Ciri dan cara menghadapi monday blues

Sering Alami Monday Blues? Yuk, Ketahui Cara Menanganinya!


Setelah libur pada hari Sabtu dan Minggu, kamu harus kembali bekerja atau belajar pada hari Senin. Beberapa orang merasa malas sekali menghadapi hari tersebut, apakah kamu juga termasuk? Jika iya, maka kamu mengalami monday blues. Dilansir dari halodoc, alasan orang-orang tidak suka dengan hari Senin karena mereka merasa terbebani dengan urusan pekerjaan atau sekolah. Oleh sebab itu, pada hari Minggu siang atau sore, mereka mengalami gejala sakit perut atau mual akibat terlalu tegang menghadapi hari Senin. Apabila ini tidak diatasi, tingkat produktivitasmu bisa menurun loh! Kamu gak mau itu terjadi, ‘kan? Yuk, ketahui cara menangani monday blues berikut ini!

Ciri-Ciri Monday Blues

Tanda kamu terkena monday blues
Tanda kamu terkena monday blues (Foto oleh Anna Shvets/ Pexels)

Selain yang disebutkan di kalimat sebelumnya, ternyata ada juga ciri-ciri lain orang yang terkena monday blues. Bahkan, menurut dokter sehat tanda-tandanya akan semakin jelas ketika sudah memasuki hari Senin. Apa sajakah itu? Yuk, cek bersama di bawah ini!

  • Mengalami penurunan mood yang drastis.
  • Mudah tersinggung, marah tanpa alasan yang jelas, dan kesal pada situasi sekitar.
  • Mengalami penurunan kondisi fisik. Contohnya tubuh merasa lemas. Namun, ketika diperiksa oleh dokter, semua fungsi tubuh normal.
  • Sulit untuk fokus.
  • Merasa stres dan cemas karena membayangkan hal buruk yang mungkin terjadi pada hari Senin.

Cara Menangani Monday Blues

Di antara lima ciri di atas, apakah kamu atau orang sekitarmu mengalaminya? Jika iya, kamu wajib tahu cara penanggulangannya. Sebab, ini bisa mengganggu kegiatanmu sepanjang hari Senin. Untuk membantumu, MinCheck sudah kumpulkan cara mudah menangani monday blues. Ayo, simak baik-baik ya!

1. Selesaikan Tugas di Hari Jumat

Selesaikan tugasmu sebelum hari libur tiba
Selesaikan tugasmu sebelum hari libur tiba (Foto oleh Vojtech Okenka/ Pexels)

Pada hari Jumat, kebanyakan orang akan lebih bersemangat untuk bekerja karena besoknya adalah hari libur. Dikutip dari Ruang Guru, semangat ini harus kamu jaga agar ketika hari Senin tiba, kamu tidak akan mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. Jadi, kamu bisa menghadapi hari Senin tanpa beban berlebih.

2. Bebas dari Monday Blues dengan Maksimalkan Waktu Libur

Ingin bebas dari monday blues? Nikmatilah waktu liburmu!
Ingin bebas dari monday blues? Nikmatilah waktu liburmu! (Foto oleh Dzian Hasanbekava/ Pexels)

Jika kamu mendapat hari libur, maka manfaatkanlah waktu tersebut untuk beristirahat atau menghibur diri. Sebab, apabila kamu gunakan untuk bekerja, kamu akan cepat merasa jenuh dan berakibat pada monday blues yang semakin parah. Oleh karena itu, menurut alodokter, kamu bisa memaksimalkan waktu luangmu dengan me time, perawatan diri, atau menekuni hobi favoritmu.

Beberapa orang menganggap bahwa cara terbaik untuk menghabiskan waktu libur adalah dengan berkumpul bersama banyak orang. Namun, tidak ada salahnya juga untuk menyempatkan waktu untuk diri sendiri. Dilansir dari hello sehat, berikut ini adalah manfaat dari melakukan me time.

  • Memberikan kesempatan untukmu memahami diri sendiri.
  • Menyegarkan tubuh dan pikiran.
  • Memperbaiki hubungan dengan orang lain.
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
  • Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Hindari Begadang!

Berhenti begadang untuk menjaga kesehatanmu!
Berhenti begadang untuk menjaga kesehatanmu! (Foto oleh Cottonbro/ Pexels)

“Begadang, jangan begadang. Kalau tiada artinya.” Apakah kamu familier sepenggal kalimat tersebut? Itu adalah lirik lagu Rhoma Irama yang berjudul “Begadang”. Mungkin kamu menganggap kalimat tersebut hanya sebuah lirik lagu, tapi sebenarnya itu adalah fakta bahwa lebih baik menghindari begadang karena efek dari perbuatan tersebut akan berbahaya bagi tubuh dan kesehatanmu. Dikutip dari klik dokter, ada 9 penyakit yang timbul akibat begadang.

  • Gangguan mental.
  • Diabetes dan penyakit jantung.
  • Obesitas.
  • Stroke.
  • Produksi hormon pertumbuhan terganggu.
  • Penuaan dini.
  • Penurunan libido.
  • Infeksi saluran pernapasan.
  • Penurunan daya ingat.

4. Rencanakan Agenda Menyenangkan pada Hari Senin

Buatlah to-do list yang menyenangkan agar terhindar dari monday blues
Buatlah to-do list yang menyenangkan agar terhindar dari monday blues (Foto oleh Suzy Hazelwood/ Pexels)

Faktor utama yang membuat seseorang terkena monday blues adalah membayangkan pekerjaan yang banyak. Oleh karena itu, agar kamu tetap semangat menjalani hari Seninmu, kamu bisa rencanakan agenda menyenangkan yang akan kamu lakukan nanti. Menurut Indeed, pada hari Senin kamu bisa awali dengan melakukan ritual pagi bersama teman seperti membeli kopi atau sarapan bersama. Kemudian, kerjakan pekerjaan yang utama terlebih dahulu. Setelah selesai bekerja, kamu bisa makan malam bersama teman atau keluarga dengan nyaman. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa tegang lagi mengahadapi hari Senin!

Itu dia ciri dan cara menangani monday blues. Pada awalnya, mungkin kamu masih akan merasa malas menghadapi hari Senin. Namun, jika kamu konsisten menerapkan tips di atas, kamu akan merasakan perubahannya. Jadi, yuk tetap semangat untuk perubahan yang lebih baik!

Ngomong-ngomong soal buat rencana kegiatan, MinCheck punya rekomendasi aplikasi yang tidak hanya memudahkanmu membuat to-do list, tapi juga menemukan aktivitas bermanfaat sesuai dengan minatmu. Mau tahu apa itu? Ya, namanya adalah DoCheck! Kamu bisa buat daftar kegiatan sehari-hari dengan cepat dan praktis di hpmu. Selain itu, kamu juga bisa ajak teman-teman untuk berbagi to-do list bersama. Wiih.. mantap banget ‘kan? Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Time Boxing, Teknik Simpel untuk Meningkatkan Produktivitas


Scroll to Top