7+ Langkah Pengembangan Usaha yang Wajib Dicoba Pemula


Setiap orang yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti memimpikan usaha yang dirintasnya untuk berkembang. Sayangnya, tidak semua orang yang memiliki usaha atau bisnis membekali dirinya dengan ilmu dan pengetahuan akan bisnis. Akhirnya, sering dijumpai kondisi di mana bisnis yang dijalankan stuck alias nggak berkembang. Apakah kamu mengalami hal serupa, DoCheckers? Oleh karena itu, penting nih buat kamu yang ingin berbisnis untuk mengetahui berbagai langkah pengembangan usaha.

Pada dasarnya, langkah pengembangan usaha itu sangat penting, lho. Apalagi di era global seperti sekarang ini yang mengharuskan setiap bidang usaha untuk berkembang dan berinovasi. Tujuan utamanya tentu agar bisnis yang kamu kelola bisa survive nantinya ketika dihadapkan dengan persaingan bisnis. Sayangnya, cara mengembangkan usaha tidak bisa kamu lakukan dalam hitungan hari ataupun minggu, ya, DoCheckers. Kamu perlu waktu yang relatif lebih lama untuk merealisasikannya. Maka dari itu, akan lebih baik apabila setidaknya kamu memahami langkah-langkah pengembangan usaha.

Cara Mengembangkan Usaha

Ketika ingin mengembangkan usaha, tentu ada beberapa langkah pengembangan dan peluang usaha yang harus dilakukan. Hal ini yang menyebabkan tahapan cara pengembangan usaha tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Kira-kira, apa saja langkah yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan usaha? Simak artikel ini sampai habis, yuk!

1. Langkah Pertama pada Teknik Pengembangan usaha adalah Memastikan Semuanya Telah Terorganisir

Langkah pertama pada teknik pengembangan usaha adalah memastikan bahwa semua aspek dalam bisnismu sudah terorganisir dengan baik sesuai dengan keinginanmu. Terus, apa saja hal-hal yang harus kamu atur? Jawabannya adalah semuanya. Mulai dari sitem rekrutmen, sistem dan kerja, keuangan, dan lain-lain. Agar dapat memastikannya, kamu bisa coba untuk rutin meninjau ulang performa kerja bisnismu secara keseluruhan.

Memastikan bahwa segala hal dalam bisnismu telah terorganisir adalah langkah pertama dalam mengembangkan bisnis.
Memastikan bahwa segala hal dalam bisnismu telah terorganisir adalah langkah pertama dalam mengembangkan bisnis. (Gambar Pavel Danilyuk via Pexels)

Lalu, bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkanbeberapa aplikasi project management yang pastinya berguna banget untuk mengorganisir bisnis yang kamu jalankan. Contoh aplikasi yang bisa kamu coba adalah DoCheck.

Baca Juga: Fitur Kerja Bareng Aplikasi DoCheck, Bantu Tingkatkan Produktivitas!

2. Merekrut Orang yang Tepat adalah Langkah Pengembangan Usaha yang Penting

Cara pengembangan usaha yang selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu sudah dikelilingi oleh orang-orang yang tepat dan mumpuni. Hal ini disebabkan kamu tidak akan bisa menjalankan langkah-langkah pengembangan usaha dengan baik tanpa bantuan orang lain. Tentunya, kamu tidak mungkin bisa meng-handle segala urusan bisnis sendirian, bukan? Misalnya, kamu ingin melakukan pemasaran, maka kamu perlu bantuan dari tim marketing yang kompeten di bidangnya.

