waktu belajar yang baik

Kapan Waktu Belajar yang baik? Simak Tipsnya untuk Pelajar


Kapankah waktu belajar yang baik? setelah dipusingkan dengan berbagai kesibukan sehari-hari, nampaknya sangat sulit untuk mencari waktu belajar yang baik ya, DoCheckers. Kebanyakan orang biasanya akan mencari waktu belajar saat merasa fresh untuk menyerap ilmu yang akan dipelajari. Ada pula orang yang langsung belajar setiap ada waktu luang. Kalau kamu sendiri tipe yang mana nih, DoCheckers?

Akan tetapi, jika dipikir-pikir benar juga, ya. Sebenarnya, kapan sih waktu belajar yang baik? Apakah harus menyesuaikan dengan waktu fokus manusia secara umum? Lalu, bagaimana sih cara mengatur waktu belajar agar kita bisa memaksimalkan jam belajar efektif di rumah? Tenang aja, DoCheckers. Seperti biasa, MinCheck sudah siapkan berbagai tips untuk menjawab pertanyaan kamu nih. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Kapan Waktu Belajar yang Baik?

kapan waktu belajar yang baik
Tentukan waktu belajar yang baik dan paling cocok denganmu. Gambar Kindel Media via Pexels.

Perlu MinCheck tegaskan di awal, kalau waktu belajar yang baik bagi tiap orang itu bisa jadi berbeda-beda, ya. Hal itu dapat disebabkan karena kondisi dan situasi tiap orang tentunya sangat beragam. Bisa jadi kamu orang yang waktu belajarnya hanya di malam hari karena seharian sibuk berkegiatan. Akan tetapi, ada pula orang yang lebih nyaman untuk belajar di pagi hari, bahkan sebelum matahari terbit. Sama seperti gaya belajar tiap orang yang berbeda, waktu nyaman bagi tiap orang pun berbeda.

Baca Juga: Inilah Tipe Gaya Belajar, dari Menyukai Visual hingga Praktik

Namun, sebenarnya kapan sih jam belajar yang baik sesuai dengan waktu fokus manusia?

Waktu Subuh

Memang tidak semua orang bisa menyempatkan diri untuk bangun sebelum pukul setengah lima pagi, apalagi untuk belajar. Akan tetapi, waktu ini terbilang sangat efektif untuk dijadikan waktu belajar. Meskipun terkadang masih terjebak dalam rasa kantuk yang luar biasa, namun udara segar sebelum fajar terbit amat membantu kamu untuk tetap fokus, lho. Apalagi, di waktu subuh biasanya orang rumah masih pada tidur, kan? Jadi, kamu bisa aman deh dari distraksi yang bisa memecah konsentrasi kamu.

Pukul 7 Pagi Hingga 11 Siang

Pada rentang waktu ini, otak dan fokus kamu masih berada dalam kondisi prima. Maka dari itu, biasanya otak kamu akan terasa lebih encer dan mudah menangkap pembelajaran di waktu tersebut. Jika sedang memasuki hari libur, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mempelajari hal-hal yang sulit ataupun mengerjakan tugas yang lebih kompleks.

Menurut laman Aku Pintar, waktu ini cocok untuk belajar karena kamu sedang berada dalam tingkat konsentrasi yang tinggi. Selain itu, ada pula kortisol yang katanya bisa memicu kreativitas kamu juga lho, DoCheckers. Ditambah lagi, sinar matahari di pagi hari juga bisa membantu tubuh kamu untuk lebih bersemangat. Siapa nih yang kalau ke sekolah cuma semangat pas pagi doang?

Pukul 6 Sampai 8 Malam

Kalau kamu adalah tipe pelajar yang sibuk dan banyak kegiatan, seperti ekskul dan organisasi, MinCheck akan menyarankan kamu untuk belajar di rentang waktu ini. Hal ini dikarenakan tubuh dan otak kamu masih menyisakan energi di jam tersebut. Menurut laman Mitra Pelajar, waktu ini juga cocok untuk belajar karena otak kamu bisa istirahat dengan tidur setelahnya. Meskipun, lebih disarankan untuk belajar dengan intensitas yang ringan saja.

Sebaliknya, jika kamu memaksakan untuk belajar sampai larut malam, apalagi pakai sistem kebut semalam, ditakutkan justru nggak akan maksimal karena kamu sudah kelelahan.

Akan tetapi, kamu nggak perlu terlalu kaku apabila menyoal waktu belajar yang baik, kok. Jika jam belajar efektif di rumah yang kamu punya berbeda, ya nggak masalah juga, kok. MinCheck sendiri pernah mencoba berbagai waktu yang berbeda untuk menentukan jadwal waktu belajar yang baik. Alhasil, MinCheck lebih nyaman untuk belajar di malam hari, biar kalau capek bisa langsung tidur. Kalau kamu sendiri, lebih suka belajar di jam berapa, DoCheckers?

Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik

Bagi kamu yang nggak bisa belajar di sembarang waktu, mungkin kamu memerlukan jadwal waktu belajar yang baik. Lalu, gimana cara mengaturnya? Nih, MinCheck kasih tahu beberapa caranya.

Baca Juga: 5 Metode Mengatur Waktu yang Efektif dan Populer

Buatlah Jadwal Belajar Rutin

Sesibuk apa pun kamu, pasti masih punya sedikit waktu luang untuk belajar, dong? Biasanya sih, yang jadi masalah adalah ketidakmampuan kamu untuk menyempatkan diri karena ingin bersantai atau beristirahat, bukan? Kamu hanya perlu mengalokasikan waktu belajar rutin setiap harinya. Nggak perlu terlalu lama, kok. Sebenarnya, satu sampai dua jam saja sudah cukup.

