membuat to do list untuk capai goals

Membuat To Do List untuk Capai Goals, Gimana Caranya?


Hai DoCheckers, pernahkah kamu merasa kewalahan mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu? Itulah tanda kalau kamu perlu membuat to do list. Mengapa demikian? Usut punya usut, manfaat to do list dapat membuat kegiatan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunanmu menjadi lebih terkoordinasi.

Kalau kamu punya segudang kerjaan yang menumpuk, kini saat yang tepat untuk membuat to do list agar kamu tahu prioritas pekerjaanmu. Kamu bisa mengurutkan pekerjaan yang penting untuk dilakukan hingga yang bisa ditunda.

Apa itu To Do List?

Apa itu to do list?
Apa itu to do list? (Foto Karolina Grabowska via Pexels)

Apakah kamu pernah melihat kartun Spongebob Squarepants? Di dalam salah satu episode Spongebob membuat daftar kegiatan yang akan ia lakukan. Singkatnya, to do list adalah daftar kegiatan yang akan dilakukan.

Contoh to do list seperti kegiatan sehari-hari yang akan kamu lakukan. Kalau kamu seorang pelajar atau mahasiswa, kamu bisa membuat list seperti jadwal kelas, setelah itu mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM, organisasi dan lain sebagainya.

Kamu tahu nggak sih kalau membuat to do list secara nggak langsung mendorong kamu untuk makin produktif? Menurut MinCheck, to do list menjadi “pengingat” kalau kamu punya jadwal atau kegiatan yang harus dilakukan. Tentunya, membuat to do list mendorong kamu untuk tetap berkegiatan. Setuju nggak, DoCheckers?

Baca juga: Pentingnya Reminder Untuk Pengingat Jadwal Kegiatan

Cara Membuat To Do List

Lalu, gimana sih caranya bikin to do list? Berikut ini akan MinCheck share cara dan tips membuat to do list. Simak artikelnya sampai selesai, ya!

1. Merinci Setiap Kegiatan

Step yang bisa kamu lakukan adalah merinci kegiatan yang akan kamu lakukan dalam satu hari. Mengapa merinci kegiatan penting? Hal ini untuk meminimalisir adanya bentrokan antara kegiatan yang satu dengan yang lain.

Selain itu, kamu perlu merinci kegiatan sedetail mungkin untuk membantu mengingat kegiatan yang akan dilakukan. Sebagai contoh, kamu bisa memperjelas kegiatan mengikuti rapat organisasi untuk membahas planning di bulan Agustus daripada membuat daftar kegiatan seperti rapat organisasi.

2. Menentukan Prioritas

Setelah kamu merinci kegiatan yang akan kamu lakukan, kamu perlu menentukan prioritas dari kegiatan tersebut. Buatlah dafar kegiatan berdasarkan tingkat urgensinya. Sebagai contoh, kamu perlu melakukan revisi skripsi yang deadline-nya tiga hari lagi, maka kegiatan atau aktivitas tersebut memiliki urgensi tinggi.

Membuat to do list membantumu dalam menentukan prioritas setiap kegiatan yang kamu lakukan perharinya. Dengan begitu, kamu akan lebih produktif dan mulai ucapkan selamat tinggal pada yang namanya multitasking.

3. Membuat To Do List Menggunakan Aplikasi

Dengan berkembangnya teknologi, kini membuat to do list tidak perlu ribet lagi. Kamu dapat menggunakan aplikasi to do list yang menunjang kegiatan kamu sehari-hari. Aplikasi yang sangat berguna dan dapat kamu gunakan adalah aplikasi DoCheck.

MinCheck biasanya pakai aplikasi yang satu ini untuk membuat daftar kegiatan yang akan MinCheck lakukan tiap harinya. DoCheck memiliki segudang fitur yang sangat berguna untuk mengembangkan produktivitas kerja. Gimana, tertarik coba?

4. Menandai Kegiatan yang Sudah Selesai

Checklist daftar kegiatan yang sudah selesai.
Checklist kegiatan yang sudah selesai. (Foto Ketut Subiyanto via Pexels)

Selanjutnya, kamu perlu menandai kegiatan yang sudah kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck untuk menandai kegiatan tersebut. DoCheck memiliki fitur checklist untuk merinci kegiatan yang belum atau sudah dilakukan.