Jika kamu merasa perlu merekrut orang, kamu harus bisa menerapkan strategi rekrutmen yang baik. Dilansir dari laman Ekrut, strategi rekrutmen adalah berbagai hal yang perlu kamu persiapkan ketika membuka lowongan pekerjaan. Hal-hal tersebut meliputi waktu dan tenggatnya, hingga prosedur perekrutannya. Akan tetapi, kamu yang belum pernah merekrut orang pastinya bingung dong harus gimana? Maka dari itu, MinCheck akan bagikan ke kamu beberapa tips dalam merekrut calon pekerja. Berikut caranya:

  • Identifikasi dahulu posisi yang benar-benar dibutuhkan.
  • Perhatikan dengan seksama latar belakang pendidikan dan pengalaman pelamar melalui CV yang dilampirkan.
  • Perhatikan berbagai kemampuan yang dimiliki pelamar, apakah sesuai dengan posisi yang dibutuhkan atau tidak.
  • Lakukan uji kompetensi sesuai bidang yang dibutuhkan untuk memastikan kualitas dan kemampuan pelamar.

3. Melakukan Kerja Sama Bisnis

Selain merekrut orang yang tepat, ternyata masih ada cara mengembangkan usaha yang selanjutnya, lho. Dalam kehidupan berbisnis, kayaknya sudah umum terjadi adanya kerja sama. Ternyata, hal itu dapat memberikan dampak positif juga buat kamu sebagai langkah pengembangan usaha, lho. Dengan menjalin kerja sama bisnis, kamu makin berpeluang untuk dapat melebarkan sayap bersama partner kamu.

Akan tetapi, ada pula beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam kerja sama bisnis, ya! Beberapa di antaranya adalah kamu harus menjalin komunikasi yang intens dan menghargai perbedaan sikap maupun pendapat dengan partner bisnis kamu. Selain itu, kamu juga dituntut untuk bisa terus menjaga rasa kepercayaan dan semangat kerja sama antar rekan bisnis. Oleh karena itu, kamu kamu harus pintar-pintar dalam memilih rekan bisnis.

Baca Juga: 5+ Tips Ampuh Memilih Partner Bisnis Biar Gak Kegocek

4. Berikan Layanan Terbaik kepada Pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sangat dibutuhkan dalam langkah pengembangan usaha.
Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sangat dibutuhkan dalam langkah pengembangan usaha. (Gambar Mikhail Nilov via Pexels)

Salah satu hal yang harus kamu jaga dalam langkah pengembangan usaha adalah kepercayaan pelanggan. Memang benar bahwa cara mengembangkan usaha adalah dengan mengenalkan produk usahamu kepada para pelanggan baru dan seluas-luasnya. Akan tetapi, kamu juga perlu memikirkan bagaimana caranya untuk menjaga kesetiaan pelanggan agar terus mengenakan produkmu.

Untuk bisa menjaga loyalitas pelanggan, MinCheck sudah siapkan beberapa tipsnya, nih. Simak baik-baik, ya!

  • Jalin hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Manfaatkan Customer Relationship Management (CRM)
  • Selalu tingkatkan kualitas pelayanan.
  • Berikan apresiasi atas kesetiaan pelanggan. Kamu bisa menerapkannya dengan mencoba memberi diskon khusus ataupun bonus untuk pelanggan setia.
  • Coba minta feedback dari pelanggan atas kualitas produk dan layanan.

5. Selalu Berpikir Kreatif dan Berani Berinovasi

Langkah pengembangan dan peluang usaha meliputi bagaimana kamu terus berusaha untuk membuat bisnis yang kamu jalankan menjadi lebih baik. Maka dari itu, salah satu cara mengembangkan usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan terus menuangkan pemikiran kreatif yang kamu miliki untuk menghasilkan kebaruan, baik itu dalam segi produk maupun promosi.

Baca Juga: Ini 5 Langkah Ampuh untuk Melatih Cara Berpikir Kreatif

6. Berani Mengambil Peluang dan Risiko

Dalam kehidupan, para motivator akan memberi kamu saran untuk coba keluar dari zona nyaman agar dapat berkembang. Sementara itu, dalam konteks bisnis pun ternyata sama, loh. Apalagi dalam hal ini kamu sedang mencoba langkah pengembangan usaha. Terkadang, para pebisnis akan cenderung untuk main aman dan tidak berani mengambil risiko. Padahal, apa yang kamu rencanakan dengan matang juga tidak akan terlihat hasilnya sampai kamu berani mengambil risiko, bukan?

