efek begadang bagi wanita apa saja

5 Efek Begadang bagi Wanita, Waduh Apa Saja Tuh?


Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. DoCheckers, apakah kamu familier dengan kalimat tersebut? Hayooo ngaku, apakah kamu termasuk salah satu orang yang sering begadang? Kalau iya, MinCheck sarankan untuk stop kebiasaan ini dari sekarang. Pasalnya, efek begadang bagi wanita nggak main-main.

Kurang tidur bisa bikin kamu susah fokus. Bayangkan deh, setelah beraktivitas seharian, kamu perlu yang namanya istirahat. Nah lho, kalau kamu nggak cukup istirahat, badanmu bisa kelelahan. Gak cuma badan yang akan terasa remuk, begadang mendatangkan berbagai penyakit.

Ini Lho Efek Begadang bagi Wanita

efek begadang bagi wanita, apa saja sih?
Efek begadang bagi wanita, apa saja sih? (Foto jcomp via Freepik)

MinCheck yakin setiap orang pasti sepakat kalau terlalu sering begadang tidak baik bagi kesehatan. Efek buruk begadang bisa berlaku bagi pria dan wanita, namun kali ini MinCheck ingin berbagi info bahaya begadang khususnya bagi wanita. Yuk simak ulasan MinCheck berikut ini dan make sure baca artikelnya sampai selesai, ya!

1. Keseringan Begadang dapat Menaikkan Berat Badan

Hayo ngaku, siapa yang sedang berusaha untuk diet atau menurunkan berat badan? Kalau kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, kamu perlu tidur yang cukup dan menghindari yang namanya begadang.

Kamu tahu gak sih kalau begadang dapat menaikkan berat badan? Pasalnya, tidur terlalu malam dapat meningkatkan nafsu makan. Akibatnya, terlalu sering begadang dapat menaikkan berat badan. Apabila terus dibiarkan, begadang dapat menyebabkan obesitas atau berat badan yang berlebih.

Mengapa begadang dapat menyebabkan obesitas? Menurut laman Klik Dokter, kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin yang dapat meningkatkan rasa lapar. Itulah sebabnya, begadang bisa bikin kamu lapar terus.

2. Efek Begadang bagi Kulit

Ingin kulit sehat dan kencang? Nah, coba deh hindari yang namanya begadang. Kamu tahu gak sih kalau terlalu sering begadang dapat membuat kulit jerawatan? Duh, pasti hal ini jadi mimpi buruk semua wanita, ya?

Kulit merupakan bagian tubuh yang memang sepatutnya kamu jaga. Itulah tanda kalau kamu sayang pada dirimu sendiri. Oleh karena itu, kalau tidak ada hal urgent yang perlu dilakukan, lebih baik beristirahat yang cukup.

MinCheck tahu sih sayang banget untuk melewatkan satu episode drama korea, tapi kalau sudah terlalu malam.. pikir-pikir lagi ya, DoCheckers! Kamu nggak mau kan kalau kulit kamu jadi tampak tidak sehat bahkan berjerawat?

Masih ada hari esok untuk melakukan hal yang kamu suka. Kamu bisa memulainya di kemudian hari agar lebih produktif. Yuk, saatnya ubah kebiasaan buruk jadi kebiasaan yang lebih baik!

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Hati-hati, Kantung Matamu Menghitam!

Mata menghitam menunjukkan salah satu indikasi bahaya begadang.
Mata menghitam salah satu efek begadang. (Foto mari_draiser via Freepik)

Mata panda juga menjadi masalah yang kerap dihadapi oleh wanita, kadang kantung mata yang menghitam bikin gak pede. Tentunya, kantung mata yang menghitam mampu berpengaruh pada penampilan. Apalagi, kalau misalnya kamu akan melakukan interview esok hari. Waduh, bisa-bisa kamu menjadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, demi kebaikanmu lebih baik hindari begadang. Kalau kamu ingin terlihat fresh, terapkan pola tidur yang baik dan jangan lupa makan makanan yang bergizi, ya!

