5 Marketplace di Indonesia yang Cocok untuk Mulai Jualan!


Dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha tentu memerlukan pasar untuk mendistribusikan produk. Namun, pengertian pasar atau marketplace yang dulu dan sekarang tentu sudah berbeda. Dahulu mungkin kamu mengenal pasar sebagai tempat yang ada di dunia nyata untuk berjualan berbagai produk, seperti sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sekarang istilah marketplace lebih erat kaitannya dengan bisnis jualan online. Bahkan, marketplace di Indonesia pun sudah banyak tersedia.

Hal ini juga merupakan buntut dari banyaknya bisnis yang dilakukan secara online oleh para pengusaha. Alhasil, banyak tercipta berbagai marketplace di Indonesia yang berlomba-lomba untuk menjadi situs marketplace terbaik dengan berbagai fitur dan keunggulannya. Banyaknya platform jualan online yang tersedia justru menguntungkan para pengusaha dan creativepreneur yang merintis bisnis.

Biasanya para pengusaha memanfaatkan penggunaan marketplace di Indonesia karena fungsinya yang praktis. Bagaimana tidak? Kamu cukup mengoperasikannya saja dari rumah tanpa dipungut biaya tambahan alias gratis. Berbeda dengan konsep berjualan di zaman dahulu yang perlu berkeliling ataupun menyewa tempat terlebih dahulu. Selain itu, banyak online marketplace Indonesia yang sudah memiliki nama besar, sehingga cukup mudah untuk mendatangkan pelanggan. Sederhananya, kamu berjualan sekaligus memanfaatkan platform marketplace untuk melakukan promosi.

Baca Juga: 5+ Contoh Media Promosi Online untuk Kembangkan Bisnismu

Keunggulan Berjualan di Online Marketplace Indonesia

Kamu sebagai orang awam mungkin memiliki beberapa pertanyaan soal mengapa banyak pengusaha yang berjualan produk secara daring kerap memanfaatkan marketplace. Memangnya apa sih, keunggulan dari berjualan di toko online Indonesia? Memangnya bisa menguntungkan, ya? Yuk, simak penjelasannya!

  1. Menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya;
  2. Kemudahan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan ketimbang membesarkan situs berjualan sendiri;
  3. Pelanggan cenderung lebih percaya dengan para penjual di marketplace terbesar di Indonesia;
  4. Marketplace Indonesia terbaik biasanya menyediakan layanan pelanggan yang baik pula.

Daftar Marketplace Indonesia Terbaik untuk Berjualan

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui berbagai keunggulan yang bisa didapatkan dari berjualan di toko online Indonesia, nih. Gimana? Sudah mulai tertarik berjualan di platform jualan online belum? Kelihatannya cukup menarik juga ya berjualan di sana. Namun, sayangnya ada satu kendala lagi, nih. Soalnya, marketplace di Indonesia 2022 kan sudah banyak banget, ya. Kemungkinan kamu akan bingung untuk memilih manakah marketplace Indonesia terbaik untuk kamu berjualan. Hmm, kira-kira yang mana, ya? Toko ijo apa toko oren, nih?

Bingung, kan? Daripada kamu bingung, mending langsung baca aja penjelasan tentang masing-masing marketplace Indonesia terbaik dari MinCheck ini. Yuk!

Baca Juga: Cara Jualan Di TikTok Shop yang Bikin Laris Manis

1. Shopee sebagai Marketplace Terbesar di Indonesia

Shopee merupakan salah satu marketplace Indonesia terbesar.
Shopee merupakan salah satu marketplace Indonesia terbesar. (Sumber gambar: Wikipedia)

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini? Marketplace asal Singapura yang identik dengan warna oranye ini memang banyak banget penggunanya di Indonesia. Bahkan, Shopee bisa dibilang sebagai tempat jualan online paling laris di Indonesia. Soalnya, marketplace yang satu ini paling banyak dikunjungi per bulan Agustus 2022.

