Meningkatkan karir dan bisnis dengan public speaking

Latihan Public Speaking untuk Meningkatkan Karier dan Bisnis


Public Speaking ibarat senjata palu gada yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Tidak hanya untuk kamu yang ingin jadi pembicara yang sukses, public speaking juga bisa membuat karier dan bisnismu semakin gemilang. Ini dia langkah sederhana agar karier dan bisnis meningkat dengan latihan public speaking.

Sebelum membahasnya lebih jauh, kamu mungkin masih belum tahu apa itu public speaking sebenarnya. Berdasarkan Merriam Webster public speaking ialah tindakan atau proses berpidato di depan umum atau seni komunikasi lisan yang efektif dengan audiens.

Kendala utama orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan public speaking biasanya adalah rendahnya rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai menganalisa apa saja hal-hal yang membuatmu tidak percaya diri. Umumnya, tiap orang akan memiliki alasan yang berbeda. Ada yang malu-malu karena takut salah bicara. Ada yang selalu gugup karena bingung harus membicarakan apa di depan banyak orang, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui kelemahanmu dalam percaya diri, kamu bisa melakukan satu hal ini untuk menumpas segala keraguanmu dalam public speaking. Yaitu, membangun mindset bahwa tidak apa untuk menjadi tidak sempurna dan mindset bahwa pikiran orang lain adalah di luar kendali kamu. Dengan begitu, kamu akan mulai menyadari bahwa apa yang kamu ingin sampaikan cukup sampaikan saja tanpa perlu overthinking. Tidak apa untuk melakukan kesalahan di awal, di percobaan kedua, atau ketiga. Fakta bahwa kamu sudah berusaha mencoba merupakan hal yang sudah sangat baik!

Berhenti khawatir dan tingkatkan public speaking kamu!
Berhenti khawatir dan tingkatkan public speaking kamu! Oleh Olya Kobruseva via Pexels

Agar karier dan bisnis meningkat dengan latihan public speaking, kamu bisa lakukan langkah-langkah yang pernah CEO Bravespeaker.id, Willy Tan paparkan di Be A Pop Star Webinar (28/7) kemarin,

1. Membangun Hard Skill Bisa Meningkatkan Karier dan Penghasilan

Menurut Skill Academy, Hard skill sendiri ialah kemampuan yang bisa dipelajari dan terukur. Biasanya dikembangkan di kursus, pendidikan formal, pelatihan kerja, atau sertifikasi. Namun, kamu tidak harus berfokus pada pembangunan kemampuan ini saja. Kamu juga perlu untuk mengembangkan soft skill, sebagai penunjang kemampuan kamu dalam berkarier atau bisnis.

Skill komunikasi yang baik bisa mendukung perjalanan bisnis dan karirmu
Skill komunikasi yang baik bisa mendukung perjalanan bisnis dan karirmu. Gambar oleh ANTONI SHKRABA production via Pexels

Contoh soft skill misalnya, kemampuan komunikasi, motivasi diri, kepemimpinan, tanggung jawab, kerja tim, pemecahan masalah, membuat keputusan, bekerja di bawah tekanan dan manajemen waktu, menjadi fleksibel, dan negosiasi atau pemecah konflik.

Baca juga: Cara Sederhana Meningkatlam Skill Komunikasi

Coba bayangkan apa yang akan terjadi dengan pekerjaan atau bisnis kamu kalau kamu dianggap kredibel dan dapabt dipercaya oleh orang lain? Kemungkinan kamu akan mendapatkan banyak hal-hal positif seperti kenaikan gaji, kenaikan jabatan, dipercayakan banyak hal, bisa banjir pesanan, banyak tawaran bisnis, relasi semakin berkembang, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal ini dikarenakan, dalam suatu perusahaan ataupun bisnis, apapun kontribusi kamu di dalamnya, itulah yang bernilai. Jadi, bukan tentang seberapa tinggi pendidikan yang sudah kamu tempuh, atau sudah berapa lama kamu melakukan semuanya, tapi tentang apa saja yang sudah kamu lakukan untuk karier atau bisnis kamu.

