Gaya hidup yang baik untuk kesehatan mental

5 Gaya Hidup yang Baik untuk Kesehatan Mental


Kesehatan yang harus kamu jaga tidak hanya fisik saja, tapi juga mentalmu. Contohnya, ketika kamu merasa stres dan tidak bersemangat, kamu tidak akan bisa beraktivitas dengan baik. Meskipun tubuhmu sebenarnya baik-baik saja. Oleh karena itu, salah satu cara agar bisa menjaga kesehatan mental adalah dengan mengganti pola gaya hidup. Kenapa gaya hidup? Karena dilansir dari Psychology Today, perubahan gaya hidup dapat berdampak besar pada kesehatan mentalmu.

Selain itu, risiko kesehatan seperti diabetes, darah tinggi, dan penyakit serius lainnya pun dapat terhindari dengan gaya hidup yang tepat. Oleh karena itu, kali ini MinCheck akan berbagi rekomendasi lima gaya hidup yang baik untuk kesehatan mental. Karena jika tidak dimulai dari diri sendiri, kondisimu tidak akan berubah. Yuk, simak baik-baik rekomendasinya berikut ini!

1. Yuk, Olahraga Rutin!

Rutin berolahraga dapat memperbaiki kesehatan mental
Rutin berolahraga dapat memperbaiki kesehatan mental (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Apakah kamu suka merasa lemas dan tidak bersemangat? Cobain deh rutin berolahraga! Menurut Epic Assist, sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan rajin melakukan olahraga aerobik, gejala depresi dapat berkurang loh! Jadi, tidak hanya tubuh saja yang menjadi lebih sehat, tapi juga kondisi mentalmu semakin membaik. Nah, kalau kamu bingung olahraga aerobik seperti apa yang harus kamu lakukan, yuk catat pilihan aktivitasnya di bawah ini!

  • Jogging.
  • Berenang.
  • Bersepeda.
  • Jalan santai.
  • Berkebun.
  • Menari

Cukup mudah bukan? Kamu bisa melakukan latihan olahraga tersebut di sekitar rumahmu. Jadi, kamu bisa tetap berhemat. Kemudian, usahakan untuk melakukan olahraga tersebut selama minimal 30 menit setiap tiga kali seminggu. Ayo, semangat berolahraga!

2. Pola Makan Sehat Membantu Kesehatan Mental

Ayo, atur pola makanmu dengan makanan bergizi!
Ayo, atur pola makanmu dengan makanan bergizi! (Foto oleh Trang Doan/ Pexels)

Dikutip dari hello sehat, seseorang yang menjalani diet berkualitas tinggi setiap hari, memiliki kesehatan mental yang lebih baik dari yang lain. Ini menunjukkan bahwa makanan memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan mentalmu. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa asupan nutrisi yang baik dapat memberikan efek pada perkembangan dan pencegahan masalah kesehatan mental seperti depresi, skizofernia, defisit perhatian, dan Alzheimer. Lantas, bagaimana pola makan yang sehat itu? Berikut ini adalah kiat pola makan yang sehat.

  • Jangan lewatkan sarapan!
  • Minumlah air daripada minuman manis.
  • Penuhi kebutuhan asam folat (vitamin B9): Kamu bisa mendapatkan asam folat dari bayam, kangkung, buah-buahan, biji-bijian, dan gandum utuh.
  • Ingat, asupan vitamin D juga penting!: Vitamin D bisa kamu dapatkan dari sinar matahari atau susu, jeruk, sereal, dan ikan salmon serta tuna.

3. Utamakan Istirahat yang Cukup

Usahakan untuk tidur tepat waktu
Usahakan untuk tidur tepat waktu (Foto oleh Craig Adderley/ Pexels)

Menurut halodoc, tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh dan pikiran bisa beristirahat dan kamu bisa mengembalikan energi yang terbuang sebelumnya. Namun, masalahnya adalah seseorang yang mengalami stres atau kendala mental lainnya, sering kali mengalami kesulitan tidur. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip dari Medicalxpress, kamu bisa mencoba teknik sleep hygiene. Kegunaan teknik ini adalah untuk meningkatkan kualitas tidurmu dengan cara mengatur asupan kafein serta mengatur jadwal tidur dan bangun. Selain itu, cara agar kamu bisa cepat tidur adalah dengan mengurangi paparan sinar biru dari laptop atau hpmu. Jadi, sebelum kamu pergi tidur, usahakan untuk tidak membuka laptop dan hp ya! Supaya kualitas tidurmu bagus dan bangun dengan penuh energi.

4. Lakukan Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial membuatmu lebih bahagia dan kesehatan mental terjaga
Kegiatan sosial membuatmu lebih bahagia dan kesehatan mental terjaga (Foto oleh RODNAE Production/ Pexels)

Saat melihat orang lain tersenyum karena apa yang kamu lakukan, kamu pasti merasa senang dan bangga. Kenapa bisa begitu ya? Dilansir dari National Health Service, melakukan kegiatan sosial seperti volunteer atau berbagi dengan orang lain dapat mengurangi kecemasan, menyadarkanmu bahwa kamu adalah orang yang berharga, dan membantu untuk membangun hubungan dengan orang lain. Apakah harus selalu dengan kegiatan sukarela? Tentu tidak, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti mengatakan “terima kasih” pada orang yang menolongmu, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, serta menawarkan bantuan kepada orang lain.

Baca juga: Insecure: Perasaan Cemas yang Dialami Generasi Muda

5. Luangkan Waktu Menikmati Alam, Bagus untuk Kesehatan Mental

Menikmati alam sangat bagus untuk kesehatan mental
Menikmati alam sangat bagus untuk kesehatan mental (Foto oleh Susanne Jutzeler/ Pexels)

Setelah capek bekerja atau belajar seharian, biasanya apa yang kamu lakukan? Jika kamu belum ada ide, MinCheck sarankan untuk menyempatkan waktu menikmati alam. Dikutip dari klikdokter, kesegaran alam dan melihat tanaman atau hewan sekitar dapat membantumu menjadi lebih rileks dan menjaga kesehatan mental. Oleh karena itu, daripada menghabiskan uang di pusat perbelanjaan, lebih baik kamu pergi ke taman atau ke daerah pegunungan untuk melepas penat.

Itu dia lima gaya hidup yang baik untuk kesehatan mental. Mungkin akan memakan waktu yang lama untuk mengubah pola gaya hidupmu saat ini. Namun, ketika kamu berhasil menerapkan tips di atas, kamu akan rasakan perbedaan yang baik terhadap kesehatan mentalmu. Jadi, jangan menyerah ya!

Untuk memudahkanmu menerapkan gaya hidup sehat ini, MinCheck punya saran aplikasi yang kece abis! Penasaran apa itu? Ya, namanya adalah DoCheck! Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat to-do list keseharianmu dengan cepat dan praktis. Selain itu, DoCheck juga akan setia mengingatkanmu untuk menyelesaikan task yang kamu buat. Jadi, tidak ada lagi yang namanya lupa. Keren banget, ‘kan? Yuk, download DoCheck segera di Play Store dan App Store GRATIS!

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari Efek Media Sosial


Scroll to Top