rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa

Rekomendasi 5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa, Yuk Coba!


Tak hanya kebutuhan pokok, MinCheck yakin kalau kamu juga perlu memenuhi kebutuhanmu yang lain untuk bersenang-senang. Tentu saja untuk meredakan stres, hiburan, dan lain sebagainya. Namun di sisi lain, kamu perlu yang namanya uang. Satu kata penuh makna ini memang dibutuhkan untuk dapat melakukan berbagai hal. Kadang, uang bulanan tidak selalu datang tepat waktu. Lalu bagaimana ya caranya untuk dapat uang tambahan? Nah, kamu bisa mencoba yang namanya kerja sampingan. Kalau kamu masih pelajar atau mahasiswa, kamu bisa mencoba berbagai jenis kerja sampingan untuk mahasiswa.

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Berikut rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa.
Berikut rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa. (Foto Karolina Grabowska via Pexels)

Untuk kamu yang ingin memulai kerja sampingan, berikut ini MinCheck akan berbagi info mengenai rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba. Penasaran kira-kira pekerjaannya apa saja? Yuk simak ulasan MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

1. Guru Les Privat

Kerja sampingan yang satu ini memang gampang-gampang susah. Namun, kalau kamu punya skill mengajar, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Untuk dapat menguasai profesi yang satu ini, kamu perlu memiliki berbagai soft skill agar pekerjaanmu lancar!

Soft skill yang diperlukan oleh seorang guru antara lain kemampuan komunikasi yang baik dan bisa mengayomi. Selain itu, dilansir dari Aku Pintar, kamu perlu memiliki skill problem solving, mampu beradaptasi, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mengajar gak semata-mata menggurui, namun mengayomi dan mentransfer ilmu yang kamu punya kepada orang lain. Kerja sampingan yang satu ini termasuk pekerjaan mulia, lho. Pasalnya, kamu membantu orang lain untuk dapat ilmu baru.

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk coba? Namun, tentunya pekerjaan ini juga punya challenge tersendiri. Pastikan kamu bisa mengatur waktu antara kuliah dan bekerja dengan baik.

2. Driver Online

Pekerjaan seperti driver online memang happening dalam beberapa tahun terakhir. Selain menghasilkan cuan, kamu tidak perlu modal yang besar untuk memulai profesi yang satu ini. Memang sih, kamu memerlukan sepeda motor untuk bisa bekerja, tapi ada beberapa perusahaan yang menyediakan sepeda motor yang bisa disewa. Menjadi driver online memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi kamu bertugas untuk melayani pelanggan.

Tentunya kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik, komunikasi yang baik, dan make sure kalau pelanggan puas dengan pelayananmu. Gak sekadar antar-jemput pelanggan atau mengantar makanan, kamu pun harus memiliki sifat ramah agar memiliki rating yang bagus dari pelanggan atau customer.

3. Coba Kerja Sampingan dengan Jasa Freelance

Saat ini, banyak banget situs kerja untuk freelancer. Pekerjaannya pun beragam dari mulai jasa penulisan konten, jasa desain, jasa mengetik, dan sebagainya. For your information, freelance adalah salah satu pekerjaan yang tepat untuk mahasiswa yang ingin mencari penghasilan tambahan. Mengapa demikian? Karena kamu tidak perlu pergi ke kantor. Biasanya pekerjaan freelance dilakukan berdasar proyek. Kamu hanya perlu laptop atau komputer serta koneksi internet yang stabil.

Selain untuk menambah uang jajan, pekerjaan freelance bisa dijadikan untuk portofolio, lho! Sebelum kamu terjun langsung ke dunia kerja sebenarnya, MinCheck rekomendasikan untuk mencoba pekerjaan freelance terlebih dahulu. Kamu juga bisa menambah ilmu lewat pekerjaan yang satu ini!

