manfaat manajemen waktu

Inilah 8 Manfaat dari Manajemen Waktu yang Belum Diketahui Banyak Orang


Siapa di antara DoCheckers yang sering kewalahan dengan urusan pekerjaan? Masalah mengenai manajemen waktu ini memang kerap banyak orang alam. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam. Manfaat manajemen waktu sendiri tentunya sangat banyak apabila sudah benar-benar bisa mengaturnya dengan baik.

Kebanyakan, faktor utama yang membuat manajemen waktu seseorang menjadi kacau adalah rasa malas ketika melakukan pekerjaan. Pekerjaan yang padahal bisa terselesaikan dengan cepat kerap dianggap enteng karena bisa dilakukan di waktu lain. Akhirnya, penyesalan pun datang belakangan dan waktu pun terbuang banyak.

Tetap menerapkan kebiasaan seperti ini dalam panjang akan membuat pikiran kamu bisa terus terbebani. Agar bisa semakin disiplin dalam menggunakan waktu, ada baiknya untuk manfaat dari manajemen waktu yang sudah kami rangkum berikut. Oleh karena itu, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Manajemen Waktu

Sebenarnya apa sih manajemen waktu?

Secara sederhana, manajemen waktu bisa adalah sebuah pengaturan atau alokasi waktu dalam satu hari untuk melakukan kegiatan secara teratur.

Alan Lakein, seorang penulis buku “How to Get Control of Your Time and Your Life” dan ahli pengembangan diri punya definisi alternatif.

Menurutnya, manajemen waktu adalah penggunaan teknik tertentu untuk menulis daftar kegiatan yang terencana. Dalam hal ini, seseorang juga melatih diri untuk mempelajari dan menerapkan bagaimana menggunakan teknik tersebut.

Kalau mengacu dari pengertian ini, sebenarnya manajemen waktu itu adalah hal yang sangat fleksibel, tergantung dari masing-masing orang. Intinya, seseorang itu harus menggunakan waktunya sebaik mungkin agar kegiatan yang harus dilakukannya tetap bisa terselesaikan.

Manfaat Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen waktu punya segudang manfaat yang bisa memberikan manfaat yang positif untuk hidup kamu. Orang-orang hebat dunia, baik itu ilmuwan, pengusaha, politikus, atau bahkan content creator, mereka tentunya punya manajemen waktu yang baik.

Bila manajemen waktu mereka buruk, tentunya kesuksesan tidak akan datang. Sebab, hasil yang besar juga berasal dari tanggung jawab yang besar. Dalam hal ini adalah bagaimana caranya mengontrol diri untuk melakukan sesuatu dengan baik.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa DoCheckers dapatkan bila sudah melakukan manajemen waktu dengan baik.

1. Membuat Kondisi Mental semakin Baik

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan manajemen waktu yang baik adalah stabilnya kondisi mental. Selain kesehatan dari segi fisik, kesehatan mental tentu juga harus jadi perhatian. Sebab mental yang sehat adalah salah satu faktor penentu dari kebahagiaan seseorang.

Ketika bekerja, kerap kali rasa stres atau tertekan ketika memiliki banyak pekerjaan dalam sehari bisa terjadi pada kamu. Ditambah lagi, pekerjaan tersebut tidak selesai secara tepat waktu dengan menundanya karena merasa terlalu berat. Masalahnya terkadang ada pikiran seseorang, bukan tugasnya.

Ada baiknya untuk lakukan saja dulu semua pekerjaan tersebut sampai selesai. Bila sudah selesai, pikiran pun akan terasa lega dan akhirnya mendapatkan waktu luang yang lebih. Jangan sampai mengalami stres karena pikiran dari diri sendiri, ya!

2. Produktivitas dan Kualitas Kerja yang Lebih Baik

Manajemen waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
Manajemen waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja (Foto via Unsplash)

Masih berkaitan dengan poin yang pertama, bila memang sudah punya mindset untuk mengatur waktu secara maksimal, maka dampaknya juga akan berpengaruh pada produktivitas. Dari yang dulunya sering merasa terbebani karena pekerjaan, lama kelamaan akan  terbiasa dengan segala beban dari pekerjaan tersebut.

Para pemimpin perusahaan besar juga tentunya punya beban pekerjaan masing-masing. Mereka juga berangkat dari bawah terlebih dahulu dalam mengembangkan perusahaannya sampai sukses seperti sekarang.

Artinya, mereka punya produktivitas yang terus meningkat sampai mencapai kesuksesannya.

