dengan aura positif, bikin kamu terus terpacu untuk maju. Menurut laman Very Well Mind, teman yang suportif bisa memberimu rasa aman. Bahkan, kehadiran mereka bisa mengurangi rasa stress dan memberikan efek baik bagi kesehatan mental kamu, loh.

Selain itu, kehadiran orang yang suportif dalam hidup bikin kamu merasa lebih dihargai. Hal ini dikarenakan orang-orang suportif akan bersedia memberikan dukungan dan memahami kebutuhanmu.

Berada di sekitar orang yang suportif adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood kamu.
Berada di sekitar orang yang suportif adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood kamu. Gambar cottonbro via Pexels

Selain karena bisa mengembalikan mood dan motivasi, kamu bisa terus belajar banyak hal dari mereka. Seperti mencontoh kiat dan tips dari mereka. Kamu bisa temukan berbagai berbagai goals dan tips dari berbagai Key Opinion Leader yang inspiratif di aplikasi DoCheck yang bermanfaat buat pengembangan diri kamu.

Baca juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

Setelah tahu cara menjadi orang sukses di usia muda, kamu juga harus tahu panduan yang digunakan akan sebagai petunjuk. Pentingnya roadmap sebagai panduan kamu menggapai mimpi-mimpi kamu.

Ternyata nggak terlalu sulit ya melakukan cara-cara bisa sukses di usia muda. Tapi, semua kembali lagi ke pribadi masing-masing ya, DoCheckers. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi DoCheck buat set goals dan berbagai cara untuk sukses di usia muda. Kamu juga bisa menambahkan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan di dalamnya. Adapula fitur reminder yang ngebantu banget untuk tetap disiplin mencapai tujuan kamu. Download DoCheck di Play Store dan AppStore secara gratis.


Scroll to Top