Pekerjaan menjanjikan di masa depan

Intip 10 Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan, Cocok untuk Rencana Karier


Bagi kamu khususnya fresh gradute yang sedang merencanakan karir, pas banget kamu dapat cek daftar pekerjaan yang menjanjikan di masa depan berikut ini, nih!

Pilihan pekerjaan memang menjadi sangat bervariatif seiring dengan perkembangan disiplin ilmu dan perkembangan teknologi. Sebagian pekerjaan kini dapat dikerjakan secara lebih efektif dengan bantuan teknologi, bahkan dapat digantikan hampir sepenuhnya dengan teknologi. Maka terdapat beberapa pekerjaan yang jumlah sumber dayanya dibutuhkan lebih banyak maupun menjadi kurang relevan dengan kondisi saat ini.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Menjanjikan dan Banyak Diperlukan

Empat Alternatif Dunia Kerja 2030

Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Lima Sampai Sepuluh Tahun ke Depan
Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Lima Sampai Sepuluh Tahun ke Depan (Foto Kampus Production via Pexels)

Menurut PwC, terdapat empat alternatif konsep dalam memandang prospek dunia kerja pada tahun 2030. Empat alternatif konsep tersebut kemudian dinamakan dalam berbagai simbol warna. Secara garis besar, alternatif tersebut mencakup adanya kecenderungan bisnis kecil untuk dapat lebih berkembang akibat dorongan teknologi. Sementara pada sisi lain, perusahaan dan bisnis kecil pada segala sektor juga dapat bekerja sama untuk menciptakan masyarakat yang maju secara bersama-sama.

Alternatif dalam memandang dunia kerja yang pertama adalah “the Red World“. Pada kondisi ini, bisnis kecil dapat memungkinkan untuk memanfaatkan sumber informasi, keterampilan, dan pembiayaan melalui teknologi. Fungsi Human Resources tidak lagi sebagai fungsi terpisah sementara penguasa akan lebih mengandalkan layanan outsourcing untuk rekrutmen.

Kemudian alternatif selanjutnya adalah “the Blue World”. Pada kondisi ini, perusahaan global akan menjadi lebih berpengaruh dari sebelumnya karena perusahan global memandang pengaruh perusahaan sebagai cara terbaik untuk mempertahankan margin keuntungan yang diperoleh.

Alternatif ketiga adalah “the Green World“. Kondisi ini mencakup perusahaan yang cenderung mendorong adanya agenda eika dan ekologi yang kuat menanggapi sumber daya alam yang langka, opini publik, dan perusahan internasional yang ketat.

Selanjutnya alternatif keempat adalah “the Yellow World” yaitu kondisi di saat pekerja dan perusahaan akan cenderung mencari makna dan relevansi yang lebih besar. Pada kondisi ini, Konsep upah yang adil akan mendominasi pekerjaan di masa depan.

Lantas apa pekerjaan yang menjanjikan di masa depan?

Rekomendasi Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan

Menurut laporan Jobs of the Future 2030 yang diterbitkan oleh Cognizant Center for the Future of Work dan dimuat pada laman World Economic Forum, terdapat sepuluh rangkuman pekerjaan yang paling dibutuhkan hingga 2030 dan bahkan ke depan antara lain,

1. Work from Home Facilitator

Konselor untuk Work from Home, pekerjaan yang menjanjikan di masa depan
Konselor untuk Work from Home (Foto Vrada Karpovich via Pexels)

Pekerjaan yang menjanjikan di masa depan pertama adalah work from home facilitator. Kebijakan untuk bekerja jarak jauh telah ada bahkan sebelum pandemi, lho. Namun hanya sekitar lima persen perusahaan yang menerapkan kebijakan bekerja jarak jauh sebelum tahun 2020. Namun setelah pandemi, hampir seluruh perusahaan telah atau bahkan masih menerapkan kebijakan bekerja jarak jauh.

Kebijakan bekerja jarak jauh alias work from home atau work from anywhere ini kemudian diharapkan dapat dilakukan secara optimal sehingga fasilitator WFH menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Keuntungan WFA, Sistem Kerja yang Lagi Hits!

2. Fitness Commitment Counsellor

Perubahan yang terjadi akibat pandemi yang berlangsung tidak hanya mengubah cara bekerja melainkan juga pola hidup. Aktivitas manusia yang menjadi terbiasa untuk remote working tanpa melakukan komuter rutin ke kantor setiap harinya membuat sebagian orang menjadi kurang gerak, nih.

Maka, konselor fitness menjadi salah satu pekerjaan menjanjikan di masa depan. Hal tersebut selaras juga dengan perkembangan teknologi yang kian maju sehingga kamu juga dapat memanfaatkan digital wearables seperti smart watch dalam mengukur langkah hingga kalori harian untuk mendukung pekerjaan kamu.

Bahkan menurut Cognizant Jobs of the Future (CJoF) Index, pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang tumbuh pesat hingga 28,7 persen pada kuartal pertama tahun 2021. Wah, kalau dilihat dari trennya, pekerjaan ini dapat menjadi prospek kerja lima tahun ke depan, ya!