2. Menyadari Manfaat dari Public Speaking

Terdapat banyak manfaat public speaking yang perlu kamu ketahui.
Terdapat banyak manfaat public speaking yang perlu kamu ketahui. Gambar oleh Rica vis Pexels

Dengan menyadari manfaat dari latihan ini, kamu akan terpacu untuk bisa melakukannya dengan semakin baik setiap harinya. Berikut ini MinCheck beri list manfaat public speaking yang mungkin belum kamu sadari.

  • Mendapatkan kepercayaan
  • Bisa meyakinkan dan mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu
  • Bisa menjalin lebih banyak relasi
  • Memiliki nilai diri yang tinggi
  • Bisa menyampaikan pendapat dengan baik
  • Kualitas diri akan semakin meningkat
  • Bahkan, kalau public speaking sudah kamu terapkan di tempat kerja atau bisnis, kamu bisa meningkatkan pendapatan.
  • Meningkatkan branding diri

Baca juga: To-do List Personal Branding Lewat CV, Biar Dilirik HRD!

Menurut Willy Tan, ternyata apa yang akan kamu sampaikan itu sebenarnya tidak terlalu diperhatikan oleh orang lain. Yang mendominasi perhatian orang lain dengan pembicaraan kamu ialah bahasa tubuh dan suara (tone). Kalau seperti itu, berarti kamu tidak hanya perlu berlatih mengucapkan kata-kata di depan banyak orang, tetapi juga harus berlatih menggunakan bahasa tubuh agar public speaking yang kamu percaya sangat bermanfaat ini jadi makin baik.

Dengan melatih kemampuan berbicara ini, kamu nantinya akan bisa menemukan citra diri atau personamu. Hal ini karena, public speaking tidak hanya melatih apa yang akan kamu ucapkan, tetapi juga melatih dirimu semakin mengenali bagaimana kamu nyaman untuk didengar oleh banyak orang.

3. Membuat Tujuan Latihan Public Speaking

Membuat tujuan agar lebih termotivasi dan bisa mempelajari jenis public speaking yang spesifik
Membuat tujuan agar lebih termotivasi dan bisa mempelajari jenis public speaking yang spesifik. Gambar oleh Alexas Fotos via Pexels

Setiap orang yang memiliki perbedaan kegiatan pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda pula dalam latihan public speaking-nya. Misalnya, apabila kamu seorang mahasiswa, kamu mungkin ingin melatih public speaking agar bisa mempresentasikan hasil akhir dengan lancar. Atau misalnya kamu seorang freelancer mungkin kamu ingin bisa lancar memaparkan jasa-jasamu pada klien, dan lain sebagainya.

Di luar dari tujuan individual, public speaking sebenarnya memiliki tiga tujuan pokok apabila diterapakan dalam karier atau bisnis. Berikut ini tiga tujuan yang MinCheck rangkum dari webinar bersama Willy Tan Kamis lalu.

  1. Memberikan Informasi
  2. Memberikan Persuasi (Ajakan)
  3. Melakukan Kerja Sama

Ketiga hal ini akan sangat mendukung karier dan bisnis kamu bisa berkembang. Informasi bisnis dibutuhkan banyak orang agar semakin percaya dengan apa yang kamu tawarkan. Ajakan yang meyakinkan dan bisa dipercaya membuat klien ataupun audiens kamu semakin setia sebagai pelanggan. Apalagi saat menindaklanjuti kerja sama, kamu sudah tidak perlu khawatir mereka akan lari atau memutus kerja sama dengan kamu karena komunikasi kamu sudah sangat baik.

Apabila dirangkum, public speaking untuk meningkatkan karier dan bisnis yang bisa kamu gunakan akan terlihat seperti ini.

  1. Ketahui identitas diri kamu
  2. Tetap dalam jalur atau sesuaikan dengan tujuan kamu
  3. Bangun hubungan yang baik dengan banyak orang
  4. Jadilah authentic
  5. Jadilah terpercaya

Jika public speaking dapat kamu lakukan dengan baik, karier dan bisnismu dapat ikut meningkat. Nah, untuk mulai melatih kemampuan public speaking-mu DoCheck memiliki fitur-fitur untuk membuat to-do list. Kamu juga dapat menggunakan berbagai template yang tersedia. Segera install aplikasi DoCheck yang tersedia di Google Play Store atau App Store dan tingkatkan karier bisnismu!

Baca juga: 6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu


Scroll to Top