Tips ampuh atasi malas di hari Senin

Malas Kerja di Hari Senin? Ini Tips Ampuh untuk Mengatasinya!


Kenapa ya weekend itu terasa cepat berakhir? Tau-tau sudah hari Senin. Kamu pernah gak sih merasa malas banget menghadapi hari Senin? Sebetulnya, wajar sih.. toh kamu gak harus selalu semangat setiap hari. Namun yang menjadi masalahnya, jangan sampai rasa malas itu menurunkan produktivitasmu. Alih-alih produktif, kamu jadi gak bisa mengerjakan apa pun. Lalu, bagaimana sih caranya mengusir rasa malas kerja di hari Senin? Yuk simak apa saja kiat-kiatnya dari MinCheck dan baca artikelnya sampai selesai!

1. Beri Penghargaan atau Self Reward

Beri penghargaan pada diri sendiri agar kamu gak malas kerja di hari Senin.
Beri penghargaan pada diri sendiri agar kamu gak malas kerja di hari Senin. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Dilansir dari Dokter Sehat, kamu bisa memberi penghargaan pada dirimu sendiri atau istilahnya self-reward. Sebagai contoh, ketika kamu sudah mengerjakan pekerjaan A, kamu bisa menghadiahi dirimu dengan makanan enak! Atau hangout bareng teman sepulang kerja bisa kamu jadikan cara mengapresiasi dirimu yang sudah bekerja keras. Namun MinCheck ingin mengingatkan, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Oleh karena itu, penting banget untuk punya goals agar aktivitasmu jadi lebih terstruktur.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat: Pengertian dan Benefitnya

Dilansir dari Ruang Guru, terdapat beberapa manfaat yang kamu dapatkan dengan memberi self-reward pada diri sendiri antara lain.

  • Menguatkan motivasi dan menimbulkan perasaan bahagia.
  • Meningkatkan produktivitas.
  • Sangat baik untuk kesehatan mental.

2. Berdandan, Cara Biar Gak Malas Kerja di Hari Senin

Berdandan dan memilih outfit yang nyaman dapat membuatmu lebih bersemangat.
Berdandan dan memilih outfit yang nyaman dapat membuatmu lebih bersemangat. (Foto Adrienn via Pexels)

Cobalah untuk mempersiapkan diri dengan memakai outfit favoritmu dan berdandan. Dilansir dari Satu Persen, menggunakan outfit favoritmu di hari Senin bisa meningkatkan mood lho! Memakai baju rapi dan berdandan bisa membuatmu lebih bersemangat. Berdandan tak hanya dilakukan oleh perempuan lho! Memakai baju rapi dan memakai parfum yang wangi dapat membangkitkan gairahmu untuk menghadapi hari Senin. Kamu bisa prepare sehari sebelumnya yaitu ketika weekend.

Selain itu, dilansir dari Qubisa, berdandan dapat merupakan cara terbaik untuk membangun yang namanya personal branding di kantor. Personal branding gak hanya dibangun di sosial media. Namun, personal branding bisa kamu terapkan dalam keseharianmu. Hal ini tentu saja untuk membangun citra yang baik mengenai dirimu. Tak hanya untuk membangun personal branding, berdandan dan berpakaian rapi dapat memberi manfaat seperti berikut ini.

  • Berdandan dan berpakaian rapi membuatmu terlihat lebih kompeten dan profesional
  • Memberikan kesan yang baik
  • Meningkatkan rasa percaya diri

Baca juga: Suka Minder? Yuk, Coba Tips Praktis Tingkatkan Percaya Diri!

3. Malas Kerja di Hari Senin? Ingat Motivasimu!

Kalau malas, coba deh ingat lagi motivasi dan goalsmu.
Kalau malas, coba deh ingat lagi motivasi dan goalsmu. (Foto Ylanite Koppens via Pexels)

Cobalah untuk mengingat kembali alasan kamu memulai dan mengingat kembali motivasimu. Pasti kamu punya hal-hal tertentu yang bikin kamu bisa tetap bertahan. Nah, dengan mengingat motivasi maka kamu bisa ‘memerangi’ rasa malas. Ingat ya, rasa malas itu harus dilawan. Kamu gak ingin kan kalau terus-terusan terjebak di dalam rasa malas dan do nothing di hari Seninmu. Lalu, bagaimana apabila motivasi kerja hilang? Dilansir dari Halodoc, kamu bisa menerapkan langkah efektif berikut ini untuk meningkatkan motivasi kerja.

  • Pastikan kamu menjalani pekerjaan yang sesuai dengan minat
  • Work-life balance, waktu istirahat dan kerja harus seimbang
  • Positive thinking
  • Menjalani pola hidup yang sehat

Baca Juga: Sering Alami Monday Blues? Yuk, Ketahui Cara Menanganinya!

4. Take a Deep Breath, Lalu Tersenyum

Tebarkan senyum dan sapa rekan kantor untuk mendapat energi positif.
Tebarkan senyum dan sapa rekan kantor untuk mendapat energi positif. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Untuk mengatasi rasa malas yang sudah tidak terbendung, cobalah untuk take a deep breath dan berpikir positif. Kamu dapat meyakinkan diri sendiri kalau semuanya akan baik-baik saja. Selain itu, cobalah untuk tersenyum pada orang sekitar, senyuman dapat membawa energi positif bagi dirimu, lho! Dilansir dari Glints, tersenyum di tempat kerja dapat membangun hubungan baik dengan rekan kerja.

Namun, kamu harus tahu waktu yang tepat untuk tersenyum. Masih dilansir dari Glints, kamu dapat tersenyum saat meminta tolong atau bantuan kepada rekan kerja. Jangan sampai kamu malah tersenyum saat memberikan kabar buruk ya. Wah, bisa-bisa orang malah ilfeel. Kamu harus tetap terlihat profesional, karena hal ini adalah salah satu soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Baca juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

Nah, itulah sedikit tips dari MinCheck untuk mengusir rasa malas di hari Senin. Perasaan malas sangatlah wajar, namun jangan berlarut-larut. Yuk hadapi! Biar Seninmu tetap produktif, kamu bisa pakai tools untuk membuat to-do list. Tujuannya agar pekerjaanmu nggak menumpuk dan kamu tahu prioritasmu. MinCheck sangat merekomendasikan aplikasi DoCheck untuk membuat list aktivitas harian. Aplikasinya pun gratis dan dapat kamu download di Play Store dan App Store.


Scroll to Top