Baca juga: Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental

3. Smart Home Design Manager

Pekerjaan selanjutnya adalah pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan nih, DoCheckers! Lagi-lagi dampak pandemi menjadikan banyak orang yang terbiasa berdiam diri di rumah berkeinginan untuk membuat rumah tersebut lebih nyaman dan fungsional.

Kini rumah tidak dibangun hanya sekadar untuk melindungi diri dari terik matahari maupun badai melainkan juga disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Salah satunya seperti adanya ruang kerja yang kedap suara dan pintu yang dapat terbuka melalui perintah suara.

Maka manajer desain rumah pintar menjadi pekerjaan yang paling dibutuhkan lima sampai sepuluh tahun ke depan.

4. XR Immersion Counsellor

Spesialis augmented reality akan bekerja dengan perusahaan untuk memberikan pelatihan bagi karyawan (melalui platform seperti Strivr) atau magang profesional untuk kandidat (misalnya di platform Mursion) untuk mempercepat penyebaran dan meningkatkan produktivitas.

5. Workplace Environment Architect

Pasca pandemi juga mengakibatkan kegiatan di kantor memiliki beberapa perubahan dan fungsi yang bertambah. Contohnya seperti adanya fasilitas untuk mencuci tangan sebelum memasuki gedung dan tempat untuk pemeriksaan kesehatan singkat pada pintu masuk.

Selain itu, perusahaan kini juga cenderung mementingkan kesejahteraan karyawan. Salah satu cara untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah rancangan tempat bekerja yang human-centered. Maka pekerjaan untuk merancang workplace menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan.

6. Algorithm Bias Auditor

Pada dunia yang serba digital saat ini, perkembangan algoritma yang digunakan oleh perusahaan digital di seluruh dunia bergerak dengan pesat. Selaras dengan hal tersebut, peningkatan pengawasan data menurut Undang-Undang juga semakin ditingkatkan sehingga verifikasi melalui audit akan dibutuhkan.

7. Data Detective

Yep, pekerjaan dalam bidang data science masih menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Diperkirakan bahwa pekerjaan dalam data science menjadi pekerjaan yang paling dibutuhkan lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Seiring dengan kebutuhan yang terus meningkat, terdapat peran data detective untuk membantu menjembatani kesenjangan agar perusahaan dapat menyelidiki permasalahan big data.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari data science, maka pilihan kamu tepat! Saat ini juga telah terdapat jurusan kuliah maupun bootcamp yang mempelajari mengenai data science. Tidak perlu bingung untuk memulainya karena kamu dapat menguraikan perencanaan kamu menggunakan aplikasi DoCheck, yaitu social to-do list app pertama di Indonesia untuk membantu kamu dalam membagi proses dalam mempelajari skills melalui task dengan tenggat waktu yang juga dapat disesuaikan, lho. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store atau App Store.

8. Cyber Calamity Forecaster

Masih terkait dengan dunia digital dan teknologi, bencana tidak hanya dapat menyerang di dunia nyata melainkan juga di dunia maya. Seperti adanya penyebaran virus ransomware yang menyerang perangkat digital.

Maka forecaster tidak hanya berlaku untuk memprediksi cuaca buruk, namun juga memprediksi adanya kemungkinan penyebaran hal yang dapat merugikan melalui jaringan digial. Hal tersebut menjadikan cyber calamity forecaster menjadi salah satu pekerjaan yang akan muncul di masa depan.

9. Tidewater Architect

Tantangan lain yang kini dihadapi selain adanya kemajuan teknologi adalah tantangan global perubahan iklim dan kenaikan permukaan air laut. Terkait hal tersebut, pekerjaan tidewater architect menjadi pekerjaan menjanjikan di masa depan karena dapat berperan dalam berbagai proyek teknik sipil besar.

10. Human-Machine Teaming Manager

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan mesin dan bahkan robot erat hubungannya dengan pekerjaan sehari-hari. Sebagian besar pekerjaan telah menuntut pekerja untuk bekerja dengan memanfaatkan mesin untuk efisiensi dan efektivitas. Selain itu, sebagian pekerjaan juga menuntut pekerja untuk mengontrol dan mengawasi kinerja robot.

Lantas dibutuhkan pekerjaan yang dapat mengatur peran antara manusia dan robot untuk menciptakan kolaborasi yang maksimal. Pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Bahkan lowongan sebagai peran pelopor dari pekerjaan ini seperti teknisi robotika telah tumbuh pesat hingga 50 persen pada kuartal pertama tahun 2021.

Baca juga: Pengertian Kecerdasan Buatan dan Pengaruhnya Bagi Karyawan

Penutup

Berbagai pekerjaan beradaptasi seiring dengan perkembangan teknologi dan disiplin ilmu pengetahuan. Sebagian besar pekerjaan yang menjanjikan di masa depan erat fungsinya dengan fenomena yang saat ini terjadi seperti mengikuti tren digital hingga menanggapi krisis alam. Tentu saja menjadi sangat penting untuk terus mempelajari skills baru yang relevan dan fungsional bagi kamu yang sedang membangun karir. Nah, DoCheckers, kalau kamu tertarik pada pekerjaan yang mana, nih?


Terbaru

Kategori

Scroll to Top