Kualitas kerja seseorang pun bisa semakin bagus. Sebab, waktu luang yang ada miliki bisa digunakan untuk mengecek pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya.

Lalu, apabila terus mengerjakan pekerjaan dengan kondisi pikiran dan mood yang tetap stabil, maka untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya juga akan lebih efektif. Jadi, tidak perlu lagi untuk terus menghabiskan malam dengan lembur di kantor.

3. Mendapatkan Reputasi Baik di Dunia Kerja

Kualitas diri pekerja juga bisa orang lain nilai dari performa dan kualitas kerja. Termasuk dari segi manajemen waktu. Kalau DoCheckers selalu tepat waktu untuk datang ke kantor serta mengerjakan pekerjaan dengan baik, ini akan jadi nilai lebih. Atasan dan tim HRD akan menilai performa karyawan tersebut secara lebih unggul.

Hal ini tentunya akan sangat membantu jenjang karier dalam dunia kerja. Sebab, perusahaan pastinya mau kalau yang mengisi jabatan penting adalah orang yang menghargai waktu.

Ditambah lagi kalau memiliki segudang kemampuan yang bisa jadi nilai lebih, misalnya kerja tim yang baik, ahli bahasa Inggris, atau public speaking yang bagus. Tentunya keunggulan ini adalah yang sangat perusahaan butuhkan dari karyawan.

Dari hal tersebut, pastinya potensi kamu untuk naik ke jabatan yang lebih tinggi bisa semakin besar.

Baca juga: Potensi Diri: Simak Pengertian dan Cara Mengenalinya!

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan terbiasa menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya, artinya seseorang telah percaya dengan seluruh kemampuannya tersebut. Menyelesaikan pekerjaan secara lebih efektif juga akan membuat seseorang merasa lebih puas dengan hasilnya.

Efek kepercayaan diri ini juga bisa berpengaruh pada pola kerja ke depannya. Seseorang akan lebih bisa memilah mana beban kerja yang tergolong berat dan mana yang harus diselesaikan duluan. Tak cuma itu, estimasi waktu untuk melakukan pekerjaan dengan baik juga dapat diperhitungkan.

Kepercayaan diri ini juga bisa membuat pekerja bisa lebih positif ketika berada di kantor. Termasuk itu dalam kerjasama tim antar rekan kerja.

5. Membuat Hidup semakin Tertata

Manajemen waktu juga membuat hidup lebih tertata
Manajemen waktu juga membuat hidup lebih tertata (Foto via Unsplash)

Manajemen waktu yang baik artinya adalah bisa melakukan segala kewajiban dan keinginan dengan seimbang. Kalau memang sudah biasa untuk mengatur waktu dengan baik, maka segala kegiatan dan gaya hidup yang seseorang jalani akan semakin teratur.

Kalau sudah seperti itu, maka juga bisa terpikirkan untuk melakukan manajemen pada hal yang lainnya. Mulai dari manajemen keuangan hingga manajemen kesehatan. Kebiasaan manajemen waktu ini tentunya juga akan berdampak bagus untuk hidup DoCheckers dalam jangka panjang.

Salah satu contohnya adalah akan lebih tepat waktu ketika jam makan tiba. Ini juga akan membuat pola makan jadi lebih teratur dan pastinya memiliki efek yang bagus untuk kesehatan. Dampak dari manajemen waktu yang tertata juga bisa merembet ke hal lain.

6. Punya Waktu Luang untuk Hobi dan Hiburan

Pastinya, hidup DoCheckers tidak hanya sekedar di ruang kerja saja kan? Tentu setiap orang memiliki kegiatan favorit yang biasa dilakukan di luar jam kerja. Misalnya adalah kegiatan yang sifatnya hiburan seperti membaca buku, menonton film, atau bermain game.

Baca juga: Ingin Dapat Cuan dari Hobi? Yuk, Ubah Hobi Menjadi Bisnis!

Selain itu, siapapun pastinya juga punya keluarga, teman, atau bahkan pasangan bila sudah menikah. Manajemen waktu yang baik bisa membuat siapapun bisa memiliki waktu luang yang lebih banyak. Dengan itu, maka bisa memberikan kesempatan untuk tetap berhubungan sosial dengan orang terdekat.

Dengan bertemu mereka dan istirahat sejenak dari pekerjaan juga bisa membuat pikiran kamu segar kembali. Sehingga kualitas kerja, mood maupun produktivitas di kantor bisa semakin bagus.

