tips memilih partner bisnis

5+ Tips Ampuh Memilih Partner Bisnis Biar Gak Kegocek


Memilih partner tidaklah mudah, termasuk dalam memilih partner bisnis. Kalau kamu salah langkah, bisa saja kamu mengalami kegagalan dan bisnismu menjadi taruhannya. Terdapat beberapa aspek penting yang kamu perlu perhatikan sebelum memilih partner untuk berbisnis. Perlu kamu ketahui kalau partnermu dalam berbisnis memiliki pengaruh yang besar dalam kesuksesan bisnismu.

Kamu perlu match dengan partner bisnismu, DoCheckers! Pasti kamu sering menjumpai kasus-kasus bisnis yang gulung tikar karena ketidakmampuan memanajemen atau cekcok dengan rekan bisnis.

Lalu, apa saja sih kriteria dalam memilih partner bisnis? Yuk simak ulasan dari MinCheck berikut ini!

Tips Ampuh Memilih Partner Bisnis

Ini lho tips memilih partner bisnis!
Ini lho tips memilih partner bisnis! (Foto via Freepik)

Kali ini MinCheck akan berbagi tips cara mencari partner bisnis yang tepat biar kamu gak gampang kegocek. Kira-kira gimana ya tipsnya?

1. Punya Visi dan Misi yang Sama

Pertama, kamu perlu memastikan kalau kamu dan partner bisnis memiliki visi dan misi yang sama. Mengapa penting memilih partner bisnis dengan visi dan misi yang sama? Kalau prinsip di awal sudah berbeda, maka peluang untuk berselisih akan besar. Ketika visi dan misi yang dituju sudah sama, semakin mudah untuk mencapai tujuan yang sama.

Visi adalah gambaran apabila tujuan dari bisnis berhasil. Sementara itu, misi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai visi tersebut. Ada baiknya, kamu berkomunikasi dengan partner bisnis mengenai visi dan misi ini sehingga lebih mudah untuk merealisasikan. Bahkan gak ada salahnya lho untuk mengomunikasikan hal-hal yang tidak diinginkan kalau visi dan misi yang dituju gagal.

2. Partner Bisnis Harus Bisa Dipercaya

Saling percaya dengan partner bisnis adalah hal yang tidak kalah penting di dalam berbisnis. Jangan sampai kamu memiliki trust issue pada partner bisnismu. Tidak gampang percaya tetap waspada tidaklah masalah, namun jangan sampai ketidakpercayaan kamu malah membuat bisnismu mandek.

Pilih partner bisnis yang bisa kamu percaya. Kamu pun tidak perlu terburu-buru dalam memilih partner bisnis. Pasalnya, memilih partner bisnis dan berteman adalah dua hal yang sangat berbeda. Memilih partner yang berkaitan dengan uang memang sedikit rumit, DoCheckers. Oleh karena itu, pilih dan pilahlah sebelum memutuskan.

3. Memahami Bisnis yang Akan Dijalankan

Partner bisnis bukanlah gudang uang yang mengocorkan aliran dana, melainkan orang yang pertama kali kamu hubungi ketika terjadi sesuatu menyangkut bisnis. Partner bisnis yang perlu kamu pilih haruslah memahami bisnis yang akan dijalankan. Kalau kamu dan partner memiliki knowledge atau wawasan yang mumpuni mengenai bisnis yang sedang dijalankan, kamu bisa mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar lagi!

4. Punya Kredibilitas yang Baik

Dilansir dari Studi Ilmu, kredibilitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan rasa kepercayaan dari orang lain. Dengan kata lain, seseorang yang punya kredibilitas yang baik adalah orang yang dapat dipercaya. Jangan lupa, kredibilitas partner merupakan salah satu penentu bisnismu akan sukses atau diam di tempat.

MinCheck gak bisa bayangin kalau seandainya kamu sudah mengumpulkan modal dengan susah payah tetapi bisnismu gagal karena modal tersebut dibawa kabur. Hiii.. ngeri ya, DoCheckers? Untuk itu, yuk semakin selektif dalam memilih partner bisnis.