Dilansir dari laman Kata Data, jumlah pengunjung Shopee Indonesia mencapai 190,7 juta. Angka itu melebihi situs e-commerce terbaik di Indonesia lainnya, yakni Tokopedia yang bertengger di posisi kedua.

Shopee dengan nama besarnya pun kerap jorjoran untuk mempromosikan layanan mereka sebagai marketplace terbesar di Indonesia. Lihat saja, iklan Shopee kerap sekali muncul ketika kamu menonton televisi, menonton video YouTube, bahkan ketika kamu sedang asyik scroll timeline sosmed. Ini merupakan pertanda kalau Shopee begitu memperhatikan branding dan marketing mereka untuk mempersuasi masyarakat agar memakai layanannya.

Baca Juga: Biar Gak Salah, Ketahui Perbedaan Branding dan Marketing

Akan tetapi, apalah arti komersial gila-gilaan jika tidak dibarengi dengan fitur dan layanan yang mumpuni, bukan? Beruntungnya, Shopee termasuk marketplace terbaik di Indonesia yang turut memerhatikan hal tersebut demi kenyamanan para penggunanya. Kira-kira apa aja, ya, keunggulan berjualan di Shopee? Yuk, simak yang berikut ini!

  1. Fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Contohnya adalah fitur chat, fitur tawar harga, fitur Shopee Live, dan lain-lain.
  2. Kemudahan untuk promosi karena ada fitur Shopee Live.
  3. Tersedia berbagai metode pembayaran yang memudahkan seller maupun buyer dalam bertransaksi.
  4. Terdapat banyak promo yang bisa menarik pelanggan.
  5. Kamu bisa menjadi reseller ataupun dropshipper.

Wah, menarik banget ya fitur-fitur yang ada di Shopee. Salah satu keunggulan yang cukup disorot adalah terbukanya kesempatan bagi kamu untuk menjadi reseller ataupun dropshipper. Terutama buat kamu para pelajar dan mahasiswa yang lagi cari ide bisnis.

Baca Juga: 5 Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Tipsnya

2. Tokopedia

Tokopedia termasuk salah satu e-commerce terbaik di Indonesia.
Tokopedia termasuk salah satu e-commerce terbaik di Indonesia. (Sumber gambar: Tokopedia)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Tokopedia merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang terbesar. Tempat jualan online yang lebih sering disebut Tokped atau toko ijo ini sudah pasti wajib banget masuk daftar situs situs e-commerce terbaik di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi highlight dari Tokopedia adalah dari segi aplikasinya dan website-nya. Bahkan, banyak orang yang bilang kalau Tokopedia sukses mengungguli rivalnya dalam hal tersebut. Misalnya saja dalam hal kecepatan respons dan loading, serta minimnya bug pada aplikasi maupun website.

Lalu, apa keunggulan yang bisa didapatkan dari berjualan di platform Tokopedia? Sebenarnya, fitur yang disediakan pun tak jauh berbeda dari pesaingnya, kok. Kamu bisa merasakan kemudahan penggunaan, berbagai metode pembayaran untuk memudahkan transaksi, serta berbagai pilihan pengantaran barang. Namun, Tokopedia juga menyediakan fitur broadcast dan statistik toko.

Salah satu fitur Tokopedia yang bakal berguna bagi seller adalah adanya kebebasan untuk mendekor tampilan lapak online kamu. Selain itu, Tokopedia juga mengelompokkan produk jualanmu berdasarkan kategorinya. Fitur ini sekilas memang tampak biasa saja, tapi ternyata bisa membantu pelanggan untuk menemukan produk jualanmu, lho. Kemudian, kamu juga akan ‘naik tingkat’ dan mendapatkan badge seiring dengan banyaknya penjualanmu. Hal ini nantinya akan membuat toko kamu lebih dipercarya konsumen.

3. Lazada

Lazada bisa dikatakan sebagai salah satu situs e-commerce terbaik di Indonesia. Serupa dengan dua nama sebelumnya, Lazada pun menyediakan banyak keunggulan khas marketplace di Indonesia. Keunggulan-keunggulan tersebut tentunya meliputi berbagai promo produk dan promo ongkir, potensi pasar yang luas, dan metode pembayaran yang beragam. Namun, Lazada juga memiliki fitur yang cukup rewarding bagi para penjual. Dilansir dari laman Ginee, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti subsidi harga dan potensi untuk terlibat dalam kampanye promosi.

4. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu e-commerce terbaik di Indonesia, sekaligus salah satu yang paling tua. Memang benar ya DoCheckers, kematangan dengan usia itu berbanding lurus dan saling beriringan. Melalui situs resimnya, Bukalapak mengklaim kalau kamu mendapat prioritas di mesin pencarian. Selain itu, Bukalapak juga mengusung semangat untuk mengedukasi para pengusaha secara online.

Baca Juga: Wajib Punya! 6 Skills Penting Untuk Menjadi Pengusaha

5. Blibli

Blibli juga termasuk nama besar dalam daftar e-commerce Indonesia. Jika kamu ingin berjualan di Blibli, ada juga fitur yang menguntungkan kamu, lho. Namanya adalah fitur Bliklan. Bisa dibilang, fitur ini cukup unik, sih. Menurut laman Seller Center Blibli, fitur ini dapat membantu kamu untuk meminta Blibli agar bisa mempromosikan produk jualanmu.

Iklan ini nantinya akan muncul di website maupun aplikasi Blibli, lho. Misalnya di halaman hasil pencarian dan detail produk, serta pada halaman setelah customer selesai melakukan transaksi. Waduh, fitur ini bisa bikin pembeli jadi kecanduan belanja online, nih. Namun, fitur ini menarik banget, kan? Dengan adanya Bliklan ini, tentunya ada beberapa keunggulan lain yang bisa kamu rasakan, yakni pemasaran yang praktis, biaya iklan yang dapat ditentukan, dan iklan yang dibuat akan lebih tepat sasaran.

Cara Mulai Jualan di Berbagai Toko Online Indonesia

Cara mulai berjualan di marketplace online.
Cara mulai berjualan di marketplace online. (Gambar RODNAE Productions via Pexels)

Setiap marketplace yang sudah MinCheck sebutkan tadi tentu mempunyai prosedur yang berbeda-beda untuk kamu bisa berdagang di sana. Akan tetapi, garis besarnya sama saja, kok. Jadi, MinCheck akan coba bagikan ke kamu bagaimana caranya untuk mendaftar jadi seorang penjual di berbagai online marketplace Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

  1. Siapkan data diri dan tanda pengenal;
  2. Siapkan nomor telepon aktif dan e-mail;
  3. Usahakan kamu mempunyai rekening khusus untuk memisahkan uang modal dan keuntungan;
  4. Usahakan sudah punya berbagai informasi dan hal yang diperlukan untuk memulai bisnsi, seperti nama toko, logo, dan lain-lain;
  5. Pastikan kamu sudah melakukan berbagai persiapan untuk memulai bisnis, seperti meriset pasar dan kompetitor, serta memperluas networking.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Lho 5 Persiapan Memulai Usaha untuk Pemula

Sudah tahu belum, mana online marketplace Indonesia yang mau kamu pakai untuk jualan produk? Setelah selesai mendaftar untuk jualan di salah satu platform tersebut, kamu perlu menjalankan strategi branding dan marketing agar para pembeli berdatangan. Namun, strategi jualan biasanya cukup kompleks dan perlu pencatatan biar kamu bisa memantau progress-nya.

Pas banget, nih, soalnya MinCheck mau kenalin ke kamu aplikasi yang namanya DoCheck. Jadi, DoCheck adalah social to-do list app yang memungkinkan kamu untuk terus produktif setiap harinya. Cocok banget nih buat kamu yang mau coba buka bisnis online. Kamu bisa mencatat hal-hal yang perlu disiapkan untuk berjualan di berbagai marketplace, menyusun strategi jualan, sampai aktivitas harian di aplikasi ini sembari terus memantau progress-nya, lho. Kamu jadi nggak buang-buang waktu lagi, deh. Yuk, download DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top