Baca juga: Ingin Hidup Sehat? Yuk, Terapkan 6 Tips Mudah Berikut Ini!

4. Efek Begadang Salah Satunya Menurunkan Kinerja Otak

Kinerja otak menjadi menurun kalau kamu sering begadang. Akibatnya, konsentrasi pun ikut menurun. Pernah gak sih kamu menjadi susah fokus karena malamnya kamu kurang tidur? Nah, itulah salah satu efek buruk yang disebabkan oleh terlalu sering begadang.

Lalu, kamu pun menjadi gagal produktif. Misalnya nih, kamu sudah membuat plan tertentu namun karena kamu tidak memiliki cukup energi, akhirnya plan tersebut gagal terwujud. Jangan sampai begadang malah menghambat kamu menggapai goals-mu dalam hidup.

5. Mudah Merasa Cemas

Efek buruk lain yang disebabkan karena terlalu sering begadang adalah menimbulkan perasaan cemas. Semakin larut kamu tidur, semakin banyak kesempatan untuk overthinking gak sih? Nah, demi menjaga kesehatan mentalmu ada baiknya untuk mengurangi begadang. Kamu bisa mulai tidur lebih awal sehingga bangun lebih fresh.

Baca juga: Anxiety Disorders: Kenali Macam dan Gejalanya

Cara Mengatasi Begadang

Cara mengatasi begadang dan menghindari efek begadang.
Cara untuk menghindari efek begadang. (Foto alexgrash via Freepik)

Setelah mengetahui efek begadang, MinCheck akan berbagi cara mengatasi begadang. Bagaimana ya kira-kira caranya? Simak berikut ini!

Matikan Gadget

Salah satu alasan mengapa kamu begadang karena kamu terlalu sibuk mantengin sosial media. Oleh karena itu, cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mematikan gadget. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar tangan kamu tidak gatal memegang gadget. Cobalah membatasi diri bermain gadget dan beristirahatlah dengan cukup. Memang sih, tren sosial media itu cepat sekali berubah, MinCheck kurang lebih paham kalau kamu takut ketinggalan info atau FOMO. Namun ingat kembali kalau gadget dan sosial media juga berpengaruh pada kesehatan mentalmu.

Buat Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Buatlah tempat tidur senyaman mungkin agar kamu tertidur pulas. Dilansir dari Halodoc, kamu bisa mematikan lampu tidur atau memasang lampu tidur. Pokoknya, buatlah suasana kamarmu senyaman mungkin sehingga kamu lebih rileks.

Membaca Buku atau Mendengarkan Musik

Kalau kamu merasa susah tidur, kamu bisa membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan. Siapa tahu kan kamu jadi cepat tertidur pulas. Kamu bisa mendengarkan musik klasik, akustik, atau musik yang diperuntukkan untuk meditasi. Nah, kalau kamu kurang suka mendengarkan musik, kamu bisa membaca buku.

Minum Air Secukupnya

Sebelum tidur, kamu bisa meminum air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, minum air putih sebelum tidur memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Meminum air putih sebelum tidur dapat membantu membersihkan tubuh, menurunkan berat badan, dan mencegah sakit kepala.

Gimana? Masih mau bandel untuk begadang? Seperti yang MinCheck tekankan, jangan pernah begadang kalau tidak ada hal urgent. Kesehatanmu adalah hal yang paling penting, DoCheckers.

Menurut MinCheck sih, daripada kamu menyia-nyiakan waktu istirahatmu, lebih baik kamu tidur tepat waktu dan meningkatkan produktivitas esok hari. Ngomongin soal produktivitas, MinCheck punya rekomendasi aplikasi yang oke banget untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan diri. Aplikasi tersebut adalah DoCheck. Usut punya usut, DoCheck adalah first social to-do list di Indonesia lho!

Kamu bisa membuat goals di aplikasi DoCheck dan merinci list tasks dari goals tersebut. Selain itu, kamu bisa melihat progress dari setiap goals yang kamu buat. Mantap banget, ya? Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis. Jangan lupa, ajak teman-teman kamu juga ya untuk produktif bareng-bareng.


Scroll to Top