Cara Mengatasi Stres

Bagaimana Cara Mengatasi Stres Berlebihan?


Stres yang berlebihan mungkin akan membuat banyak pekerjaanmu jadi kacau. Bisa membuatmu tidak semangat untuk hidup atau bahkan membuatmu putus asa. Hal ini mungkin saja terjadi pada setiap orang. Termasuk juga kamu. Apabila kamu merasakannya, kamu bisa mengetahui cara mengatasi stres dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Dilansir dari Alodokter, Stres adalah perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Ketika menghadapi stres, tubuh kamu akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Keadaan ini kemudian membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang. Hal ini yang kamu rasakan ketika tertekan dan stres.

Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa tips bagaimana cara mengatasi stres dari MinCheck ini.

4 Cara Mengatasi Stres

Tentunya tips mengatasi stres ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau dengan bantuan teman. Kalau kamu rasa perasaan ini tidak bisa diatasi dengan langkah-langkah berikut, kamu sebaiknya mencari bantuan kepada orang yang lebih ahli seperti psikolog atau dokter. Berikut ini cara mengatasi stres berlebihan yang MinCheck rangkum untuk kamu.

1. Mengungkapkan Keresahan atau Perasaan

bercerita atau menulis untuk mengatasi stres
Kamu bisa mencoba bercerita kepada teman atau dalam jurnal. Foto oleh Tima Miroshnichenko via Pexels.

Perasaan sedih, senang, galau, marah, yang ditahan bisa membuatmu semakin stres. Dengan mengungkapkannya, kamu seperti sedang melepas beban yang sangat berat. Cobalah untuk mengungkapkan keresahanmu kepada orang-orang yang menurutmu bisa dipercaya dan bisa membantu. Apabila merasa kesulitan akan hal ini, kamu bisa meminta bantuan profesional seperti psikolog.

Selain mengungkapkannya kepada orang lain, kamu juga bisa mengungkapkannya dalam buku seperti journaling. Atau menuliskan keluh kesahmu dalam catatan digital. Kalau kamu menyukai suaramu saat berbicara, kamu juga bisa menggunakan rekaman suara untuk curhat dan mengungkapkan perasaan yang kamu rasakan. Hal ini bisa mengurai kerumitan-kerumitan yang ada di kepalamu. Tentu, akan lebih menyenangkan jika keluh kesah ini mendapatkan saran atau solusinya. Oleh karena itu, tetap cobalah untuk bercerita kepada orang-orang yang kamu percayai.

2. Mengatasi Stres dengan Menjaga Pola Hidup Sehat

Mengelola stres dengan pola hidup sehat
Pola hidup sehat juga bisa membantumu mengatasi stres. Foto oleh William Choquette via Pexels

Baca Juga: Jadi Remaja Jompo? Kenali Ciri dan Tips Mengatasinya

Meski dalam tekanan, cobalah untuk tetap konsisten untuk menjalankan pola hidup sehat. Misalnya, seperti mempertahankan kebiasaan berolahraga, kebiasaan untuk makan-makanan yang sehat, dan sebagainya. Menurut Kemenkes RI, dengan menjaga kesehatan bisa mengatasi stres yang kamu rasakan.

Apabila merasakan tekanan yang membuatmu stres, cobalah untuk berusaha berpikir jernih dan tetap menjaga kesehatan diri. Memperburuk kesehatanmu bisa membuatmu semakin kesulitan dalam menjalani hari-harimu. Tetaplah hargai dirimu karena ia yang akan membantumu melewati semua yang terjadi.

3. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Melakukan hal yang menyenangkan untuk mengurangi stres.
Melakukan hal yang menyenangkan untuk mengurangi stres. Foto oleh Alexandr via Pexels.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu coba seperti melakukan hobi, bergurau dengan teman, bermain dengan hewan peliharaan, menonton film, dan lain sebagainya. Coba luangkan waktu untuk me time apabila stres yang kamu rasakan berasal dari orang-orang luar. Buatlah dirimu nyaman untuk beberapa waktu, sampai perasaanmu yang tidak nyaman mulai bisa dipikirkan dengan jernih.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan diri sendiri memang bisa membuatmu melupakan stres. Namun, apabila penyebab stresmu tidak mendapatkan solusi atau belum terselesaikan, sebaiknya kamu membuat refleksi hal apa yang seharusnya kamu lakukan untuk mengatasinya. Misalnya kamu stres karena pekerjaan yang menumpuk, coba uraikan tugas-tugas tersebut setelah stresmu cukup mereda. Lalu, luangkan waktu untuk menyelesaikannya satu persatu.

Baca juga: Stay at Home jadi Lebih Menyenangkan dengan DoCheck!

4. Fokus pada Saat Ini dapat Mengatasi Stres

Cobalah untuk fokus pada kehidupan masa kini
Cobalah untuk fokus pada kehidupan masa kini. Foto oleh Anna Tarazevich via Pexels

Hal yang bisa kamu kendalikan ialah apa yang kamu pikirkan dan apa yang kamu lakukan saat ini. Memikirkan hal yang telah lalu dengan berlarut-larut hanya akan membuatmu semakin stres dan menemukan jalan buntu. Solusi yang bisa kamu tawarkan untuk dirimu sendiri ialah fokus pada apa yang bisa dilakukan saat ini.

Selain masa lalu, mungkin masa depan juga membuatmu cemas dan stres. Sadar ataupun tidak, hanya dengan memikirkan atau meragukan masa depan, stresmu tidak akan kunjung berkurang. Sama seperti memikirkan masa lalu, kamu juga tidak akan menemukan solusi dengan berlarut-larut memikirkan masa depan. Oleh karena itu, fokuslah pada saat ini. Lakukan-hal-hal yang bisa kamu lakukan, dan berhenti menyesali masa lalu atau mencemaskan masa depan dengan berlebihan.

Baca juga: Hidup Gitu-Gitu Aja? Yuk Cobain Keluar dari Zona Nyaman!

Itulah beberapa cara mengatasi stres pikiran yang bisa kamu lakukan. Nah, untuk membantumu mengingat hal-hal yang harus kamu kerjakan hari ini, kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck. Kamu bisa memilih mengerjakan task bersama teman-temanmu atau membuat rencana keren sendiri. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top