cara jitu membangun relasi agar makin sukses

Ini Lho 6 Cara Jitu Membangun Relasi Agar Makin Sukses!


“Ah ini mah karena orang dalam..” Apakah kamu familier dengan kalimat tersebut? MinCheck yakin nih kalau relasi atau networking dapat jadi jembatan untuk meraih kesempatan di dunia kerja atau berkarier. MinCheck rasa nggak ada salahnya menggunakan relasi untuk mencari pekerjaan. Kalau kamu punya potensi, why not? Dari case ini, kurang lebih bisa disimpulkan kalau relasi memiliki manfaat bagi karier. Lalu, bagaimana membangun relasi?

“Tapi MinCheck, aku bingung mulainya dari mana..”

Membangun relasi memang nggak mudah. Namun, kamu bisa menerapkan langkah-langkah sederhana agar relasi yang kamu punya semakin luas! Penasaran gimana caranya? Yuk simak ulasan dari MinCheck mengenai cara membangun relasi!

Apa itu Relasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, relasi adalah hubungan atau kenalan. Cara membangun relasi dapat darimana saja. Menambah relasi dapat memperkaya insight kamu juga lho. Lalu, gimana ya cara membangun relasi untuk pemula?

Cara Membangun Relasi

Cara jitu membangun relasi agar kamu makin sukses!
Cara jitu membangun relasi agar kamu makin sukses! (Foto Matheus Bertelli via Pexels)

Membangun relasi mungkin terdengar menakutkan, apalagi kamu termasuk pemula yang belum terbiasa berbicara dengan orang asing. Namun, kamu perlu menggarisbawahi kalau relasi memang sepenting itu. Agar kamu nggak kebingungan, simak tips berikut ini.

1. Berkenalan dengan Orang Baru

Berkenalan dengan orang baru mungkin nggak mudah bagi sebagian orang. Namun, nggak ada salahnya lho untuk memulai percakapan dengan orang baru! Mungkin awalnya kamu akan malu-malu, tapi MinCheck yakin kamu akan terbiasa kalau kamu membiasakan diri.

Cobalah berkenalan dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Lontarkan pertanyaan basic seperti nama dan apa yang seseorang suka. Biasanya nih, seseorang akan terbuka kalau kamu membahas hal yang mereka suka.

Untuk membangun first impression yang baik, hindari pertanyaan-pertanyaan yang sensitif. Alih-alih berkenalan dan membangun relasi, bisa-bisa orang tersebut malah ilfeel. Waduh, jangan sampai, ya!

2. Gunakan Sosial Media

Kalau kamu merasa canggung berkenalan dengan orang baru secara langsung, coba deh manfaatkan sosial media. Seperti yang kamu ketahui kalau sosial media tuh punya banyak banget manfaat kalau kamu menggunakannya dengan baik dan bijak.

Yup, gunakan sosial media seperti LinkedIn untuk terhubung dengan jaringan profesional. Apalagi kalau kamu seorang fresh graduate, LinkedIn bisa menjadi media yang tepat untuk membangun relasi dengan orang lain.

Kamu bisa request untuk terhubung, siapa tahu kan ada recruiter yang melirik CV kamu. Oleh karena itu, penting banget untuk mencantumkan CV di LinkedIn. Bila kamu seorang pekerja, LinkedIn juga bisa menjadi media yang tepat untuk membangun relasi dan sharing.

Selain LinkedIn, kamu bisa gunakan sosial media lain seperti Instagram untuk terhubung dengan orang lain. Memang sih sosial media seperti Instagram atau Twitter dibuat just for fun, namun nggak ada salahnya untuk memaksimalkan sosial media yang kamu punya untuk membuat portofolio dan menjadi ajang pamer. Siapa tahu kan kamu bisa menghasilkan cuan lewat sosial media? Dilansir dari Skill Academy, sosial media seperti Instagram bisa menjadi portofolio bagi kamu yang punya passion di bidang kreatif!

Baca juga: Yuk, Ubah Instagram Menjadi Portofolio!

