Konsisten belajar bisa dilakukan dengan 1% perbaikan belajar

Cara Konsisten Belajar dengan Aturan 1%


Apakah kamu merasa gampang bosan waktu belajar? Atau sudah belajar banyak hal tapi nggak ada yang diingat? Beberapa di antara kamu yang belajar dengan teknik kebut semalam pasti pernah merasakan lupa materi di saat-saat yang dibutuhkan. Nah, buat kamu yang ingin belajar jauh-jauh hari, kamu bisa lakukan cara konsisten belajar dengan aturan 1% ini.

Belajar jauh-jauh hari pastinya membutuhkan konsistensi. Menurut Mindedge konsisten dalam hal apa pun bisa membuat seseorang bisa mengingat sesuatu lebih lama. Metode belajar dengan mengajar juga bisa membantumu lebih memahami materi pelajaran, lho.

Baca juga: Cara Belajar Anti-Mainstream Ala Ananza Prili

Cara Konsisten Belajar dengan Aturan 1%

Teknik kali ini sering disebut 1% Rule. Ini adalah cara mempertahankan kebiasaan yang dipopulerkan oleh James Clear, dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits. Selain untuk melatih diri membiasakan hal-hal baik, 1% rule ini juga bisa berlaku untuk kamu yang ingin konsisten belajar. Penasaran bagaimana bisa cara konsisten belajar dengan aturan ini? Simak ulasan MinCheck berikut ini, ya!

Mindset Belajar Menjadi Lebih Baik

Mindset menjadi lebih baik setiap hari bisa membantu konsisten dalam belajar
Mindset menjadi lebih baik setiap hari bisa membantu konsisten dalam belajar. Foto oleh Yaroslav Shuraev via Pexels

Setiap hari kamu memiliki pilihan, antara menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk. Tentunya, hasil yang diinginkan semua orang adalah menjadi lebih baik. Namun, tidak semua orang yang memilih menjadi lebih baik di setiap harinya. Untuk memaksa diri untuk belajar kamu bisa menanamkan dalam pikiran bahwa kamu tidak sedang mempelajari sesuatu melainkan kamu sedang belajar menjadi lebih baik.

Baca juga: Self-reflection dan Manfaatnya untuk Diri yang Lebih Baik

Coba bayangkan, bagaimana dirimu hari ini menjadi lebih baik. Apakah menjadi lebih baik dalam mengerjakan tugas. Atau bangun lebih pagi dan memiliki rutinitas? Kamu bisa memilih perbaikan yang kamu inginkan untuk diri kamu sendiri. Khusus untuk kamu yang ingin konsisten belajar, cobalah untuk selalu fokus pada pembelajaran apa yang kamu dapat hari ini. Proses dari tidak tahu menjadi tahu juga termasuk menjadi lebih baik!

Untuk melaksanakannya, kamu tidak perlu langsung sempurna atau 100% lebih baik. Misalnya, kamu ingin menjadi belajar Matematika. Tentu mustahil memahami semua bab dalam satu hari. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menjadi 1% lebih baik, misalnya dengan berlatih tiga soal tiap hari. Hari pertama, kedua, ketiga mungkin akan terasa aneh dan jauh dari bayangan berhasil. Namun, kamu harus tetap melakukannya untuk persentase lebih baik yang lebih besar. Keberhasilan melakukan rutinitas yang meningkatkan kemampuan belajarmu juga termasuk 1% menjadi lebih baik.

Jangan Sampai Putus Rantainya

Pertahankan kebiasaan belajar agar konsistensi tidak terputus atau bahkan berhenti.
Pertahankan kebiasaan belajar agar konsistensi tidak terputus atau bahkan berhenti. Foto oleh Pavel Danilyuk vial Pexels.

Setelah berhasil mengerjakan tiga soal setiap hari, kamu mungkin merasa hal itu sudah cukup mudah untuk dilakukan. Kalau begitu, kamu sudah bisa bergerak ke 2% lebih baik berikutnya. Misalnya dengan meningkatkan jumlah soal atau dengan meningkatkan tingkat kesulitannya. Semua ini tergantung pada apapun yang sedang kamu ingin kembangkan.

Periode belajar ini memang membutuhkan waktu yang lebih panjang dan tidak sesuai dengan sistem kebut semalam. Saat di tengah perjalanan mungkin kamu akan bertanya-tanya,

Apakah aku benar-benar menyukai hal ini?

Kenapa aku merasa bosan dengan aktivitas ini?

Kenapa aku melakukannya?

Pertanyaan dalam diri yang mengganggu bisa kamu respon dengan jawaban sejujurnya. Apabila kamu memang tidak menginginkannya, kamu bisa berhenti dan mengembangkan hal-hal lain yang lebih menggugah rasa penasaranmu tiap harinya. Cara mengembangkan potensi ini tidak akan bekerja jika kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu nikmati. Namun, apabila rasa bosan menerpa, kamu mungkin hanya perlu melakukan variasi dalam setiap progresnya.

Selain meningkatkan kesulitan progres, kamu bisa menambahkan variasi dengan membentuk kebiasaan lainnya. Misalnya, kamu ingin konsisten belajar menggambar sketsa setiap hari lalu bosan. Kamu bisa melakukan hobi lain misalnya membangun kebiasaan self care seperti olahraga, membaca buku, atau lain-lainnya.

Rahasia Cara Konsisten Belajar

Rahasia umumkonsisten belajar.
Rahasia umum konsisten belajar. Foto oleh Andrea Piacquadio via Pexels.

Untuk langkah yang satu ini sebenarnya bukan lagi rahasia apabila kamu sudah pernah membaca buku Atomic Habits. Yaitu, memudahkan akses ke kebiasaan baik dan menyulitkan akses ke kebiasaan buruk. Tentu, meninggalkan kebiasaan buruk juga termasuk sebagai 1% menjadi lebih baik. Contohnya, kamu ingin meninggalkan kebiasaan buruk membuka HP di pagi hari. Kamu bisa menyulitkan diri kamu menemui HP saat bangun dengan cara menyembunyikannya sebelum tidur. Atau letakkan HP kamu jauh dari tempat tidurmu, misalnya di ruangan yang berbeda.

Contoh lainnya, kamu ingin membiasakan diri dengan pelajaran IPA. Cobalah letakkan buku-buku tersebut dengan rapi di tempat yang terjangkau. Kamu juga bisa mendekorasi meja atau area belajarmu agar lebih termotivasi setiap harinya. Dengan membuat hal-hal ini mudah dilihat, mudah dijangkau, mudah diingat, dan menarik untuk dilakukan, kamu pasti akan sanggup untuk konsisten dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Highlighting: Efektif untuk Belajar dengan Memperhatikan ini!

Selain itu, kebiasaan kecil lain yang mungkin akan membuatmu konsisten belajar antara lain:

  1. Tidur yang cukup
  2. Buat jadwal belajar harian
  3. Hindari hal-hal yang bisa mengganggu fokus belajarmu
  4. Jangan takut untuk gagal
  5. Jadilah teman yang baik untuk diri kamu sendiri.

Cara konsisten belajar ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan to do list untuk mengukur progresmu setiap harinya. Dengan aplikasi DoCheck, kamu bahkan bisa menyiapkan belajar untuk study aboard dengan template yang sudah ada, lho! Aplikasi ini bisa kamu download di  Play Store atau App Store. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan cobalah konsisten dengan melakukan progres-progres kecil di setiap harinya!

Baca juga: Belajar UTBK Bingung Mulai Dari Mana? DoCheck Siap Bantu!


Scroll to Top