Nah, agar jam belajar efektif di rumah kamu tidak sia-sia, kamu bisa memilih salah satu dari ketiga waktu belajar terbaik yang MinCheck bagikan di atas sebagai patokan untuk membuat jadwal belajarmu.

jadwal waktu belajar yang baik
Buat jadwal belajar rutin agar kamu konsisten dan disiplin. Gambar cottonbro via Pexels.

Baca Juga: Menyusun Jadwal Belajar Dengan 5 Tips Sederhana Ini

Apakah kamu sudah menentukan mana jam belajar yang paling cocok denganmu? Jika kamu adalah anak sekolahan, MinCheck asumsikan kamu akan sibuk di antara pukul 7 pagi hingga pukul 3 sampai 4 sore. Kalau kamu memang berniat, kamu bisa sedikit alokasikan waktu belajar saat jam istirahat sekolah pertama karena fokus manusia masih cukup tinggi di jam-jam tersebut. Nah, kalau seandainya ada jam kosong sewaktu sekolah, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyicil waktu belajar. Siapa nih, yang kalau jam kosong malah keluyuran?

Untuk kamu yang masih sekolah, kamu bisa me-review ulang hasil belajarmu di sekolah pada malam hari. Seperti namanya, review ini bertujuan untuk mengingatkan kamu kembali tentang apa yang telah kamu pelajari di sekolah. Kalau besoknya ada ulangan ataupun ujian, kamu bisa menambah waktu belajar di pagi hari sewaktu subuh. Wah, produktif banget nggak, tuh? Kira-kira, kamu bisa menerapkannya nggak, DoCheckers?

MinCheck rasa sih, kamu pasti bisa, ya. Apalagi, kalau kamu menjadwalkan waktu belajarmu dengan aplikasi DoCheck. Kalaupun kamu lupa, DoCheck bakal ingetin kamu secara on-time, kok.

Tetapkan Target Belajar

Kamu udah niat mau belajar, tapi belum tahu mau belajar soal apa? Kalau MinCheck sih, biasanya coba buat review pelajaran yang sudah dikuasai dahulu. Setelah itu, kamu boleh berpindah ke pelajaran yang lebih sulit atau belum kamu kuasai. Namun, sebelum itu, kamu perlu menetapkan target belajarmu dulu nih, DoCheckers.

Misalkan nih, kamu menargetkan untuk menguasai materi tentang Teori Asam Basa dalam waktu maksimal tujuh hari. Contoh lainnya, misalkan kamu ingin mempelajari tentang sejarah kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. By the way, kamu juga bisa set goals belajarmu seperti ini dengan menggunakan aplikasi DoCheck, lho. Kamu juga bisa upgrade tasks yang sudah kamu lakukan untuk memantau progress belajar kamu. Tinggal masukkin aja pokok-pokok materinya, terus tinggal dicentang deh, kalau udah kamu kuasai. Seru banget, kan?

Kalau kamu sendiri, biasanya pakai metode apa sih biar cepat menguasai materi pelajaran?

Siapkan Waktu untuk Istirahat

Menurut laman Ruangguru, 15 menit pertama dan terakhir dari waktu belajarmu adalah waktu paling optimal bagi otak kamu untuk menyerap informasi. Oleh karena itu, terlalu lama belajar justru akan membuat kamu cepat suntuk, lho. Sayang kan kalau udah niat belajar, tapi nggak ada yang masuk ke otakmu. Maka dari itu, kamu juga perlu siapkan waktu untuk jeda dan istirahat agar otakmu bisa refreshing.

Untuk menyegarkan otakmu sejenak, kamu bisa selipkan jeda waktu di tengah waktu belajar. Itu pun cukup 15 sampai 30 menit saja, ya. Kalau terlalu lama, takutnya nanti kamu malah terlalu nyaman buat berleha-leha, nih. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau demi membantu kinerja otakmu kembali prima, seperti menonton drama Korea, membaca buku , bahkan bermain game.

Cara Belajar yang Efektif

Kamu perlu menyesuaikan gaya belajarmu agar dapat belajar dengan efektif.
Kamu perlu menyesuaikan gaya belajarmu agar dapat belajar dengan efektif. Gambar Andrea Piacquadio via Pexels.

Setelah selesai menentukan jadwal waktu belajar yang baik, mungkin kamu juga memerlukan tips cara belajar yang efektif. Sebelumya, perlu diingat kalau tiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda ya, DoCheckers. Ada yang cukup dengan membaca saja, ada yang harus sambil mendengarkan musik, ada pula yang melakukan highlighting.

Baca Juga: Highlighting: Efektif untuk Belajar dengan Memperhatikan ini!

Oleh karena adanya perbedaan itu, MinCheck bakal bagikan tips belajar secara umum saja. Simak baik-baik, ya!

  1. Bangun suasana belajar yang nyaman untukmu.
  2. Jauhkan diri dari gadget. Batasi penggunaannya jika terpaksa mencari jawaban atau referensi belajar.
  3. Berkonsentrasi penuh selama waktu belajar
  4. Jangan sungkan untuk bertanya jika kamu merasa buntu.
  5. Berlatih dengan mengerjakan latihan soal jika sudah menguasai materi.

Supaya kamu bisa menerapkan tips belajar efektif dan cara mengatur waktu belajar yang baik dari MinCheck, gunakanlah aplikasi DoCheck. Kamu dapat menyusun to-do list pribadimu dan menentukan goals serta task nya agar bisa hidup lebih produktif dan teratur. Cocok banget buat kamu yang punya masalah dengan belajar. Unduh DoCheck secara gratis di Play Store dan App Store sekarang juga.


Scroll to Top