Manfaat media sosial untuk pelajar dan mahasiswa

Manfaat Media Sosial untuk Pelajar dan Mahasiswa


Perkembangan dunia digital yang pesat mungkin membuatmu kesulitan untuk benar-benar terlepas dari media sosial seperti Instagram, Google, Twitter, Tik Tok, dan lain-lainnya. Tenang DoCheckers, kamu tidak sendiri! Kamu mungkin pernah merasa kesulitan dengan segala hal yang ada di media sosial. Di sini MinCheck akan jelaskan apa saja manfaat media sosial yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari Efek Media Sosial

Pengertian dan Jenis Media Sosial

Merangkum dari laman senikomunikasi, media sosial ialah media daring berupa situs web atau aplikasi yang bisa mewadahi interaksi sosial secara virtual. Banyaknya media sosial yang ada pada saat ini bisa dibagi ke dalam beberapa jenis. Misalnya seperti yang disebutkan oleh Glints, jenis media sosial antara lalin: social networking, media sharing, forum diskusi seperti komunitas DoCheck di Discord, Live Stream, dan juga review network.

Pelajar kebanyakan memakai sosial media untuk komunikasi ke teman, keluarga, atau guru. Selebihnya ada yang memakai sosial media untuk memahami materi kuliah atau sekolah lebih dalam. Hasil riset juga menunjukkan kalau penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap performa akademik siswa. Namun, kamu mungkin merasa menggunakan media sosial hanya menyia-nyiakan waktu karena belum menyadari manfaat-manfaat ini.

Sebagai pengguna media sosial, kamu pasti enggak mau rugi. Serunya, semua media sosial yang kamu pakai ternyata bisa membawa manfaat, lho! Simak penjelasannya sampai selesai, ya.

1. Belajar Sesuai Minat dan Networking Luas

Beranda media sosial punya kamu pasti tidak serupa dengan akun temanmu. Hal ini sangat dipengaruhi oleh konten atau karya yang kamu minati setiap harinya. Apabila kamu menyukai konten memasak, mungkin kamu bisa sekaligus belajar memasak menggunakan media sosial yang kamu miliki. Selain itu, tidak hanya belajar sendiri, kamu mungkin bisa belajar memasak bersama orang-orang yang juga memiliki hobi yang sama. Kalaupun kamu hanya suka bermain media sosial, kamu masih bisa menjadi seorang social media specialist.

Kamu juga bisa menekuni hobi bermain sosial media.
Kamu juga bisa menekuni hobi bermain sosial media. Foto oleh cottonbro via Pexels.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Produktifnya Social Media Specialist

Belajar sesuai dengan apa yang kamu sukai pasti akan menyenangkan. Tidak terdapat paksaan dalam menjalaninya dan kamu tertarik begitu saja. Apabila kamu memiliki banyak minat karena media sosial menunjukkan banyak hal, kamu bisa mulai mencobanya satu persatu. Misalnya, kamu melihat seseorang menggambar dan merasa tertarik untuk melakukan hal serupa, cobalah dan rasakan apakah kamu benar-benar menyukainya atau tidak.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan sopan dan baik ketika mengomentari atau berkenalan dengan teman online. Kamu pasti tidak ingin membuat media sosial menjadi tempat yang dipenuhi kebencian atau hal-hal negatif. Belajarlah untuk bijak dalam memilih konten. Tidak semua yang lewat di layarmu harus kamu ‘makan’. Beberapa di antaranya mungkin ada yang tidak sesuai denganmu, kamu bisa melewatinya saja atau bahkan melaporkannya apabila sangat mengganggu. Jadikan media daring ini tempat belajar yang menyenangkan!

2. Menjadi Lebih Kreatif

Manfaat media sosial berikutnya ialah membuatmu menjadi lebih kreatif. Bagi kamu yang suka membuat karya dan mengunggahnya di media sosial, kamu mungkin akan merasakan banjir ide yang tidak ada habisnya. Ini karena, setelah kamu mengunggahnya, mungkin orang lain akan memberikan sudut panda mereka tentang karyamu atau memberikanmu saran ide apabila kamu memintanya.

Melihat karya orang lain yang lebih bagus mungkin bisa membuatmu merasa inferior. Namun, kamu bisa merubah mindset dan menjadikan karya orang lain sebagai referensi. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan media sosial. Sekarang tidak sedikit teman yang memilih bermain bersama-sama secara online dengan ide kreatif mereka. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan performa akun media sosialmu dengan cara-cara kreatif atau bahkan menggunakannya sebagai portofolio. Hal ini pasti akan bermanfaat saat kamu memulai usaha di masa dewasa nanti.

Baca juga: 5 Mindset Digital Marketer Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Media Sosial Sebagai Tempat Berbisnis

Saat ini banyak bisnis yang tumbuh besar dengan bantuan media sosial. Kamu tidak harus menggunakan produk jadi untuk membuat bisnis, bisa menggunakan produk digital. Misalnya seperti menjadi afiliator, menjual jasa edit tulisan, jasa desain baju, jasa desain powerpoint, dan lain sebagainya. Alat yang biasanya hanya kamu pakai untuk menghabiskan waktu bisa diubah menjadi alat yang membantumu menghasilkan uang.

Mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis bisa membantumu meningkatkan performa bisnis kamu. Misalnya, kalau kamu menggunakan Instagram, platform ini akan mengarahkanmu pada fitur-fitur yang sangat membantu perkembangan bisnis kamu nantinya. Menjadi kreatif dan peka adalah kemampuan yang perlu kamu miliki untuk memulai bisnis di dunia digital.

