Bangun personal branding lewat hobi

Be A POP Star Webinar: Bangun Personal Branding Lewat Hobi ala IndahKus


Punya personal branding itu penting banget, lho! Ini berguna untuk membuat nilai diri kamu semakin terlihat oleh orang lain. Tidak hanya itu, dengan membangunnya kamu akan terlihat semakin menarik dan semakin percaya diri. Penasaran bagaimana cara bangun personal branding lewat hobi?

Sebelum membahasnya lebih jauh, apa sih sebenarnya personal branding? Ini adalah persepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan. Bisa terlihat lewat cara berpakaian, cara berkomunikasi, hingga kendaraan yang kamu pakai.

dr. Indah Kus, Content Creator yang Multitalent

Indah Kusuma Ningrum atau lebih dikenal sebagai Indah Kus ialah seorang perempuan yang awalnya punya banyak hobi. Beberapa hobinya ia tekuni hingga berhasil menjadi songwriter, penyanyi, bahkan juga menjadi seorang dokter. Ia juga menyukai band Korea dan menjadi bagian dari Korean Wave. Saat ini Indah Kus menjadi brand ambassador dari Bobobox dan baru saja merilis abum Once in a Blue Moon.

Bangun Personal Branding Lewat Hobi ala Indah Kus

Be A Pop Star Webinar “Level Up Your Personal Branding Through Hobby” bareng INDAHKUS

Ini dia tips dari Indah Kus membangun personal branding dari hobi. Yuk simak baik-baik dan baca artikelnya sampai selesai!

Tentukan Tujuan

Tulis tujuan kenapa kamu harus membangun personal branding lewat hobi.
Tulis tujuan kenapa kamu harus membangun personal branding lewat hobi. Foto oleh Rizky Sabriansyah via Pexels

Coba temukan apa yang jadi goal-mu di masa depan. Untuk menemukannya, kamu bisa mencoba banyak hal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk benar-benar menjadikannya ‘ikon’-mu. Tujuan ini bisa seperti

“Aku ingin menjadi social media specialist yang produktif“, misalnya kalau kamu suka tema produktivitas.

atau seperti “Persona ini aku buat agar aku lebih percaya diri dalam menekuni hobiku”

Menemukan hobi yang ingin kamu bangun mungkin membutuhkan banyak waktu. Indah Kus memerlukan lima tahun lamanya hingga menemukan hobinya. Coba pikirkan apa yang paling membuatmu bahagia, apa yang paling menarik bagimu, atau minimal apa yang paling kamu pahami sejauh ini.

Baca juga: 5 Hobi Terbaik Untuk Melepas Stres, Wajib Dicoba!

Misalnya, kamu hobi travelling ke luar negeri, kamu bisa memikirkan untuk membuat blog tentang cerita perjalananmu atau mengunggah video perjalanan ke kanal YouTube-mu. Coba tanyakan kembali pada dirimu, apa hobi yang ingin kamu tekuni dan mengapa?

Lakukan Riset Personal Branding yang Mau Kamu Bangun

Cari tahu tentang hobi yang ingin kamu tekuni.
Cari tahu tentang hobi yang ingin kamu tekuni. Foto oleh cottonbro via Pexels.

Riset ini bisa kamu lakukan dengan mencari contoh untuk memberikan gambaran inspirasi. Coba tulis apa saja hal-hal yang menurut kamu menarik dan hubungkan dengan tujuan kamu dalam membangun personal branding. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mencari apa hal-hal yang berhubungan dengan hobi yang ingin kamu bangun sehingga nanti bisa berkembang.

Baca juga: Mengenal Personal Branding: Tidak Sama dengan Pencitraan!

Apakah kamu seseorang yang memiliki banyak hobi? Kamu bisa mempelajari bagaimana hobi-hobi kamu ini bisa terhubung. Apabila masih tidak terbayang atau hobimu banyak yang tidak nyambung, kamu bisa pilih saja satu lalu tekuni. Percayalah bahwa kamu bisa melakukan semua hal yang kamu mau. Namun dengan syarat, kamu tidak melakukan semuanya pada satu waktu dan tidak dengan satu tangan. Kamu bisa meminta bantuan orang lain saat membangun personal branding lewat hobimu.