5. Tahu Sifat dan Sikap Partner Bisnis

Kamu juga perlu tahu sifat dan sikap partner bisnis. Kira-kira apa yang partner bisnis kamu lakukan seandainya bisnis yang dijalankan sukses? Sebaliknya, apa yang akan dilakukan oleh partner bisnis kamu seandainya bisnismu gagal? Kamu harus memahami karakteristik partner bisnismu. Apakah partner bisnis kamu adalah orang yang bertanggung jawab? Apakah ia bisa diandalkan? Cukup rumit seperti memilih pasangan ya, DoCheckers? Namun MinCheck sarankan kalau hal seperti ini memang perlu dipertimbangkan.

6. Memilih Partner Bisnis Berpengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Yup, memilih partner dalam berbisnis yang memiliki pengalaman dapat membuka jalan menuju kesuksesan, lho! Kamu bisa belajar banyak dari mitra bisnismu. MinCheck yakin kalau berbisnis pun merupakan cara untuk saling belajar. Partner bisnis yang berpengalaman dapat memberimu beragam wejangan saat kamu menghadapi kesulitan. Kamu pun bisa sharing berdasarkan pengalaman yang sudah dialami oleh partner bisnismu.

7. Melek Finansial

Cobalah memilih partner bisnis yang melek finansial
Cobalah memilih partner bisnis yang melek finansial (Foto via Freepik)

Punya partner bisnis yang melek finansial pastilah sangat menyenangkan. Tak sekadar mengurus bisnis, kamu pun bisa belajar cara mengatur keuangan agar tetap stabil. Selain itu, kamu pun jadi tahu cara memaksimalkan keuangan atau modal agar bisa meraup keuntungan.

Manfaat Memiliki Partner Bisnis

Seperti namanya, partner memiliki arti orang yang dapat mendampingi. Dengan kata lain, partner bisnis dapat menjadi rekan yang mendampingi kamu dalam berbisnis agar bisnismu semakin cuan. Di samping itu, apa saja ya manfaat memiliki partner bisnis?

Meningkatkan Produktivitas

Mengerjakan sesuatu bersama-sama dapat meningkatkan produktivitas. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kamu memiliki rekan yang dapat memacu kamu untuk mencapai goals yang sama. Dengan begitu, gak ada lagi waktu untuk mager atau membuang tenaga untuk hal yang sia-sia.

Baca Juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Partner Berkomunikasi dan Konsultasi

Saat menghadapi problem, kamu pasti memerlukan seseorang yang bisa diajak diskusi namun dengan catatan ia berada di “sepatu” yang sama denganmu. Nah, salah satu alasan penting mengapa kamu harus memiliki partner bisnis agar kamu bisa berkomunikasi dan konsultasi mengenai bisnis.

Baca juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

Melatih Kerja Sama

Sebelum bisnis kamu berkembang lebih besar, ada baiknya kamu memiliki soft skill seperti kerja sama. Nah, dengan memiliki partner bisnis, kamu bisa melatih kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Apalagi kalau kamu memiliki cita-cita menjadi seorang creativepreneur, kamu harus memiliki karakteristik seorang creativepreneur.

Baca juga: 7 Karakteristik Creativepreneur yang Wajib Dimiliki

Membuat Kamu Lebih Bertanggung Jawab

Kadang ya, kamu jadi lepas tanggung jawab karena hal yang kamu lakukan hanya untuk dirimu sendiri. Memiliki partner bisnis secara gak langsung melatih kamu untuk lebih bertanggung jawab, lho! Kamu juga menjadi lebih disiplin dan belajar mengesampingkan egomu.

Nah, gimana DoCheckers? Sekarang kamu sudah tahu kan cara memilih partner usaha yang tepat untuk bisnismu? Saran MinCheck sih, jangan terburu-buru mengambil keputusan dalam mencari partner usaha. Kamu perlu memikirkannya matang-matang agar goals-mu cepat terwujud.

Oh iya, untuk mempermudah kamu mencapai goals dalam bisnis, tips yang MinCheck bagikan di atas tersedia di aplikasi DoCheck, lho! Kamu cukup copy goals-nya dan implementasikan. Mudah banget, ya? Yuk segera download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis! Yuk sukses dan produktif bareng DoCheck.


Scroll to Top