Dalam berbisnis tentunya kamu memerlukan strategi yang jitu agar bisnis kamu berkembang. Langkah identifikasi usaha dilakukan untuk melihat peluang pasar yang ada seperti apakah bisnismu dapat diterima masyarakat atau sesuai dengan target pasarmu. Tentunya, setiap pebisnis mengidamkan agar bisnis yang dijalani bisa bertahan. Namun pertanyaannya, bagaimana cara identifikasi peluang bisnis yang tepat?
Identifikasi peluang usaha juga diperlukan untuk melihat potensi dari usaha yang sedang kamu kembangkan. Kamu bisa menilai apakah produk atau jasa yang kamu jalankan memiliki peluang yang besar serta mengidentifikasi kekurangan bisnismu agar bisa bersaing dengan kompetitor.
Identifikasi peluang bisnis adalah langkah yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu ingin memulai suatu bisnis. Apalagi kalau kamu adalah seorang creativepreneur, tentunya kamu perlu mengidentifikasi langkah ini dengan hati-hati.
Ngomongin soal peluang bisnis, pada 22 September 2022 DoCheck mengadakan Creativepreneur Zone Workshop bersama co-founder Kinobi yaitu Hafiz Kasman.
Hafiz Kasman, akrab dipanggil Hafiz, merupakan co-founder sekaligus COO dari Kinobi. Belum lama ini, Hafiz mendapatkan penghargaan sebagai Forbes 30 under 30 Asia 2022 dan EDGE 35 Under 35 Singapore 2021.
Hafiz sendiri terilhami untuk mendirikan Kinobi karena melihat banyak kampus di Indonesia yang belum punya pusat karier dan sistem manajemen karier mahasiswa. Belum sampai lima tahun berdiri, Kinobi berhasil menjadi perusahaan berbasis software-as-a-service (SaaS) terkemuka di Asia Tenggara.
Nah, DoCheckers sebelum lanjut membahas to-do list identifikasi peluang bisnis dari Hafiz Kasman, MinCheck akan sharing pengertian dari identifikasi peluang bisnis itu sendiri serta tujuannya. Yuk simak ulasan MinCheck di bawah ini dan pastikan kamu membaca artikelnya sampai selesai, ya!
Baca juga: Analisis Peluang Bisnis : Pengertian dan Cara Melakukannya
Pengertian Identifikasi Peluang Bisnis
Seperti yang sudah dijelaskan, identifikasi peluang bisnis adalah langkah krusial yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai seorang pebisnis. Kendati demikian, kamu perlu tahu pengertian dari identifikasi peluang bisnis.
Identifikasi peluang bisnis adalah pemetaan dan identifikasi peluang bisnis yang perlu kamu lakukan untuk lebih mengenal sasaran pasar.
Di tengah persaingan bisnis yang ketat, sebagai pelaku usaha kamu perlu menentukan trik jitu agar bisnismu tidak lenyap dan bisa bertahan. Selain itu, bisnis yang dibangun haruslah memberi dampak positif dan manfaat bagi target pasar. Sejatinya, target pasar atau konsumen akan membeli sesuatu yang mereka rasa bermanfaat.
Tujuan Identifikasi Peluang Bisnis
Mengapa perlu dilakukan identifikasi peluang bisnis? Langkah ini dilakukan bukan tanpa alasan. Salah satu identifikasi peluang bisnis dalam kewirausahaan untuk mengembangkan bisnis hingga bisa bertahan di masa depan.
Tujuan sebuah bisnis tak lain dan tak bukan adalah untuk mencari keuntungan. Yup, apabila sebuah usaha ingin berkembang dan meraup keuntungan, maka kamu harus tahu visi dan misi bisnis melalui identifikasi peluang yang ada.
Gak cuma fokus ke keuntungan, identifikasi peluang usaha juga dilakukan untuk menghindari hambatan yang mungkin akan terjadi di dalam sebuah bisnis. Sekalipun hambatan tersebut timbul, kamu bisa mengatasinya kalau kamu sudah well–prepared. Bahkan jika bisnismu terancam mengalami kegagalan, kamu sudah siap dengan plan B. Setidaknya, kamu sudah siap dengan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.
Tujuan dari identifikasi ini membantumu untuk mempersiapkan bisnismu dengan matang dan sebaik mungkin, maka kamu tidak boleh melewatkan step yang satu ini.
Baca juga: Wajib Tahu! Ini Lho 5 Persiapan Memulai Usaha untuk Pemula
Cara Mengidentifikasi Peluang Bisnis ala Hafiz Kasman
Hafiz Kasman mengelola bisnis yang ia punya dengan telaten maka gak heran kalau bisnis yang beliau kelola terus berkembang. Kamu bisa meniru to-do list dari Hafiz Kasman dan implementasikan pada bisnismu. Apakah kamu penasaran dengan to-do list dari Hafiz Kasman? Yuk simak di bawah ini!