3. Membangun Relasi dengan Aktif Ikut Komunitas

Kalau kamu tertarik pada bidang tertentu, coba deh ikutan komunitas yang relevan. MinCheck sering denger tuh komunitas seperti pecinta grup band tertentu, komunitas belajar copywriting, dan lain sebagainya. Nah, tentukan mana yang kamu suka. Aktif di komunitas membantu kamu terhubung dengan orang yang gak kamu kenal sebelumnya.

Kalau kamu seorang mahasiswa, kamu bisa ikut organisasi. Selain menambah relasi atau networking, aktif dalam organisasi juga bisa mengajarkan kamu cara membagi waktu dengan baik, kamu juga bisa berlatih untuk bertanggung jawab, serta belajar hal baru.

Seperti yang MinCheck sebutkan, berkomunikasi dengan orang baru memberimu banyak insight. Oleh karena itu, yuk aktif di komunitas atau organisasi!

Baca juga: Pengalaman Organisasi untuk Membangun Personal Branding

4. Belajar Public Speaking

Kemampuan berkomunikasi yang baik memang menjadi modal utama untuk membangun relasi. Oleh karena itu, kemampuan berbicara termasuk berbicara di depan umum atau public speaking perlu kamu pelajari sejak dini.

Berbicara di depan umum memang tidak mudah, MinCheck pun masih belajar. Namun kurang lebih hal berikut ini perlu lakukan untuk mengasah kemampuan pubic speaking, antara lain.

  • Terus berlatih
  • Siapkan materi sebelum berbicara
  • Memperhatikan body language

Melalui public speaking pula, kamu bisa membangun karier yang hendak kamu tuju. Mengapa demikian? Pasalnya, manusia melakukan komunikasi dengan berbicara. So, make sure you are the master of public speaking!

Ngomongin public speaking, DoCheck menyelenggarakan webinar public speaking bareng Willy Tan, lho! Untuk kamu yang penasaran, bisa cek rekapannya di sini.

Baca juga: Public Speaking, Tips Agar Tidak Nervous di Depan Umum

5. Menjaga Hubungan Baik dengan Relasi

Kalau kamu sudah punya banyak relasi, terus jaga hubungan baik dengan relasimu ya! Bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan relasi yang kamu punya? Meski nggak bisa selalu keep in touch, kamu bisa menggunakan sosial media. Contohnya, memberi komentar di postingan LinkedIn, mengapresiasi karya di Instagram dengan like, dan lain sebagainya.

6. Jangan Malu untuk Bertanya

Malu bertanya, sesat di jalan.. Yes, pepatah itu memang relevan. Kalau kamu nggak mau tersesat, kamu bisa aktif bertanya untuk menambah relasi lho! Contohnya, kamu bergabung dengan komunitas atau organisasi, melontarkan pertanyaan dapat membuka pintu untuk diskusi. Apalagi, kalau kamu dan lawan berbicara memiliki interest pada topik tertentu maka obrolan akan semakin menyenangkan.

Manfaat Membangun Relasi untuk Karier

Sederet manfaat relasi untuk membangun karier.
Sederet manfaat relasi untuk membangun karier. (Foto Visual Tag Mx via Pexels)

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas kalau relasi mempunyai manfaat yang luar biasa untuk karier, di antaranya sebagai berikut ini.

  • Relasi membantumu bertukar ide
  • Membangun relasi membuatmu mendapat dukungan karier
  • Kamu bisa mendapat pekerjaan baru lewat relasi
  • Meningkatkan rasa percaya diri

Nah, itulah definisi relasi, cara membangun relasi, dan manfaat membangun relasi yang perlu kamu tahu. Meskipun kamu masih seorang pelajar, nggak ada salahnya untuk mulai membangun relasi sejak dini.

Kalau kamu tertarik pada bidang tertentu, seperti yang MinCheck sebutkan coba ikutan komunitas yang sefrekuensi dengan kamu! Kamu bisa membuat goals interest kamu di aplikasi DoCheck dan membuat list tasks agar goals-mu segera tercapai.

DoCheck memiliki beragam fitur menarik seperti sharing goals dan rekomendasi goals sesuai dengan interest kamu. Yuk segera download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis! MinCheck tunggu ya goals keren dari kamu.


Scroll to Top