Olahraga Golf, Salah Satu Hobi Mahal yang Bergengsi


Apa yang terbesit di benakmu ketika mendengar hobi yang mahal? Kalau MinCheck sih, pasti langsung ingat hobi yang memerlukan banyak uang dan terlihat bergengsi seperti golf. Olahraga yang satu ini biasanya identik dengan kalangan atas. Pasalnya, memang biaya yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga yang satu ini gak main-main. Makanya, gak heran kalau olahraga golf menjadi salah satu hobi yang mahal, ya?

Dilansir Cerdika, golf merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola kecil dengan tujuan memasukkan bola ke dalam lubang kecil. Konon katanya, ada beberapa alasan mengapa pengusaha kelas atas menggemari olahraga mahal yang satu ini.

  • Menunjukkan gengsi atau status sosial
  • Olahraga golf dapat memberi peluang bisnis antarpengusaha
  • Koordinasi antarpebisnis jadi lebih nyantai lewat olahraga golf
  • Bermain olaraga golf membuat lebih disiplin
  • Melatih kejujuran lewat bermain olahraga golf
  • Pengusaha kelas atas menjadikan golf sebagai ajang untuk sportif dan menghargai lawan

Nah, ternyata banyak juga ya alasan mengapa pebisnis atau pengusaha kelas atas memilih olahraga yang satu ini dibandingkan cabang olahraga yang lain?

Baca juga: Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental

Alasan Golf jadi Hobi yang Mahal

Inilah beberapa alasan mengapa golf termasuk kategori hobi yang mahal, antara lain.

1. Peralatan Olahraga Golf Nggak Murah

Peralatan golf nggak murah.
Peralatan golf nggak murah. (Foto cottonbro via Pexels)

Salah satu alasan mengapa golf dianggap sebagai hobi yang mahal adalah karena peralatan yang digunakan pun mahal. Dilansir dari Go Golf, harga satu stik golf bisa dibanderol dengan harga satu jutaan. Mantap, bukan? Kalau kamu ingin mendalami hobi yang satu ini, siap-siap untuk menyiapkan modal yang cukup banyak.

2. Harga Sewa Lapangan Golf Mahal

Seperti alatnya, harga sewa lapangan olahraga golf pun mahal.
Seperti alatnya, harga sewa lapangan olahraga golf pun mahal. (Foto Kindel Media via Pexels)

Betul, DoCheckers! Harga sewa lapangan golf nggak semurah itu. Pasalnya, memainkan hobi yang satu ini harus di lapangan yang luas. Dilansir dari Iprice, salah satu alasan mengapa harga sewa lapangan golf mahal dikarenakan perawatan lapangan golf pun membutuhkan biaya yang tidak murah.

3. Skill Olahraga Golf Ternyata Sulit

Ingin skill olahraga yang challenging? Coba main golf, deh!
Ingin skill olahraga yang challenging? Coba main golf, deh! (Foto cottonbro via Pexels)

Masih dilansir dari Iprice, skill untuk bermain golf ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meski kedengerannya sepele, sekadar memasukkan bola ke dalam lubang kecil, namun nyatanya dalam praktiknya tidak semudah itu. Kalau kamu belum mahir, kamu perlu menyewa pelatih untuk mengasah skill permainan golf.

Manfaat Olahraga Golf bagi Kesehatan

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba olahraga mahal ini, nggak ada salahnya lho! Pasalnya, golf juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Wah, kira-kira apa saja tuh manfaatnya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Bermain Olahraga Golf dapat Meredakan Stres

Olahraga golf dapat meredakan stres.
Olahraga golf dapat meredakan stres. (Foto Nataliya Vaitkevich via Pexels)

Stres dapat menyerang siapa saja, oleh karena itu kamu bisa mengalihkan pikiranmu dengan hal atau hobi yang kamu suka, termasuk bermain golf. Permainan golf biasanya dilakukan di lapangan yang luas dan dipenuhi pohon yang rindang serta rumput hijau. Suasana ini sedikit banyak dapat meredakan stres lho! Dilansir dari Klik Dokter, suasana seperti ini dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang. Bahkan, bermain golf dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengatasi perasaan cemas.

Baca juga: Insecure: Perasaan Cemas yang Dialami Generasi Muda

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Yuk latih fokus dan konsentrasimu!
Yuk latih fokus dan konsentrasimu! (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Olahraga golf cocok banget untuk kamu yang kesulitan untuk fokus. Pasalnya, dilansir dari The Asian Parent, golf merupakan olahraga yang mengajarkan akurasi, fokus, dan konsentrasi. Kamu harus memperhatikan setiap bidikan dan koordinasi antara tangan dan matamu. Ketika kamu mengayunkan stik golf, biasanya pemain harus memperkirakan dengan tepat dimana bola akan mendarat. Hmm.. kedengarannya cukup rumit namun challenging ya?

3. Ingin Tulang Lebih Kuat? Coba deh Olahraga Golf!

Bentuk tulang yang lebih kuat!
Bentuk tulang yang lebih kuat! (Foto samer daboul via Pexels)

Bermain golf membuat badanmu terkena paparan sinar matahari. Seperti yang kamu ketahui kalau sinar matahari kaya akan vitamin D yang baik bagi tulang. Menurut Dokter Sehat, vitamin D tak hanya baik bagi kesehatan tulang namun memiliki manfaat mengurangi risiko depresi, bahkan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tidur jadi lebih nyenyak.
Tidur jadi lebih nyenyak. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Kalau kamu sering mengalami yang namanya insomnia, golf bisa menjadi pilihan yang baik untukmu. Bermain golf secara teratur dapat menciptakan habit yang sehat. Dilansir dari Deemples, dengan olahraga golf secara rutin, tubuh akan “terlatih” karena golf membuat tubuhmu bergerak sehingga kualitas tidur jadi lebih baik.

MinCheck pun yakin kalau kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kegiatanmu sehari-hari. Oleh karena itu, yuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar!

Nah, itulah informasi seputar olahraga golf dari MinCheck. Kalau kamu tertarik untuk coba, siap-siap deh untuk mengumpulkan modal. Namun gak ada salahnya juga untuk menekuni hobi yang kamu suka. Sah-sah saja, yang penting kamu senang dan tidak merugikan orang lain.

Eitss, namun MinCheck mengingatkan jangan sampai kamu memaksakan diri melakukan hobi yang mahal ini dengan cara berhutang. Sesuaikan dengan budgetmu ya! Apalagi kalau kamu seorang pelajar, kamu bisa coba menabung atau memulai usaha yang menguntungkan bagi pelajar atau mahasiswa.

Baca juga: Bisnis untuk Mahasiswa, Wajib Coba dan Dijamin Cuan!

By the way, kalau kamu ingin menabung untuk suatu kegiatan seperti bermain olahraga golf, kamu bisa lho pakai aplikasi to-do list DoCheck. Kamu bisa atur keuanganmu agar goals tercapai. Mantap, bukan? Aplikasi DoCheck bisa kamu download di Play Store dan App Store, ya! Yuk saling terhubung dengan teman-teman melalui aplikasi DoCheck dan produktif bareng-bareng!


Scroll to Top