7. Bisa Menggunakan Waktu untuk Pengembangan Diri

Tentunya tidak mau kan kalau kualitas diri hanya mentok di situ-situ saja?

Selain bisa memanfaatkan waktu luang sebagai hiburan, dengan manajemen waktu yang baik, seseorang juga bisa menggunakannya untuk mengembangkan diri. Meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, tentunya ada berbagai hal yang harus dikembangkan lagi sebagai individu.

Misalnya, kalau DoCheckers belum merasa mahir berbahasa Inggris, maka bisa memanfaatkan waktu luang untuk mempelajarinya. Atau kalau masih merasa kemampuan berkomunikasi masih kurang bagus, maka bisa membaca buku atau video yang berkaitan dengan hal tersebut.

Apalagi kalau punya impian di masa depan yang mau diwujudkan. Misalnya menjadi pengusaha bisnis di bidang kuliner. Waktu yang ada tersebut bisa dimanfaatkan untuk belajar membuatnya, mempraktekkan proses pembuatannya, hingga mempelajari strategi dan model bisnisnya.

8. Bisa Introspeksi Diri dan Memikirkan Ulang Tujuan Hidup

Poin terakhir ini juga tidak kalah penting. Manajemen waktu yang teratur juga bisa membuat seseorang bisa punya waktu untuk melakukan refleksi diri. Mulai dari apa saja hal positif dan negatif yang sudah dilakukan hari ini maupun hal yang belum tercapai di hari tersebut.

Dengan memikirkan hal tersebut sebentar saja, maka seseorang akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih mengenal diri sendiri. Hal ini juga akan membuat lebih mawas diri dan menghargai setiap proses yang telah terlewati. Termasuk juga dalam mengatasi berbagai hal-hal buruk yang kemungkinan bisa terjadi.

Lebih jauh lagi, dari perenungan ini juga bisa memikirkan apakah yang sudah dilakukan hingga di titik sekarang sudah sesuai dengan tujuan hidup atau belum. Hal ini tentunya sangat penting kalau memang DoCheckers masih memiliki impian yang benar-benar ingin dicapai.

Cara Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu

Kalau sudah mengetahui apa saja manfaat dari menerapkan manajemen waktu yang baik, lantas bagaimana cara melakukan manajemen waktu tersebut?

Memang setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Namun, sebagai tipsnya, maka kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Buat Daftar Kegiatan dan Skala Prioritas

To do list atau daftar kegiatan yang ingin dilakukan pada satu hari adalah hal yang sangat membantu. Daftar yang tersusun rapi tersebut bisa jadi panduan untuk melakukan pekerjaan. Sehingga, pastinya akan lebih mudah untuk memanajemennya.

Selain itu, DoCheckers bisa juga menerapkan skala prioritas. Jadi, mana pekerjaan yang sekiranya harus diselesaikan terlebih dahulu bisa diutamakan.

2. Fokus pada Pekerjaan dan Hindari Distraksi

Tips cara mengatur waktu yang kedua adalah dengan fokus pada satu pekerjaan. Jangan lakukan multitasking, sebab bisa membuat konsentrasi menjadi buyar dan pekerjaan pun hasilnya tidak maksimal.

Selain itu, matikanlah notifikasi ponsel yang menjadi pengaruh besar untuk mendistraksi pekerjaan.

3. Lakukan Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang menerapkan pembagian waktu jam kerja dan jam istirahat. Biasanya, dilakukan dengan interval 25 menit.

Sebagai contoh, pada 25 menit pertama bisa melakukan pekerjaan secara fokus, lalu 5 menit beristirahat, kemudian bekerja lagi selama 25 menit.

Baca juga: Pomodoro: Mengapa Efektif dan Bagaimana Melakukannya

4. Manfaatkan Teknologi

Kini, teknologi juga sangat membantu dalam hal produktivitas. Contohnya, bisa memanfaatkan timer ketika melakukan pekerjaan sebagai acuannya. Kamu bisa memilih aplikasi DoCheck untuk memenuhi kebutuhanmu.

Penutup

Itulah manfaat manajemen waktu yang bisa membuat hidup DoCheckers semakin baik. Segala poin tersebut harus dilakukan dengan tekad yang kuat agar manfaatnya bisa benar-benar punya dampak besar. Selain itu, coba aplikasi social to-do list DoCheck  supaya dapat manajemen waktu dengan baik dan tidak lagi menunda pekerjaan. Aplikasi DoCheck bisa kamu download di App Store dan Play Store


Terbaru

Kategori

Scroll to Top