tips ampuh untuk me time berkualitas

Yuk Simak Tips Ampuh Agar Me Time Berkualitas!


Melakukan aktivitas yang padat memang bisa membuat suntuk. Apalagi rutinitas yang kamu lakukan memaksamu untuk bertemu banyak orang. Bagi sebagian orang, bertemu dengan banyak orang menghabiskan banyak energi. Salah satu cara untuk mengisi kembali energi yang terkuras adalah dengan melakukan aktivitas me time yang berkualitas.

Me time adalah kegiatan yang membebaskan kamu melakukan apa saja yang kamu suka. Kamu dapat melakukan berbagai hal sesuai dengan minatmu. Berbagai kegiatan me time pun bervariasi dan bisa kamu lakukan kapan pun, dimana pun. Namun, bagaimana ya caranya agar aktivitas me time mu lebih berkualitas? Kamu bisa simak ulasan MinCheck di bawah ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Tips Ampuh Agar Me Time Lebih Berkualitas

Apa saja tips ampuh agar me time berkualitas.
Apa saja tips ampuh agar me time berkualitas. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

1. Pilih Aktivitas yang Simpel

Kegiatan simpel seperti membaca buku bikin me time berkualitas.
Kegiatan simpel seperti membaca buku bikin me time berkualitas. (Foto Vincenzo Malagoli via Pexels)

Pilihlah aktivitas simpel yang nggak perlu effort yang besar. Cobalah untuk memilih aktivitas yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Ingatlah kalau tujuan me time adalah untuk menenangkan pikiran, bukan untuk menambah beban. Oleh karena itu, sesuaikan dengan budget-mu ya! Jangan sampai kamu malah berhutang atau memaksakan diri untuk sekadar melakukan me time. Banyak banget kok me time yang bisa kamu lakukan di rumah seperti membaca buku, menonton film, olahraga ringan, melakukan perawatan diri atau skincare. Nah, biar kamu tahu me time yang akan kamu lakukan, baiknya kamu udah prepare dengan membuat goals untuk me time kamu. Seperti aktivitas apa yang akan kamu lakukan, waktu yang akan kamu gunakan untuk me time, dan task lainnya seperti menentukan budget kalau-kalau kamu mau me time dengan solo travelling.

Baca juga: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

2. Matikan Gadget atau Notifikasi Agar Me Time Berkualitas

Matikan gadget-mu agar lebih fokus untuk me time. (
Matikan gadget-mu agar lebih fokus untuk me time. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)

Agar me time yang kamu lakukan lebih berkualitas, coba deh untuk matikan gadget sehingga kamu nggak buang banyak waktu untuk melakukan hal-hal seperti scrolling sosial media secara berlebihan. Kamu bisa mematikan gadget atau notifikasinya agar kegiatan me time yang kamu lakukan lebih berkualitas. Seperti yang kamu tahu kalau menghabiskan waktu dalam menggunakan sosial media nggak baik lho untuk kesehatan mental. Oleh karena itu, cobalah untuk rileks dan melakukan hal yang kamu suka tanpa scrolling sosial media.

Dilansir dari Hello Sehat, terdapat beberapa dampak negatif penggunaan gadget secara berlebihan di antaranya.

  • Pengunnaan gadget berlebihan dapat menyebabkan kerusakan penglihatan seperti mata lelah, pandangan kabur, dan kemerahan
  • Mengganggu pola tidur
  • Dampak negatif penggunaan gadget berlebihan dapat membuatmu menjadi tidak fokus
  • Penggunaan gadget berlebihan dapat membuat sakit kepala
  • Kecanduan gadget yang dapat memicu gangguan kecemasan atau insecure, kehilangan motivasi, bahkan depresi.

Nah, ada baiknya kamu matikan gadget untuk meminimalisir dampak negatif tersebut. Lebih baik, kamu melakukan hal-hal produktif lainnya yang membantumu mengembangkan diri. Apalagi kalau kamu adalah pelajar atau mahasiswa, pastinya ada banyak hal yang bisa kamu eksplor sendiri.

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Lakukan Me Time Secara Berkala

Lakukan me time secara berkala agar berkualitas.
Lakukan me time secara berkala agar berkualitas. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Tidak ada salahnya untuk melakukan me time secara berkala. Kamu bisa menyempatkan waktu seperti seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk melakukan aktivitas me time yang kamu suka. Dilansir dari Halodoc, me time dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan mental, seperti berikut ini.

  • Me time memberimu kesempatan untuk merefresh pikiran.
  • Dengan me time, kamu dapat mendengar “suara” kamu sendiri dan sebagai tanda kamu sayang pada dirimu sendiri.
  • Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Nah, kalau kamu punya waktu senggang atau free time saat weekend kamu bisa melakukan hobi untuk me time. Lebih baik melakukan hal-hal produktif yang membuatmu berkembang daripada sibuk overthinking. Kalau MinCheck sih biasanya menonton film untuk mengisi waktu senggang. Kalau kamu gimana?

Baca juga: Produktif dengan Menonton Video 5 YouTube Channel Ini

4. Kamu Bisa Evaluasi Diri Saat Me Time

Kamu juga bisa melakukan evaluasi agar me time lebih berkualitas.
Kamu juga bisa melakukan evaluasi agar me time lebih berkualitas. (Foto energepic.com via Pexels)

Saat sedang me time, kamu bisa melakukan evaluasi diri agar kamu lebih tahu mengenai dirimu sendiri. Tingkatkan yang menurutmu sudah baik, hindari hal yang tidak baik untukmu, dan terus evaluasi agar kamu tetap berkembang. Kamu pun bisa mengevaluasi hal apa sih yang sebetulnya kamu inginkan?

Dilansir dari Vocasia, berikut ini cara melakukan evaluasi diri, antara lain:

  • Buatlah daftar pencapaian.
  • Kamu bisa memikirkan ulang feedback dari orang lain.
  • Menuliskan tantangan yang kamu hadapi dalam mencapai tujuanmu.
  • Perhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan.

Ngomongin soal evaluasi diri, kamu bisa membuat list pencapaian dan menuliskan tantangan yang kamu hadapi di aplikasi to-do list DoCheck. Tujuannya tentu saja untuk mengevaluasi daftar tersebut, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum. Ada pun DoCheck dilengkapi dengan fitur reminder agar kamu tidak terlupa task dan kamu pun dapat memantau progress dari goals yang sudah kamu buat.

Nah, itulah tips dari MinCheck agar me time-mu menjadi lebih berkualitas. Kamu juga bisa banget membuat list kegiatan yang ingin kamu lakukan untuk me time! Yuk buat goals-nya di aplikasi DoCheck dan produktif bersama DoCheck! Aplikasi DoCheck dapat didownload di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top