Maksimalkan media sosial yang kamu punya dengan menjadi kreator konten
Maksimalkan media sosial yang kamu punya dengan menjadi kreator konten. Foto oleh George Milton via Pexles

Media sosial mungkin juga akan membesarkan namamu sebagai content creator. Tidak perlu malu apabila yang kamu buat adalah hal-hal yang bermanfaat untuk banyak orang atau bahkan membantu orang lain untuk bahagia. Banyak orang yang sudah menjadi content creator, bukan berarti ladang untuk kamu menjadi creator semakin sempit. Ini dia kesempatan kamu untuk berkolaborasi dengan lebih banyak lagi orang-orang hebat di luar sana.

Baca juga: Ingin Jadi Gaming Content Creator? Cek Tips dan Trik Ini!

4. Memudahkan Kolaborasi

Mudahnya komunikasi di media sosial, pasti juga akan memudahkanmu saat bekerja sama dengan orang lain meski belum bertemu secara langsung. Tidak hanya mengobrol, kamu akan bisa menciptakan karya yang luar biasa dengan kolaborasi secara online!

Tidak terbatas hanya pada berkarya, saat melakukan tugas bersama kamu juga bisa menggunakan media sosial, lho! Misalnya aplikasi DoCheck. Ini bisa jadi media yang membantumu menyelesaikan to-do list bersama teman. Mengerjakan sesuatu jadi lebih terorganisir dan progresnya bisa dipantau bersama-sama tanpa harus bertemu secara tatap muka.

Berkolaborasi secara online bisa dilakukan lebih menenangkan.
Berkolaborasi secara online bisa dilakukan lebih menenangkan. Foto oleh Anna Shvets via Pexels.

Kalau digabungkan dengan poin-poin sebelumnya, media sosial bisa menjadi wadah yang sangat tepat untuk kamu belajar. Belajar segala hal sesuai minat tanpa batasan, menjadi lebih kreatif tanpa paksaan, menjadi pebisnis muda dengan koneksi yang luas, dan membuatmu berkesempatan untuk berkolaborasi dengan lebih menyenangkan. Tidak berhenti di situ, media sosial juga memiliki manfaat lain untuk kamu sebagai pelajar.

5. Media Sosial Sebagai Alat Bantu Riset

Siapa yang sedang dalam penelitian? Kamu bisa, lho, menggunakan media sosial untuk riset. Kamu bisa menggunakan Pinterest untuk lebih banyak referensi global, menggunakan Twitter untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat tentang suatu topik, atau menggunakan Facebook Page untuk menemukan komunitas-komunitas yang bisa menjadi bahan penelitianmu.

Namun, kamu harus ingat kalau opini orang lain bukanlah fakta akurat yang bisa kamu jadikan acuan. Atau kamu juga harus meminta izin apabila ingin melakukan penelitian terhadap suatu kelompok tertentu yang ada di media sosial. Hal ini penting untuk menghindari penyalahgunaan data atau kamu akan dianggap membahayakan oleh media sosial itu sendiri.

Baca juga: Your Social Media Does NOT Define You ala Iestri Kusumah

6. Berkoneksi dengan Para Ahli

Last but not least, manfaat media sosial lainnya ialah membantumu berkoneksi dengan para ahli. Kalau di zaman sebelum media sosial sebanyak sekarang, para pelajar yang ingin berbicara dengan expert pasti harus membuat janji temu terlebih dahulu. Atau membutuhkan usaha sangat besar untuk sekadar menemuinya. Namun, saat ini media sosial mungkin juga banyak digunakan para ahli untuk berbagi tentang keilmuan mereka atau juga kesehariannya. Kamu bahkan bisa mengetahui bagaimana keseharian CEO Twitter hanya dengan melihat YouTube.

Untuk berkoneksi dengan orang-orang yang ingin kamu dapatkan ilmunya, kamu bisa menggunakan LinkedIn. Hal ini cocok untuk kamu yang ingin menekuni dunia profesional yang sudah kamu pilih. Terhubunglah dengan mereka, siapa tahu kamu bisa mendapatkan banyak kesempatan belajar darinya.

Tentunya, berkomunikasi dengan ahli akan berbeda dari berkomunikasi dengan teman atau bahkan guru. Mereka mungkin sudah mendapatkan banyak pesan dan pesan yang kamu kirimkan tidak mendapatkan respon dengan cepat. Oleh karena itu, sebelum berkoneksi akan lebih baik jika kamu memiliki latar belakang yang bisa membawamu lebih dekat dengan orang tersebut. Misalnya, kamu mengikuti webinar oleh ahli public speaking, kamu bisa bertanya di webinar tersebut sekaligus menanyakan apakah boleh bertanya lebih lanjut melalui direct message. Hal ini bisa membuatnya tahu bahwa ada pesan darimu yang perlu dibalas.

Itu dia manfaat media sosial yang bisa kamu dapatkan. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang lainnya, tapi untuk pelajar coba kamu ingat enam manfaat ini dan coba dapatkan dari media sosial yang kamu punya. Jangan lupa untuk mengikuti media sosial dari DoCheck, mulai dari instagram hingga YouTube. Kamu bisa dapatkan berbagai update menarik tentang aplikasi DoCheck yang bisa kamu download di App Store atau Play Store.


Scroll to Top