1. Buat Daftar Ide Bisnis
Pertama, kamu bisa membuat daftar ide bisnis yang menurutmu memiliki peluang bisnis yang oke. Sebagai contoh, kamu bisa melihat hobi atau passion-mu lalu lihat apakah hobi atau passion tersebut bisa kamu kembangkan?
Kamu bisa membuat list ide bisnis tersebut sebanyak mungkin. Lalu, kamu pilih dan pilah yang menurutmu memiliki peluang yang besar. Kalau kamu memiliki rekan bisnis, diskusikan hal tersebut dengan rekan bisnismu supaya lebih clear.
2. Riset Target Pasar
Setelah kamu memiliki ide bisnis, kamu perlu melakukan riset target pasar. Pilihlah target pasar yang potensial untuk bisnismu. Target yang potensial adalah mereka yang nantinya akan mengonsumsi atau memakai produkmu dalam jangka panjang. Dalam artian, produk atau jasa yang kamu tawarkan dipakai dalam waktu yang lama. Target pasar akan melakukan transaksi berulang yang nantinya akan membantu bisnismu berkembang.
3. Analisa dan Validasi Hasil Riset
Cara mengidentifikasi peluang usaha selanjutnya adalah melakukan analisa dan validasi hasil riset. Tentunya, kamu harus tahu apakah analisa hasil risetmu tepat atau tidak. Oleh karena itu, kamu perlu meninjau ulang hasil riset tersebut. Dengan melakukan analisa dan validasi hasil riset, kamu bisa mengevaluasi hal-hal apa saja yang perlu kamu perbaiki di dalam bisnismu.
Sebagai seorang pebisnis, tentunya kamu ingin bisnis yang kamu jalankan terus bertahan. Oleh karena itu, kamu perlu menganalisa dan validasi hasil risetmu dengan baik.
4. Lakukan Budgeting
Jangan lupa lakukan budgeting dengan tepat agar kamu tahu estimasi budget yang perlu kamu keluarkan untuk setiap aktivasi dalam strategi pemasaran di dalam bisnismu. Melakukan budgeting adalah salah satu cara pencegahan untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu.
Kalau kamu tidak mengelola keuangan bisnis dengan baik, maka bisnismu bisa saja perlahan gulung tikar. Kamu juga perlu memisahkan uang modal dan keuntungan agar kamu tahu besaran keuntungan yang kamu dapatkan.
5. Identifikasi Strategi Marketing
Selanjutnya, identifikasi strategi marketing yang sesuai dengan bisnismu. Strategi marketing adalah rencana sebuah bisnis dalam menjangkau calon konsumen terutama yang potensial. Cara melakukan strategi pemasaran dengan melakukan market research, bisa juga dilakukan dengan riset kompetitor, atau melakukan uji coba strategi.
Strategi marketing dilakukan dalam jangka panjang dan sangat krusial sehingga gak boleh dilewatkan oleh pelaku bisnis.
6. Time Management yang Baik
Kunci dari keberhasilan suatu bisnis salah satunya adalah disiplin. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus mampu memanajemen waktu dengan baik sehingga target yang dituju tercapai. Manajemen waktu adalah hal yang gak kalah krusial. Terdapat berbagai cara untuk memanajemen waktu untuk bisnis seperti menentukan target atau tujuan, menentukan skala prioritas, menetapkan deadline, serta disiplin dan fokus.
Baca juga: Teori Pickle Jar: Manajemen Waktu dengan Stoples Acar
Adapun beberapa manfaat dari time management yang baik adalah membuat hidup menjadi lebih teratur, meningkatkan produktivitas kerja, serta membantu mencapai tujuan dan target bisnis. Selain itu, memanajemen waktu dengan baik dapat mengurangi stres.
Penutup
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan mengenai identifikasi peluang bisnis dan cara-cara yang bisa kamu terapkan? MinCheck berharap semoga kamu dapat mengembangkan bisnis yang kamu punya supaya lebih maju dan bermanfaat bagi orang lain. Kamu pun jangan melupakan tujuan utama dari bisnis adalah bermanfaat bagi orang lain.
Oleh karena itu, yuk aplikasikan to-do list dari Hafiz Kasman supaya bisnismu semakin meroket. Jangan sampai kamu membuat bisnis tidak terarah yang ujung-ujungnya bikin usaha kamu gulung tikar. Kamu bisa copy goals dari Hafiz Kasman di aplikasi DoCheck. Selain copy goals, kamu pun bisa share goals tersebut kepada teman-temanmu sehingga bisa produktif bareng.
Aplikasi social to-do list ini juga dilengkapi berbagai rekomendasi goals dari KOL yang super inspiratif seperti Hafiz Kasman. Yuk produktif bersama DoCheck dan download aplikasinya di Play Store atau App Store secara gratis!