5+ Tips Liburan Akhir Tahun Biar Nggak Jadi Wacana


Momen pergantian tahun kerap dimanfaatkan sebagai sarana untuk refreshing dari hiruk pikuk rutinitas kegiatan selama satu tahun penuh. Biasanya, momen liburan akhir tahun kerap diisi dengan rencana liburan bersama keluarga ataupun teman. Namun, tak jarang rencana yang sudah disusun dengan matang sejak jauh-jauh hari justru harus kandas karena satu dan lain hal. Nyebelin banget, kan? Nah, biar nggak sekadar jadi wacana, yuk simak tips liburan akhir tahun dari MinCheck berikut ini!

Tips Mengisi Liburan Akhir Tahun

Rencana liburan akhir tahun yang telah dibicarakan jauh-jauh hari bisa gagal karena faktor tak terduga. Bisa jadi progress dari rencana yang lambat, kekurangan dana, munculnya acara penting secara tiba-tiba, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Namun, biasanya penyebab utama dari gagalnya ide untuk menjalani liburan akhir tahun bersama teman ataupun keluarga adalah rencana yang masih kurang matang. Dengan kata lain, hanya rencana tanpa aksi nyata untuk merealisasikannya.

Maka dari itu, kamu perlu menyusun rencana liburan akhir tahun dengan matang biar nggak sekadar menjadi wacana. Kira-kira, apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, simak yang berikut ini!

Baca juga: Rencana Liburan Belum Jelas? DoCheck Siap Membantu!

1. Melakukan Survei Destinasi Wisata dan Rencana Liburan Akhir Tahun

Tips liburan akhir tahun yang pertama adalah mencari tahu manakah destinasi tempat wisata yang tepat untuk kamu dan teman-temanmu. Mengapa ini penting untuk ditentukan di awal? Hal ini dikarenakan destinasi wisata yang kamu tentukan bakal memengaruhi berbagai rencana kegiatan dan tentunya budget yang akan kamu keluarkan.

Selain itu, kamu juga perlu cerdas dalam menentuan lokasi tujuan untuk berwisata dengan memerhatikan kegiatan yang akan kamu lakukan dan gemari. Misalnya, kamu suka dengan spot foto eksotik, kamu suka berenang, dan lain-lain. Hal tersebut bisa jadi pertimbangan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gambaran destinasi wisata yang ingin dituju. Kamu bisa menemukan beberapa destinasi liburan akhir tahun yang sedang viral maupun hidden gems di akhir artikel ini, ya!

2. Menyiapkan Jadwal untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Sebelum menjalankan liburan akhir tahun, perlu untuk mengatur jadwal terlebih dahulu.
Sebelum menjalankan liburan akhir tahun, perlu untuk mengatur jadwal terlebih dahulu. (Gambar Pixabay via Pexels)

Meskipun kamu memiliki rencana liburan akhir tahun, tetap penting untuk menentukan jadwal yang tepat. Kamu pernah nggak sih, merencanakan liburan dengan matang, tapi tiba-tiba harus batal karena ada acara mendadak? Nyebelin banget, kan? Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyiapkan jadwal cadangan apabila sewaktu-waktu ada teman atau bahkan dirimu sendiri yang kedatangan acara mendadak, entah dari kantor, organisasi, dan lain-lain.

Selain itu, penting juga untuk mengingatkan teman liburanmu agar mengosongkan jadwal pada tanggal-tanggal yang telah disepakati. Hal ini ditujukan agar tidak ada penundaan jadwal dengan alasan sudah ada acara di tanggal tersebut. Nggak cuma itu, penentuan jadwal juga akan memengaruhi kenyamanan kamu saat berlibur, lho. Hal tersebut dikarenakan penentuan jadwal akan berpengaruh pada waktu booking sarana transportasi, akomodasi, dan lain-lain. Apabila nggak sigap, tentu rencana liburan kamu terpaksa berganti hari atau bahkan terancam batal.