Tentukan Atribut Sesuai Hobi

Untuk menjadi berbeda, kamu bisa memilih atribut apa yang paling cocok untukmu. Tentu, ini bisa dipengaruhi oleh trend atau selera diri kamu sendiri. Jangan takut saat mewujudkan apa yang kamu sukai menjadi sesuatu yang kamu tekuni. Biasanya orang lain akan ‘terkejut’ saat kamu melabeli dirimu dengan sesuatu yang terlihat nyentrik. Kamu bisa tetap melakukannya selama tidak mengganggu atau merugikan orang lain.

Gunakan pernak-pernik yang bisa mendukung hobi dan personamu
Gunakan pernak-pernik yang bisa mendukung hobi dan personamu. Foto oleh Anna Shvets via Pexels

Menentukan atribut akan sangat membantumu dalam membangun personal branding. Misalnya, kamu memutuskan untuk menjadi vlogger kamu bisa memakai aplikasi edit video yang paling mudah menurutmu. Kamu juga bisa menentukan dengan kamera apa kamu merekam. Misalnya kamu ingin menggaungkan “membuat video hanya dari HP” kamu bisa menggunakan HP untuk merekam. Cobalah tentukan atribut yang mendukung hobimu menjadi hal unik yang kamu banget.

Baca juga: Video Editing, Hobi yang Bisa Menjadi Cuan!

Buat jadi Menarik dan Otentik

Pasti banyak orang yang memiliki hobi yang sama denganmu. Untuk menjadi menarik dan otentuk kamu bisa mempercayai dirimu sendiri untuk menentukan apa yang benar-benar ‘kamu banget’. Kamu bisa menggali apa yang menurutmu cukup unik dari dirimu.

Cara menemukan keunikan ini bisa dengan memperhatikan bagaimana orang lain menekuni hobi yang sama denganmu. Setelah mengetahui keunikan orang lain, kamu bisa melihat ke dirimu sendiri, bagaimana kamu akan menjadi unik dengan hobi yang akan kamu tekuni ini. Kuncinya adalah coba untuk percaya diri dengan apapun yang kamu percayai sebagai ‘unik’. Tidak harus benar-benar berbeda dari orang lain, kamu bisa memikirkan inovasi atau ide yang bisa membuatmu mudah diingat oleh orang lain.

Bangun Personal Branding dengan Konsisten

Pertahankan apa yang sudah kamu mulai
Pertahankan apa yang sudah kamu mulai. Foto oleh Brett Jordan via Pexels

Bagian tersulit mungkin adalah menjalaninya bertahun-tahun. Namun, hal ini akan menjadi sangat mudah apabila hobi yang kamu tekuni benar-benar berasal dari minat dan keahlian yang kamu miliki. Bahkan, kamu mungkin akan membuat orang lain melakukan hobi yang sama setelah kamu berhasil konsisten dengan hobimu. Kamu bisa menjadi seseorang yang menginspirasi!

Saat kamu menekuni hobi dalam jangka waktu yang lama, secara tidak sadar orang lain pasti akan mengenalmu sebagai hobi yang kamu tekuni. Misalnya, kamu suka membuat konten yang unik dengan boneka, dalam ingatan orang lain pasti kamu adalah seseorang yang suka membuat konten dengan boneka.

Mulai menekuni hobi mungkin sudah banyak dilakukan orang lain, tapi sangat sedikit yang bisa konsisten hingga membentuk personal branding. Di tengah jalan mungkin kamu akan merasa lelah, atau ada komentar orang lain yang meruntuhkanmu. Namun, hasil dari personal branding ini pastinya akan sangat menguntungkanmu.

Agar bisa konsisten, kamu bisa lakukan scheduling. Jadwal-jadwal yang kamu buat bisa membantumu merencanakan progres dalam membangun personal branding. Untuk memulainya kamu bisa coba membuat jadwal untuk 2-3 minggu ke depan. Kamu juga bisa pakai aplikasi DoCheck untuk merencanakan goals membangun personal branding ini, lho!

Semoga tips ini membantumu ya! By the way, to-do list dari Indah Kus ini bisa kamu lihat, simpan, dan copy di aplikasi DoCheck lho. Kamu hanya perlu download aplikasi DoCheck melalui Play Store dan App Store. Gratis!


Scroll to Top