5. Lakukan Evaluasi

Setelah kegiatan tersebut telah kamu lakukan, jangan lupa untuk mengevaluasi yang sudah berjalan dengan baik dan mana yang perlu diperbaiki. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk membuat kamu lebih produktif lagi.

Jangan pernah puas dengan yang sudah kamu capai dan selalu terbuka pada kesempatan yang ada. Sejatinya, salah satu tugas manusia adalah terus belajar.

Manfaat Membuat To Do List

To do list memiliki beragam manfaat lho untuk hidup kamu, salah satunya membantu kamu mencapai goals. Selain itu, apalagi manfaat?

Meningkatkan Produktivitas

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas kalau salah satu manfaat membuat to do list adalah meningkatkan produktivitas. MinCheck yakin nih kalau kamu pasti memiliki beragam kegiatan yang harus dilakukan dalam satu hari. Selain itu, kamu jadi memiliki manajemen waktu yang baik.

Baca juga: Pentingnya To-Do-List Untuk Manajemen Waktu

Motivasi Meningkat dengan Membuat To Do List

Apakah kamu sedang kehilangan motivasi kerja? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk set goals dan membedah step by step untuk meraih goals tersebut. Seringkali MinCheck terlena dengan rasa malas, namun dengan adanya to do list MinCheck jadi lebih tahu apa yang harus dikerjakan. Apakah kamu relate?

Mengurangi Stres

Tugas yang menumpuk dapat memicu timbulnya stres. Oleh karena itu, kamu perlu membuat to do list untuk mengurangi stres. Stres berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mentalmu, lho! Dengan adanya to do list, kamu bisa mengatur pekerjaan dari yang mudah ke yang butuh effort lebih untuk melakukannya. Jadinya kamu nggak stuck di pekerjaan yang itu-itu saja.

Baca juga: Arti Coping Stress dan Cara Terbaik Mengatasinya

Membantu Mencapai Kesuksesan

Siapa sih yang tidak mengidamkan kesuksesan? Kayaknya semua orang menginginkan hal ini ya, DoCheckers? Nah, salah satu manfaat dari membuat to do list adalah membantumu mencapai kesuksesan. Yup, dengan to do list kamu bisa membuat goals yang ingin kamu capai. Dilansir dari Glints, salah satu kebiasaan orang sukses adalah rutin membuat perencanaan, baik itu untuk masa sekarang atau di masa depan.

Contoh To Do List

Membuat to do list nggak seribet yang dibayangkan, kok. MinCheck akan berbagi salah satu contoh to do list untuk menjadi UX Designer hebat. Simak berikut ini.

Seperti yang disebutkan di atas kalau pertama kamu perlu menentukan kegiatan dan merincinya.

contoh to do list
Menentukan goals sebelum membuat to do list

Setelah itu, rinci menjadi beberapa task. Urutkan dari yang mudah.

cara membuat to do list di hp
Contoh to do list yang akan dilakukan

Gimana? Gampang banget kan? Buat to do list kini bisa melalui handphone kamu. Jadi kamu nggak perlu takut kalau goals yang kamu buat akan hilang.

Aplikasi untuk Membuat To Do List

Setelah MinCheck sharing pengertian to do list, cara membuat to do list, serta manfaatnya bagi kamu, rasanya nggak komplit kalau MinCheck nggak share aplikasi yang MinCheck pakai untuk membuat to do list.Aplikasi yang oke banget karya anak bangsa yang bisa kamu pakai adalah DoCheck. DoCheck siap banget membantu kamu dalam mencapai goals dalam hidup. Gak cuma itu, DoCheck memiliki beragam rekomendasi goals seputar produktivitas.

Itu doang, MinCheck?

Eits, ada lagi, dong! Kamu bisa lihat rekomendasi goals dari para KOL yang super inspiratif. Kamu pun bisa share goals yang kamu punya agar kerja sama bareng temen makin oke. Aplikasi DoCheck gratis dan bisa kamu download di Play Store dan App Store. Tunggu apalagi, yuk buruan bikin goals di aplikasi DoCheck. MinCheck tunggu goals dari kamu, ya!


Scroll to Top