Baca juga: Contoh Kerja Freelance yang Bisa Kamu Coba

4. Hasilkan Cuan Berdasarkan Hobi

Bukan hal yang mustahil untuk menghasilkan cuan yang berasal dari hobi. Misalnya nih, kamu suka banget bermain video game. Kamu bisa mendalami kesukaan kamu tersebut, misalnya dengan ikut kompetisi e-sport atau bisa jadi content creator! Contoh lain, kalau kamu hobi menulis, kamu bisa mencoba kerja sampingan menjadi seorang freelance content writer atau copywriter.

Dilansir dari Sirclo, kamu bisa menggunakan berbagai platform seperti Instagram, TikTok, dan Youtube untuk membuat konten. Nah, dengan jumlah followers dan insight yang tinggi, kamu punya kesempatan untuk bekerja sama dengan brand terkenal yang tentunya akan berdampak besar bagi kariermu di masa depan.

Baca juga: Ingin Dapat Cuan dari Hobi? Yuk, Ubah Hobi Menjadi Bisnis!

5. Open Jastip atau Jasa Titip, Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba adalah open jastip atau jasa titip barang. Biasanya nih, untuk satu barang jastip dikenakan biaya yang lumayan lho! Kalau kamu tabung, bisa menambah uang jajanmu.

Kerja sampingan yang satu ini pun bisa dibilang simpel. Kamu hanya perlu pakai laptop dan koneksi internet. Gimana? Kamu tertarik buat coba?

Nah, itulah sederet rekomendasi kerja sampingan untuk mahasiswa dari MinCheck. Kalau kamu tertarik untuk coba, kamu bisa banget coba lho untuk menambah pengalaman dan penghasilan.

Skill Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Skill yang perlu dimiliki kalau ingin memulai kerja sampingan untuk mahasiswa.
Skill yang perlu dimiliki kalau ingin memulai kerja sampingan untuk mahasiswa. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Berikut ini beberapa skill yang perlu kamu miliki kalau ingin mencoba berbagai kerja sampingan untuk mahasiswa.

Manajemen Waktu yang Baik

Kamu perlu mempunyai skill manajemen waktu yang baik supaya kerja sampingan yang kamu jalani tidak mengganggu waktumu untuk belajar. Coba deh kamu pakai yang namanya time boxing untuk memaksimalkan produktivitasmu. Untuk mempermudah time boxing, kamu bisa pakai tools yang menunjang produktivitasmu.

Kamu bisa pakai aplikasi DoCheck untuk membuat to-do list aktivitas yang akan kamu lakukan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kalau tasks kamu akan terlewat.

Skill Komunikasi

Kamu pun perlu memiliki skill komunikasi yang baik supaya pekerjaanmu bisa selesai dengan baik. Sebagai contoh, untuk pekerjaan seperti freelance memerlukan skill komunikasi agar komunikasi antara kamu dan klien menjadi lancar.

Baca juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

Ingin Coba Kerja Sampingan untuk Mahasiswa? Cobalah untuk Disiplin!

Seperti halnya disiplin waktu, kamu perlu disiplin pada diri sendiri. Sebagai contoh, kamu perlu tahu kapan waktu makan siang, kapan waktu istirahat, dan kapan kamu harus mengerjakan kerja sampingan atau tugas kuliah.

Manajemen Stres

Bukan tidak mungkin kalau pekerjaan yang banyak dan tugas yang menumpuk membuat kamu rentan terkena stres. Maka, kamu harus punya skill manajemen stres yang baik agar pekerjaan dan tugas kuliahmu berjalan dengan baik. Kalau kamu tidak bisa memanajemen stres dengan baik, kamu bisa gampang sakit lho!

Bekerja sambil kuliah memang nggak mudah, namun kamu bisa kok tetap produktif dalam kedua hal tersebut! Nah, kamu bisa membuat list pekerjaan di atas di aplikasi DoCheck. Kamu bisa membuat goals pekerjaan yang ingin kamu coba dan cara kamu memanajemen pekerjaan tersebut. DoCheck adalah aplikasi social to-do list yang memungkinkan kamu untuk membuat goals, sharing goals, bahkan mengcopy goals dari KOL yang super inspiratif. Yuk download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top