3. Menyiapkan Transportasi dan Akomodasi

Hal ini mungkin bakal menjadi pertimbangan berat buat kamu dan teman-temanmu. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena sarana transportasi dan akomodasi berkaitan erat dengan urusan budget dan kenyamanan. Kamu harus pintar-pintar dalam memilih kedua sarana tersebut dengan memaksimalkan budget yang tersedia. Apabila jarak yang kamu tempuh terbilang jauh, maka sarana transportasi seperti kereta dan pesawat bisa menjadi solusi. Akan tetapi, jika jarak tempuhnya tidak terlalu jauh kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih praktis.

Sementara itu, kamu juga perlu pintar-pintar dalam memilih akomodasi terbaik untuk singgah selama menjalankan rencana liburan akhir tahun. Kamu perlu rajin-rajin melakukan survei dan membaca review pengunjung yang ada di Google dan juga sosial media. Selain itu, pertimbangkan juga kemudahan akses dari tempat kamu menginap ke berbagai destinasi liburan akhir tahun yang ingin dituju. Jangan lupa juga untuk tetap mengatur budget agar tidak over karena kamu masih harus perlu menyiapkan berbagai keperluan lainnya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

Salah satu tips liburan akhir tahun apabila menyangkut transportasi dan akomodasi adalah pertimbangkan untuk memesan tiket untuk berangkat dan pergi sekaligus. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan habisnya tiket menjelang berakhirnya liburan akhir tahun nanti. Tentunya kamu nggak mau terlambat pulang dan mengeluarkan lebih banyak uang lagi, bukan?

4. Mengumpulkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Saat berlibur bersama teman-teman ataupun keluarga, tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Misalnya saja seperti koper, pakaian yang disesuaikan dengan destinasi wisata, bahkan camilan untuk mengisi perut selama di perjalanan. Maka dari itu, tips liburan akhir tahun selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Hal ini diperuntukkan supaya kamu dapat memastikan apakah segala perlengkapan yang dibutuhkan sudah terpenuhi atau belum. Dengan demikian, kamu dan teman-temanmu masih mempunyai cukup banyak waktu untuk mempersiapkannya. Sementara itu, kamu juga dapat membagi tugas dengan teman-temanmu untuk mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk wisata akhir tahun nanti.

5. Tips Mengisi Liburan Akhir Tahun dengan Mengumpulkan Dana yang Cukup

Menabung sangat diperlukan sebelum menjalankan rencana liburan akhir tahun.
Menabung sangat diperlukan sebelum menjalankan rencana liburan akhir tahun. (Gambar Tima Miroshnichenko via Pexels)

Sesempurna apa pun rencana rencana liburan akhir tahun yang telah kamu susun, akan sirna jika tidak dibarengi dengan budget yang cukup. Beruntungnya, kamu tidak berlibur sendiri kali ini. Oleh sebab itu, wisata akhir tahun nanti sepertinya bisa lebih mudah terwujud apabila kamu dan teman-temanmu tetap kooperatif dan disiplin dalam mengumpulkan dana. Maka dari itu, tips liburan akhir tahun yang selanjutnya adalah rajin menyisihkan uang dengan menabung dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Baca juga: Yuk Simak 5 Tips Simpel Menabung untuk Konser Musik!

6. Menjaga Kondisi Tubuh

Sering kali wisata akhir tahun gagal terlaksana dengan baik karena ada salah seorang temanmu yang mendadak sakit. Meskipun kedengarannya sepele dan nggak ada hubungannya, tetapi menjaga kondisi tubuh tetap fit merupakan salah satu tips liburan akhir tahun yang wajib kamu lakukan. Kondisi tubuh yang menurun tentu bakal merusak pengalaman kamu saat berlibur. Bagaimana tidak, kamu yang seharusnya bisa bersenang-senang dengan teman-teman justru harus beristirahat di penginapan.

Kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan? Maka dari itu, kamu harus terus menjaga kesehatan sejak sekarang. Kamu bisa melakukannya dengan memakan makanan yang bergizi, beristirahat dengan cukup, menghindari stres berlebihan, dan rutin berolahraga.

Destinasi Liburan Akhir Tahun

Salah satu tips liburan akhir tahun yang MinCheck bagikan di atas adalah menentukan destinasi yang tepat. Beruntungnya, kamu hidup di Indonesia yang diperkaya dengan segudang destinasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Saking banyaknya, mungkin kamu bakal kebingungan untuk menentukan salah satu di antaranya. Kalau kamu, liburan akhir tahun ke mana? Sudah tahu belum? Kalau belum, yuk cek beberapa rekomendasi tempat wisata akhir tahun ini!

1. Wisata Akhir Tahun Dieng

Dieng merupakan salah satu alternatif destinasi wisata yang layak masuk wishlist liburan kamu. Berada di Jawa Tengah, Dieng yang notabene merupakan wilayah dataran tinggi mempunyai banyak tempat wisata yang sayang jika kamu lewatkan. Beberapa di antaranya adalah Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan lain-lain. Selain itu, biaya untuk masuk destinasi-destinasi tersebut terbilang relatif murah dengan kisaran Rp10,000 hinga Rp25,000 saja untuk wisatawan dari Indonesia.

2. Kepulauan Seribu

Untuk kamu yang berada di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya, tapi mager buat perjalanan yang terlalu jauh sepertinya cocok untuk memilih Kepulauan Seribu sebagai destinasi liburan akhir tahun. Sesuai namanya, Kepulauan Seribu mempunyai banyak pilihan pulau yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi rencana liburan akhir tahun nanti. Beberapa di antaranya adalah Pulau Sepa, Pulau Pari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi.

3. Destinasi Wisata Bali

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut Bali dalam rekomendasi destinasi wisata akhir tahun yang wajib dikunjungi. Dengan kekayaan dan kekentalan budaya yang ada, Bali menawarkan berjuta pengalaman liburan yang menarik buat kamu. Bagaimana tidak, banyak hal tersedia di sana. Mulai dari pantai, tempat-tempat bersejarah, hingga wahana permainan semuanya ada di Bali.

4. Tana Toraja

Tana Toraja dapat menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi karena menawarkan eksotisme yang berbeda. Buat kamu yang memiliki hobi atau a passion di bidang fotografi, Tana Toraja mampu menawarkan berbagai lokasi yang indah dan cocok dijadikan spot untuk berfoto yang pastinya Instagrammable. Beberapa destinasi yang wajib masuk rencana liburan akhir tahun kamu di antaranya adalah Bori Kalimbuang, Bonggakaradeng, Gumuk Pasir Sumalu, Desa Kete Kesu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Yuk, Ubah Instagram Menjadi Portofolio!

5. Destinasi Liburan Akhir Tahun di Papua

Papua merupakan salah satu destinasi wisata akhir tahun yang patut kamu kunjungi.
Papua merupakan salah satu destinasi wisata akhir tahun yang patut kamu kunjungi. (Gambar greenwish_ via Pexels)

Destinasi wisata akhir tahun selanjutnya berasal dari ujung timur wilayah Indonesia. Mana lagi kalau bukan Papua? Wilayah yang satu ini memang terkenal dengan keindahan alamnya yang menjadi berkah tersendiri bagi seluruh rakyat Indonesia. Beberapa keindahan alam yang bisa kamu eksplor di tanah Papua adalah Danau Sentani, Raja Ampat, Taman Nasional Lorentz, dan masih banyak lagi.

Gimana DoCheckers, apakah kamu sudah siap mengisi liburan akhir tahun dengan tips liburan akhir tahun dari MinCheck? By the way, kamu bisa menggunakan fitur group goals di aplikasi Social To-do List, DoCheck untuk menyiapkan rencana liburan akhir tahun bareng orang-orang tersayang, lho! Biar rencana nggak cuma jadi wacana, yuk buruan download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis!


Latest

Category

Scroll to Top