Keberanian untuk mengambil peluang dan risiko harus dipahami oleh para pebisnis. Soalnya, ada banyak banget hal yang bisa kamu ambil dari pengalaman tersebut, lho. Contohnya saja, untuk benar-benar mengetahui keadaan riilnya seperti apa. Biasanya, kamu takut mengambil risiko karena takut gagal, bukan? Akan tetapi, kalau belum dicoba, bagaimana kamu bisa tahu?

Nah, mengenai hal tersebut, kamu juga perlu sadar bahwa tidak semua hal yang kamu lakukan akan berhasil. Jadi, kamu juga perlu mengakrabkan diri terlebih dahulu dengan kegagalan. Yah, paling tidak, setidaknya kamu sudah mencoba, bukan? Setelah itu, kamu pun bisa belajar dari kegagalan, terus coba lagi, deh. MinCheck yakin kalau keberanian untuk mengambil risiko bakal bikin kamu lebih baik. Bahkan, menurut laman Live Plan, orang yang gemar mengambil risiko biasanya lebih puas dengan kinerja mereka, lho.

Makanya, keberanian untuk mengambil peluang dan risiko adalah langkah pengembangan usaha yang penting banget, apalagi buat kamu yang baru merintis.

7. Selalu Meningkatkan Kinerja dengan Melakukan Evaluasi

Peningkatan performa sangat dibutuhkan dalam mengembangkan usaha.
Peningkatan performa sangat dibutuhkan dalam mengembangkan usaha. (Gambar Austin Distel via Pexels)

Setelah melakukan berbagai langkah pengembangan usaha, kamu tentu meninjau ulang hasil pekerjaan yang telah kamu dan timmu lakukan. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui berbagai masalah dalam pelaksanaan, kekurangan, serta untuk memastikan apakah hasil akhirnya sudah sesuai dengan yang kamu targetkan. Kamu bisa menerapkan beberapa jenis evaluasi, seperti meminta tanggapan dari timmu sendiri ataupun meminta tanggapan dari pelanggan langsung. Cobalah untuk sedikit menuntut kemajuan atau peningkatan setiap selesai melaksanakan evaluasi.

8. Menyiapkan Rencana Cadangan Merupakan Tahapan Terakhir dalam Langkah Pengembangan Usaha

Salah satu hal yang jarang diantisipasi oleh para pebisnis pemula adalah risiko kegagalan. Itulah sebabnya ada banyak bisnis yang berguguran, padahal masih seumur jagung. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menyerapkan rencana cadangan, baik itu plan B maupun exit plan. Hal ini ditujukan agar bisnis yang kamu bisa langsung melakukan recovery untuk menyelamatkan bisnismu.

Bukan tidak mungkin juga kamu akan menghadapi kegagalan saat menjalankan langkah-langkah pengembangan usaha. Namun, yang terpenting adalah kesiapan dan kewaspadaanmu untuk menanggulangi kegagalan tersebut.

Sekarang kamu pasti sudah lebih paham dengan langkah-langkah pengembangan usaha yang perlu dilakukan oleh pemula, kan? Gimana, sudah makin siap untuk mengembangkan bisnis belum, nih? Pastinya sudah dong, ya. Akan tetapi, kamu jangan sampai lupa dengan langkah-langkah yang MinCheck jelaskan di atas, ya! Mending sekarang kamu catat langkah pengembangan usaha dari MinCheck, deh, biar nggak lupa. Jangan lupa, catatnya pakai aplikasi DoCheck, ya!

Soalnya, aplikasi DoCheck ini keren dan canggih banget, lho. Selain bisa digunakan untuk mencatat to-do list, kamu bisa terus memantau goals kamu juga, loh. Selain itu, kamu juga bisa invite teman kamu biar produktif bareng. Seru banget, kan? Makanya, jangan lupa buat download DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top